RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Pencernaan Manusia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                          : SMP Negeri 1 Mauk
Mata Pelajaran               : IPA Terpadu
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Sistem Pencernaan Manusia
Alokasi waktu                : 1 Pertemuan (30 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi inti (KI)
Kompetensi Dasar
Indikator
1
1.1 Mengagumi dan memahami keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang proses-proses yang terjadi pada tubuh mahluk hidup ditingkat seluler dan menjaga keteraturan tersebut sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
1.1.1 Mengucap rasa syukur atas ciptaan Tuhan tentang sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan


2
2.1 Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.1.1 Memiliki rasa kerjasama, menghargai pendapat, tanggung jawab, disiplin, dan peduli terhadap lingkungan terkait sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan.
3
3.8 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan.

3.8.1 Mendeskripsikan fungsi dan jenis makanan berdasarkan zat yang ada di dalamnya.
3.8.2 Menyebutkan organ dan fungsi sistem pencernaan makanan.
3.8.3 menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia.

C.  Tujuan Pembelajaran
1.1.1        Peserta didik mampu mengucapkan rasa syukur atas ciptaan Tuhan tentang sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan.
2.1.1    Peserta didik mampu memiliki rasa kerjasama, menghargai pendapat, tanggung jawab, disiplin, dan peduli terhadap lingkungan terkait sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan.
3.8.1    Peserta didik mampu mendeskripsikan fungsi dan jenis makanan berdasarkan zat yang ada di dalamnya melalui diskusi.
3.8.2    Peserta didik dapat menyebutkan organ dan fungsi sistem pencernaan makanan melalui pembuatan poster dan studi literasi.
3.8.3    peserta didik dapat menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia melalui diskusi.

D.  Materi Pembelajaran
Materi Fakta                       : Organ-organ sistem pencernaan
Materi Konsep                   : Fungsi saluran pencernaan
Materi Prosedural              : Proses pencernaan makanan 
Uraian Materi (Lampiran 1)

E.  Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan       : Saintifik
2.      Metode             : Ceramah, diskusi dan tanya jawab, eksperimen
3.      Model               : PjBL (Project Based learning)

F.   Media Pembelajaran
Bahan         : Power Point (PPT), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Kertas karton.
Alat            : LCD, laptop, spidol, dan pinsil warna.

G. Sumber Belajar
1.      Buku Pedoman :
·      Sri Maryati, dkk. 2006. Biologi Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
·      Buku IPA Siswa SMP kelas VIII Semester ganjil. Puskurbuk 2013.
·      Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1: Untuk Sekolah Menengah Pertama /Madrasah Tsyanawiyah Kelas VIII. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Situs Internet



H.  Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah Kegiatan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Guru
Peserta didik
Pendahuluan
·     Guru mengucapkan salam dan menyapa peserta didik.

·     Guru membimbing peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran.
·     Guru memeriksa kehadiran peserta didik.


·     Pada pertemuan sebelumnya, guru meminta peserta didik untuk membentuk 2 kelompok besar secara heterogen.
·     Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik dengan pertanyaan: “1. zat apa saja yang terkandung didalam makanan?”
Lalu mengaitkan dengan materi hari ini, “Masih ingatkah kamu organ apa
saja yang berfungsi untuk mencerna makanan?”
·     Peserta didik mengahargai guru dengan menjawab salam dan sapaan guru.
·     Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
·     Peserta didik memperhatikan guru yang sedang memeriksa kehadiran.
·     Peserta didik duduk berdasarkan kelompok yang telah ditentukan.


·     Peserta didik mencermati dan menjawab pertanyaan apersepsi guru berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki.
4 Menit
Inti
Mengamati
·     Guru menayangkan video pembelajaran mengenai sistem pencernaan manusia.
·     Guru menjelaskan isi video pembelajaran terkait organ dan fungsi sistem pencernaan manusia.

·     Peserta didik menonton video mengenai sistem pencernaan manusia.
·     Peserta didik memperhatikan materi yang diuraikan.
6 Menit
Menanya
·     Guru memancing peserta didik untuk bertanya terkait video pembelajaran.

