RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sistem Peredaran Darah


                  Satuan Pendidikan      : SMAN 9 Garut
                  Mata Pelajaran : BIOLOGI
                  Kelas / Semester          : XI/ Semester II
                  Submateri Pokok         : Sistem Peredaran Darah
                  Alokasi Waktu            : 30 menit
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang sistem peredaran darah.
Indikator:
1.1.1        Berdoa sebelum memulai pembelajaran.
1.1.2        Memberi salam sebelum dan sesudah belajar.
1.1.3        Menjalankan ibadah  tepat waktu.
1.1.4        Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat dan terutama menjaga diri sendiri.
1.1.5        Memperlihatkan kekaguman dan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan mengenai sistem peredaran darah, bahwa dengan adanya organ-organ tersebut manusia dan hewan mampu hidup (dengan seizin Allah), dan cara mensyukuri nikmat Allah tersebut salah-satunya dengan cara selalu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga pola hidup.
1.1.6        Memperlihatkan rasa syukur terhadap Tuhan karena telah menciptakan manusia dengan begitu kompleks dan begitu luar biasanya mekanisme yang terjadi di dalam tubuh.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam  setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Indikator
2.1.1 Kemampuan untuk bekerja sama dalam kelompok.
2.1.2 Menghargai argument atau pendapat orang lain.
2.1.3 Menyajikan data yang diperoleh dengan benar dan tepat.
2.1.4 Melaporkan hasil analisis data secara bertanggung jawab, teliti, jujur dan disiplin.
3.6 mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaina/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan sistem peredaran darah hewan ikan.
3.6.1. Menjelaskan struktur dan fungsi organ yang terkait dengan sistem peredaran darah pada manusia
3.6.2. Menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan kembali struktur dan fungsi organ yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia melalui tanya jawab secara terstruktur.

C.     Materi Pembelajaran
1.      Sistem Peredaran Darah
Sistem peredaran darah memiliki tiga komponen dasar, yaiyu cairan sirkulasi, seperangkat tabung yang saling berhubungan, dan pompa yang berotot yaitu jantung. Jantung mendorong sirkulasi dengan menggunakan energi metabolik untuk mrningkatkan tekanan hidrostatik dari cairan sirkulasi, yang kemudian mengalir melalui sirkuit pembuluh-pembuluh darah dan kembali ke jantung.
2.      Sistem Peredaran Darah Manusia
a.       Darah meliputi sel darah dan plasma darah.
b.      Alat peredaran darah meliputi jantung dan pembuluh darah.
c.       Kerja jantungà Bila atrium jantung mengembang, maka antrium akan mengisap darah masuk ke dalam atrium dari pembuluh balik. Antrium kanan mengisap darah dari vena cava inperior dan superior, sedangkan atrium kiri mengisap darah dari pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis). Bersamaan dengan itu, menyebabkan nodus sinus aurikularis terangsang, kemudian diteruskan ke nodus atrioventrikularis. Bersamaan dengan ini, otot dinding atrium berkontraksi, sehingga ruang atrium menguncup. Begitu impuls dari nodus sino aurikularis sampai pada nodus atrioventrikularis menyebabkan katup diantara atrium dan ventrikel terbuka dan darah mengalir ke ventrikel. Kemudian impuls saraf diteruskan ke berkas his. Setelah darah masuk ke ventrikel, katup antara ventrikel dan atrium akan menutup kembali. Sesampainya rangsangan di miokardium bilik, maka berkontraksilah dinding bilik. Akibatnya, ruangan bilik menguncup. Tekanan ruangan dalam bilik maximum disebut tekanan sistole. Pada waktu sistole, darah terpompa ke aorta. Setelah darah terpompa keaorta, dinding bilik berelaksasi. Ruangan jantung membesar maximum sehingga tekanannya menjadi minimum. Tekanan terendah dalam ruangan jantung akibat otot jantung berelaksasi disebut diastole.
3.      Gangguan sistem peredran darah manusia
Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang manusia pada sistem peredaran darah diantaranya sebagai berikut:21
1)      Anemia
Anemia sering disebut penyakit kurang darah. Kurang darah terjadi karena kandungan hemoglobin(Hb) dalam sel darah merah rendah atau berkurangnya sel darah merah.
2)      Hemofilia
Hemofilia merupakan penyakit yang menyebabkan darah sukar membeku secara wajar ketika mengalami luka. Kelainan ini disebabkan oleh faktor keturunan (genetis).
3)      Thalasemia
Thalasemia merupakan penyakit anemia yang diturunkan. Thalasemia ditandai adanya gangguan pembentukan sel darah merah.
4)      Leukimia
Leukimia atau kanker darah adalah penyakit pada manusia karena jumlah sel-sel darah putih (leukosit) meningkat tidak terkendali. Penderita cenderung menjadi lemah, nafsu makan berkurang, berat badan menurun.
5)      Hipertensi
Hipertensi disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi di dalam arteri.
6)      Varises
Varises merupakan pelebaran pembuluh balik (vena).Varises biasanya terjadi di kaki terutama di bagian betis. Varises yang terdapat di dekat anus disebut ambeien. Varises merupakan hal yang biasa terjadi dan tidak berbahaya.