·     Peserta didik bertanya terkait video pembelajaran yang ditonton berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki.
 3 Menit
Mengumpulkan data
·     Guru membimbing dan memeriksa kelengkapan  peserta didik dalam  menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan pembuatan proyek (poster).
·     Guru membagi tema/judul pembuatan proyek poster, 1 organ-organ dan fungsi sistem pencernaan, 2 proses sistem pencernaan.

·     Peserta didik menyiapkan dan memeriksa kelengkapan alat dan bahan kegiatan pembuatan proyek (poster).
·     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tema proyek yang dibagikan.
2 Menit
Mengasosiasi
·      Guru membimbing peserta didik untuk membuat poster berdasarkan tema dan dengan memperhatikan pembatasan masalah sesuai dengan Lembar Kerja Siswa (LKS)

·      Peserta didik membuat poster berdasarkan tema dan Lembar Kerja Siswa (LKS).
 10 Menit
Mengkomunikasikan
·      Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan poster didepan kelas berdasarkan urutan kelompok.
·      Kelompok yang lain memberikan tanggapan terhadap kelompok yang melakukan presentasi.

·      Peserta didik mempresentasikan poster yang telah dibuat didepan kelas berdasarkan urutan kelompok.
·      Peserta didik memberikan tanggapan terhadap kelompok yang tampil
 2 Menit
Penutup
·      Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan materi pelajaran.
·      Guru menampilkan kuis tentang organ-organ pencernaan makanan
·      Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik untuk pembelajaran tersebut.
·      Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan salam.
·      Peserta didik bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.

·      Peserta didik menjawab kuis yang ditampilkan.

·      Peserta didik memperoleh penghargaan karena keaktifan dan kreativitas dalam membuat poster.

·      Peserta didik bersama-sama berdo’a dan menjawab salam.
 3 Menit

I.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian sikap spiritual
a.    Teknik penilaian     : Self assesment
b.    Bentuk instrument  : Lembar self assesment
c.    Instrument penilaian (Lampiran 2)
2.      Penilaian sikap sosial
a.    Teknik penilaian     : Peer assesment
b.    Bentuk instrument  : Lembar peer assesment
c.    Instrument penilaian (Lampiran 3)
3.      Penilaian pengetahuan
a.       Teknik penilaian     : Tes tulis
b.      Bentuk Instrument : Soal pilihan ganda (PG)
c.       Instrument penilaian (Lampiran 4)
4.      Penilaian keterampilan
a.       Teknik penilaian     : Proyek
b.      Bentuk Instrumen  : Lembar proyek
c.       Instrumen penilaian (Lampiran 5)


Tangerang, 4 November 2015
Mengetahui
Dosen Pembimbing                                                                                    Mahasiswa

Nengsih Juanengsih, M.Pd                                                                         Lupita Sari
                                                                                                                   1112016100058

Lampiran 1
A.    Makanan dan Fungsinya
Apakah kamu sudah makan hari ini? Apa sajakah yang kamu makan? Makanan yang kita makan setiap hari sangat beragam, misalnya nasi, mie, singkong, tahu, tempe, ikan, daging, telur, sayuran, dan buah-buahan. Meskipun wujud makanan yang kamu konsumsi berbeda-beda, namun pada dasarnya makanan yang kita konsumsi mengandung satu atau lebih zat-zat makanan yang berbeda. Zat-zat yang terkandung dalam makanan dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat, lemak, dan protein sering juga dikelompokkan sebagai makanan sumber energi. Adapun vitamin dan mineral sebagai kelompok makanan nonenergi.
1.      Karbohidrat
Karbohidrat adalah nama umum untuk bahan-bahan yang mengandung unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) yang tersusun dalam suatu susunan tertentu. Karbohidrat tersusun oleh ketiga unsur tersebut dengan komposisi CnH2nOn. Jenis karbohidrat yang biasa dikonsumsi jenisnya bermacam-macam, misalnya gula, tepung (amilum), dan serat (selulosa). Karbohidrat merupakan zat makanan yang kita peroleh dari tumbuh-tumbuhan. Bagi tubuh kita, karbohidrat merupakan sumber energy paling utama. sehingga, karbohidrat diperlukan dalam jumlah yang cukup besar. Karbohidrat yang kamu konsumsi pada umumnya merupakan molekul besar. Oleh karena itu, karbohidrat perlu dicerna terlebih dahulu oleh alat-alat pencernaan agar dapat diserap oleh tubuh. Proses pencernaan akan dibahas pada bagian selanjutnya.
2.      Lemak
Seperti halnya karbohidrat, lemak juga tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Walaupun unsur pembentuknya sama, namun susunan unsur-unsur tersebut berbeda. Bagi tubuh kita, lemak mempunyai fungsi yang sangat penting. Selain sebagai sumber energi, lemak juga merupakan penyusun membran sel, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan makanan bagi tubuh. Lemak dapat diperoleh dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Beberapa bahan makanan yang mengandung banyak lemak, misalnya kacang-kacangan, minyak goreng, daging dan susu. Dapatkah kamu menyebutkan sumber makanan lain yang banyak mengandung lemak? Seperti halnya karbohidrat, lemak merupakan molekul yang sangat besar. Oleh karena itu, harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap oleh tubuh.
3.      Protein
Protein tersusun oleh unsur karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Bagi tubuh, protein memegang peranan penting untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, protein juga diperlukan sebagai pembangun enzim. Karena protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, kamu hendaknya banyak makan makanan yang mengandung protein. Sebab, saat ini kamu berada dalam masa-masa penting untuk pertumbuhan badanmu. Protein nabati dapat diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan. Adapun protein hewani diperoleh dari sumber hewan, misalnya ikan, daging, dan telur. Seperti halnya karbohidrat dan lemak, protein juga merupakan molekul yang besar sehingga harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap tubuh.
4.      Vitamin
Vitamin merupakan zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk kelancaran proses-proses di dalam tubuh. Walaupun vitamin hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit namun tanpa vitamin proses dalam tubuh bisa terganggu. Secara garis besar vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air (B dan C). Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung vitamin.
5.      Mineral
Mineral merupakan bahan-bahan anorganik (tak hidup). Tubuh kita sangat membutuhkan mineral untuk pembentukan struktur tubuh. Beberapa mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, misalnya kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, besi untuk pembentukan hemoglobin, natrium untuk proses kontraksi otot, dan fosfor untuk proses pembentukan energi dalam sel. Susu merupakan bahan makanan yang cukup lengkap dan mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh. Seperti halnya vitamin, mineral langsung diserap tanpa harus melalui proses pencernaan.
Kini, kamu telah mengetahui bahwa ternyata ada zat makanan yang harus dicerna terlebih dahulu agar dapat diserap, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, ada juga zat makanan yang tidak perlu dicerna lagi sebab dapat langsung diserap tubuh. Organ apa sajakah yang diperlukan untuk mencernakan makanan dan bagaimanakah prosesnya?

B.     Organ-Organ Pencernaan
Di sekolah dasar dulu, kamu telah belajar mengenai organ-organ pencernaan. Masih ingatkah kamu organ apa saja yang berfungsi untuk mencerna makanan? Agar lebih jelas, perhatikan gambar mengenai sistem pencernaan pada manusia berikut.
Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas beberapa organ. Organ tersebut mencerna makanan melalui proses mekanik maupun kimiawi. Berikut penjelasan organ-organ pencernaan pada manusia.
1.      Mulut
Mulut merupakan organ pencernaan yang pertama bertugas dalam proses pencernaan makanan. Fungsi utama mulut adalah untuk menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut. Mulut dapat menghaluskan makanan karena di dalam mulut terdapat gigi dan lidah. Gigi berfungsi menghancurkan makanan. Adapun fungsi lidah adalah membolak-balikan makanan sehingga semua makanan dihancurkan secara merata. Selain itu, lidah berfungsi membantu menelan makanan. Gigi dan lidah termasuk alat pemroses pencernaan secara mekanis.
Selain mencerna makanan secara mekanis, di mulut juga terjadi pencernaan secara kimiawi. Pencernaan secara kimiawi dimungkinkan karena kelenjar air liur menghasilkan ludah yang mengandung air, lendir, dan enzim ptialin. Air dan lendir berguna untuk melumasi rongga mulut dan membantu proses menelan. Adapun enzim ptialin mengubah amilum menjadi karbohidrat yang lebih sederhana, yaitu maltosa.
Dalam mulut selain terdapat gigi juga terdapat lidah. Lidah merupakan indra pengecap yang kita miliki. Karena lidahlah kamu dapat merasakan nikmatnya makanan. Walaupun rasa sesungguhnya hanya dirasakan selama makanan ada di mulut, namun rasa akan meningkatkan selera makan. Tanpa adanya rasa kamu akan cenderung tidak nafsu makan.
2.      Kerongkongan
Setelah dikunyah di mulut, makanan ditelan agar masuk ke lambung melalui suatu saluran yang disebut kerongkongan. Kerongkongan atau esofagus berfungsi menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Di dalam lehermu sesungguhnya terdapat dua saluran, yaitu kerongkongan (letaknya di belakang) dan tenggorokan atau trakea (letaknya di depan). Kerongkongan merupakan saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dengan lambung. Tenggorokan merupakan saluran pernapasan yang menghubungkan antara rongga mulut dengan paru-paru. Oleh karena itu, di bagian dalam mulut terdapat persimpangan dua saluran yang dijaga oleh sebuah klep yang disebut epiglotis. Pada waktu bernapas, klep tersebut membuka sehingga udara dapat masuk ke tenggorokan. Sewaktu menelan makanan, klep tersebut akan menutup tenggorokan sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan. Jadi, klep tersebut berfungsi menjaga kerja antara kerongkongan dan tenggorokan agar proses pencernaan dan pernapasan dapat berjalan dengan lancar.

Pada saat melewati kerongkongan, makanan didorong masuk ke lambung oleh adanya gerak peristaltik otot-otot kerongkongan. Hal ini dikarenakan dinding kerongkongan tersusun atas otot polos yang melingkar dan memanjang serta berkontraksi secara bergantian. Akibatnya, makanan berangsur-angsur terdorong masuk ke lambung. Di kerongkongan makanan hanya lewat saja dan tidak mengalami pencernaan.

3.      Lambung
Lambung merupakan alat pencernaan yang berbentuk kantung. Dinding lambung tersusun dari otot-otot yang memanjang, melingkar, dan menyerong. Hal ini memungkinkan makanan yang masuk ke dalam lambung dibolak-balik dan diremas lagi sehingga menjadi lebih halus. Makanan yang dikunyah di mulut belumlah cukup halus. Oleh karena itu, perlu dihaluskan lagi di lambung. Agar lambung kamu tidak bekerja terlalu berat, sebaiknya kamu mengunyah makananmu sampai halus benar sebelum menelannya.
Selain mencerna makanan secara mekanis, lambung juga mencerna makanan secara kimiawi. Lambung menghasilkan suatu cairan yang mengandung air, lendir, asam lambung (HCl), serta enzim renin dan pepsinogen. Karena sifatnya yang asam, cairan lambung dapat membunuh kuman yang masuk bersama makanan. Sementara itu, enzim renin akan menggumpalkan protein susu yang ada dalam air susu sehingga dapat dicerna lebih lanjut. Pepsinogen akan diaktifkan oleh HCl menjadi pepsin yang berfungsi memecah protein menjadi pepton.
4.      Usus Halus
Setelah dicerna di lambung makanan akan masuk ke usus halus. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Usus dua belas jari dan usus kosong berperan penting dalam pencernaan makanan secara kimiawi. Di usus dua belas jari ini kantong empedu dan pankreas mengeluarkan cairan pencernaannya. Empedu yang dihasilkan oleh kantong empedu akan berperan dalam pencernaan lemak dengan cara mengemulsikan lemak sehingga dapat dicerna lebih lanjut.
Cairan pankreas mengandung enzim-enzim pencernaan penting, yaitu tripsinogen, amilase, dan lipase. Tripsinogen diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin yang berfungsi mencerna protein menjadi asam amino. Amilase akan mencerna amilum menjadi glukosa, sedangkan lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Selain enzim-enzim tersebut usus halus juga menghasilkan enzim-enzim lain yang membantu pencernaan makanan, seperti peptidase dan maltase.
Pencernaan makanan berakhir di ileum. Di sini makanan yang telah dicerna akan diserap dinding ileum. Glukosa, asam amino, mineral, dan vitamin akan diserap melalui pembuluh darah dinding ileum. Adapun asam lemak dan gliserol akan diserap melalui pembuluh getah bening. Pembuluh getah bening ini pada akhirnya akan bermuara pada pembuluh darah sehingga sari-sari makanan dapat diedarkan ke seluruh tubuh.
5.      Usus Besar
Zat-zat yang tidak diserap usus halus selanjutnya akan masuk ke usus besar atau kolon. Di usus besar ini terjadi penyerapan air dan pembusukan sisa-sisa makanan oleh bakteri pembusuk. Pembusukan dilakukan oleh bakteri yang hidup di usus. Akhirnya sisa makanan akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran (feces) melalui anus. Pada usus besar terdapat bagian yang disebut usus buntu. Pada manusia, fungsi usus buntu tidak jelas. Pada hewan-hewan pemakan tumbuhan, seperti kelinci dan marmot, usus buntu membantu mencerna selulosa.

C.    Kelainan Pada Sistem Pencernaan
a.       Parotitis atau penyakit gondong, penyakit karena virus, menyerang kelenjar air ludah di bagian bawah telinga àmembengkak atau membesar.
b.      Xerostomia : penyakit pada rongga mulut yang ditandai dengan rendahnya produksi air ludah. Kondisi mulut yang kering membuat makanan kurang tercerna dengan baik.
c.       Tukak lambung : luka pada dinding lambung bagian dalam.
d.      Apendisitis atau infeksi usus buntu, dapat merembet sampai ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut.
e.       Diare atau “mencret”:  inveksi bakteri maupun protozoa pada usus besar, à proses penyerapan air di usus besar terganggu, à feses menjadi encer.
f.       Konstipasi atau sembelit :  penyerapan air di dalam usus besar terjadi secara berlebihan, akibatnya feses menjadi sangat padat dan keras sehingga sulit  dikeluarkan.




Lampiran 2

LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

Nama Peserta Didik  : …………………….
Kelas                           : ………………….....
Materi Pokok             : ………………….....
Tanggal                      : ………………….....

Petunjuk:
·      Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
·      Berilah tanda cek (√) pada pernyataan yang menurut anda sesuai dengan kondisi dan kebiasaan anda.
No
Sikap yang dinilai
Ya
Tidak
1.
Saya bersyukur kepada Allah karena telah menciptakan makhluk hidup dengan organ-organ tubuh yang kompleks membentuk suatu jarangan, salah satunya adalah sistem pencernaan.


2.
Saya bisa menghargai atas ciptaan Tuhan dengan tetap menjaga sistem pencernaan dengan pola hidup yang sehat.


3.
Saya akan menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari gangguan sistem pencernaan.


4.
Saya akan berbagi pengetahuan, terutama dengan keluarga dan teman-teman di lingkungan sekolah mengenai pentingnya menjaga sistem pencernaan.


5.
Saya ingin mewujudkan budaya hidup sehat dengan menjaga pentingnya sistem pencernaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan


6.
Saya memahami organ-organ dan fungsi pencernaan makanan, sehingga saya akan terus belajar dan bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah Ia ciptakan


7.
Saya bersyukur dan tidak membuang makanan yang telah dibuat orang tua untuk kita, sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan


7.
Saya memahami cara membuat model saluran pencernaan sehingga menambah rasa bersyukur atas apa yang diciptakan Tuhan.



Rubrik Penilaian :
No
NamaSiswa
Skor
∑ skor
Nilai sikap
Kriteria
1
2
3



1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.








Keterangan :
Jika Benar       : Nilai 1
Jika Salah        : Nilai 2
Nilai Sikap = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 4
Kriteria
Rentangan nilai
Sangat baik (A)
3,66 – 4, 0
Baik (B)
2,66-3,65
Cukup (C)
1,66 - 2,65
Kurang (D)
< 1,66



Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL

Nama Peserta Didik  : …………………….
Kelas                           : ………………….....
Materi Pokok             : ………………….....
Tanggal                      : ………………….....
Petunjuk                             : Lembaran ini diisi oleh teman sekelompok untuk menilai sikap sosial. Berilah tanda ceklist () pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
No
Nama Peserta didik
Bekerja-sama
Menghargai Pendapat
Bertang-gung Jawab terhadap kelompok
Disiplin dalam berdiskusi
Peduli terhadap kelompok
Jumlah skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.






















2.






















3.






















4.






















5.






















6.






















7.























Rubrik Penilaian
No
Indikator
Skor
4
3
2
1

1.
Bekerjasama
Peserta didik dapat bekerjasama dengan teman sekelompoknya dengan baik dan solid
Peserta didik dapat bekerjasama dengan teman sekelompoknya dengan baik.
Peserta didik dapat bekerjasama dengan teman sekelompoknya dengan kurang baik.
Peserta didik tidak dapat bekerjasama dengan teman sekelompoknya dengan
2.
Menghargai pendapat
Peserta didik selalu menghargai pendapat orang lain
Peserta didik kurang menghargai pendapat orang lain
Peserta didik sedikit menghargai pendapat orang lain
Peserta didik tidak pernah menghargai pendapat orang lain
3.
Bertanggung jawab terhadap kelompok
Peserta didik selalu bertanggung jawab terhadap kelompok
Peserta didik terkadang bertanggung jawab terhadap kelompok
Peserta didik kurang bertanggung jawab terhadap kelompok
Peserta didik tidak bertanggung jawab terhadap kelompok
4.
Disiplin dalam berdiskusi
Peserta didik selalu disiplin dalam berdiskusi
Peserta didik terkadang disiplin dalam berdiskusi
Peserta didik kurang disiplin dalam berdiskusi
Peserta didik tidak disiplin dalam berdiskusi
5.
Peduli terhadap kelompok
Peserta didik selalu  peduli terhadap kelompok
Peserta didik terkadang peduli terhadap kelompok
Peserta didik kurang peduli terhadap kelompok
Peserta didik tidak peduli terhadap kelompok

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  x  4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik  : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik              : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup           : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang         : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33






Lampiran 4
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Nama Peserta Didik  : …………………….
Kelas                           : ………………….....
Materi Pokok             : ………………….....
Tanggal                      : ………………….....

Tes Tulis : Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik dalam materi pokok jamur.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

A.  Pilihan Ganda
No
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1.
3.8.1 Mendeskripsikan fungsi dan jenis makanan berdasarkan zat yang ada di dalamnya.

1.      Jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah….
a.    Beras, jagung, daging, dan susu
b.   Beras, jagung, kentang, dan telur
c.    Gandum, sagu, biji-bijian, dan ikan
d.   Beras, jagung, gandum, dan sagu
e.    Beras, jagung, gandum, dan buah-buahan

2.      Zat makanan yang menghasilkan energi tertinggi untuk satuan berat yang sama adalah…
a.    Protein
b.   Karbohidrat
c.     Vitamin
d.   Lemak
e.    Serat kasar

3.      Tidak semua zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan akan mengalami pencernaan. Zat berikut apabila terdapat dalam bahan makanan tidak akan mengalami pencernaan adalah….
a.    Amilum
b.   Vitamin
c.    Lemak
d.   Karbohidrat
e.    Protein

D












D









B
1












1









1
2.
3.8.2 Menyebutkan organ dan fungsi sistem pencernaan makanan.

4.      Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Berikut ini, organyang merupakan saluran pencernaan sekaligus kelenjar pencernaan adalah….
a.    Pankreas dan hati
b.   Pankreas dan usus halus
c.    Lambung dan hati
d.   Lambung dan usus halus
e.    Usus halus dan hati

5.      Makanan akan mengalami pencernaan selama dalam saluran pencernaan tetapi dalam organ tertentu makanan tidak mengalami baik secara mekanik maupun kimia. Organ tersebut adalah…
a.    Mulut
b.    Duodenum
c.    Esofagus
d.   Ileum
e.    Ventrikulus

6.      Enzim yang dihasilkan oleh pankreas akan masuk ke duodenum (usus dua belas jari) melalui…
a.     Darah
b.    Pembuluh darah
c.     Pembuluh limfe
d.    Kerongkongan (esofagus)
e.     Saluran pancreas

7.      Hubungan yang benar antara organ, enzim, serta fungsinya dari pencernaan di bawah ini adalah…
Organ Enzim yang dihasilkan Fungsi mengubah
a.    Mulut Ptialin Amilum à Glukosa
b.   Lambung Pepsin Protein à Glukosa
c.    Pankreas Lipase Gliserol à Asam lemak
d.   Usus 12 jari Sukrase Sukrosa à Asam amino
e.    Usus halus Erepsin Tripsinogen à Tripsin

D













B












A









D

1













1












1









1
















3.
3.8.3 menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia.
8.      Pencernaan secara mekanis dan kimiawi terjadi didalam …
a.    Mulut
b.   Usus
c.    Pankreas
d.   Usus halus
e.    Usus Besar

9.      Berikut ini adalah beberapa proses pencernaan:
1.   Penyerapan air
2.   Penyerapan mineral
3.   Penyerapan ion-ion
4.   Pembusukan oleh Escherichia coli
Proses pencernaan yang terjadi dalam usus besar adalah….
a.    1 dan 2
b.   2 dan 3
c.    1 dan 3
d.   2 dan 4
e.    1 dan 4

10.  Saluran pencernaan makanan manusia adalah sebagai berikut:
1.   Mulut
2.   Usus Halus
3.   Usus Besar
4.   Kerongkongan
5.   Lambung
Urutan yang benar dari saluran pencernaan diatas adalah ….
a.    1, 2, 3, 4, 5
b.   1, 4, 5, 2, 3
c.    1, 3, 2, 4, 5
d.   1, 5, 4, 3, 2
e.    1, 4, 5, 3, 2
A







C














B
1







1














1






Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  x  10










Lampiran 5
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

Nama Peserta Didik  : …………………….
Kelas                           : ………………….....
Materi Pokok             : ………………….....
Tanggal                      : ………………….....

·      Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
·      Berikanlah tanda ceklist (√) pada kolom yang disediakan.
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Perencanaan
a.       Persiapan alat dan bahan
b.      Pengumpulan literature
c.       Kesiapan materi pelajaran berdasarkan studi literature




2.
Pelaksanaan atau pembuatan
a.       Kinerja individu
b.      Kinerja kelompok




3.
Presentasi
a.       Performans dan sikap
b.      Penguasaan penyampaian komunikasi





Keterangan
1: Kurang baik/menarik
2: Cukup baik/menarik
3: Baik/menarik
4: Sangat baik/menarik

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor akhir =  x  4
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik  : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00
Baik              : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33
Cukup           : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33
Kurang         : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33




















LEMBAR KERJA SISWA
PEMBUATAN POSTER SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Kelopok          :
Nama              : ............................
                          ............................
                          ............................
                          ............................
Kelas               : ............................
A.    Kompetensi Dasar
3.8 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunakaan energi makanan.

B.     Tujuan Pembelajaran
3.8.1        Peserta didik dapat menyebutkan organ dan fungsi sistem pencernaan makanan melalui pembuatan poster dan studi literasi.
3.8.2        peserta didik dapat menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia melalui diskusi.

C.    Alat dan Bahan
Alat           : Kertas karton, penggaris, spidol, pinsil, dan pinsil gambar.
Bahan        : Buku pedoman pembelajaran.

D.    Cara Kerja
1.      Siapkan alat dan bahan.
2.      Buatlah poster sesuai dengan tema yang telah ditentukan, yaitu:
a.       organ-organ dan fungsi sistem pencernaan,
b.      proses sistem pencernaan.

E.     Pertanyaan
1.      Sebuatkan organ-organ saluran pencernaan dan fungsinya?
2.      Seberapa pentingkah organ-organ tersebut untuk manusia?
3.      Bagaimana proses saluran pencernaan manusia?
(Pertanyaan diatas menjadi poin-poin penting dalam poster yang dibuat)




No comments:

Post a Comment