D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Keterampilan proses
Model              : Pendekatan Saintifik
Metode            : Ceramah variasi, Tanya Jawab, dan Diskusi.
E.     Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Video
2.      Alat
a.       Papan tulis
b.      LCD
c.       Spidol
d.      Buku tulis
3.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket biologi XI/semester genap
b.     Internet yang relevanà salah satu contohnya http://digilib.uin-suka.ac.id/7607/1/BABDAFTARPUSTAKA.pdf
F.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
Memberi salam, mengecek absensi, mengecek kesiapan peserta didik, dan menyiapkan media dan alat yang akan digunakan pada pembelajaran hari ini (alokasi waktu 5 menit). Materi ini disampaikan perkiraan pertemuan ke-2. Apersepsià menanyakan kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya.
2.      Inti
No
Pendekatan saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu
1
Mengamati
Guru menampilkan video mengenai sistem peredaran darah manusia.
Peserta didik mengamati video
5 menit
2
Menanya
Guru meminta kepada setiap peserta didik untuk membuat satu pertanyaan. Kemudian guru akan mengocok pertanyaan yang dibuat peserta didik tersebut, lalu membagikannya kembali kepada setiap peserta didik secara acak.
Peserta didik membuat pertanyaan, kemudian menerima pertanyaan baru, lalu menjawab pertanyaan tersebut.
5 menit
3
Mencoba
Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok besar. Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan sistem peredaran darah dan darah (macam-macam darah dan fungsinya)à lihat buku paket atau bisa cari di internet.
Peserta didik mendiskusikan .
8 menit
4
Menalar
Guru meminta peserta didik untuk membuat kesimpulan hasil diskusinya
Peserta didik membuat kesimpulan dari hasil diskusinya
3 menit
5
Mengkomunikasikan
Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan hasil diskusinya, guru memberikan tanggapa berupa koreksi, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi presentasi kelompok lain.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya dan memberikan tanggapan kepada kelompok lain.
3 menit

3.      Penutup
Guru memberikan kesimpulan dari hasil belajar kali ini dan memberikan beberapa prtanyaan kepada peserta didik (tanyajawab) sebagai penutup (evaluasi) (alokasi aktu 1 menit).

G.    Penilaian
1.      Teknik dan bentuk instrument
No
Teknik
Instrumen
1
Pengamatan spiritual
Lembar pengamatan spiritual dan rubrik
2
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
3
Tes (pengetahuan)
Uraian
4
Non tes (keterampilan)
Laporan praktikum

2.      Contoh instrument
a)      Lembar pengamatan spiritual
Pedoman observasi sikap spiritual
Petunjuk :  Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    :
Kelas                           :
Tanggal Pengamatan   :
Materi Pokok              :          
No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





2
Mengucapkan rasa syukur atas pemberian Tuhan sesuai dengan agamanya masing-masing





3
Memberi salam sebelum dan sesudah memberi pendapat/ tanggapan kepada temannya sesuai dengan agamanya masing-masing





4
Menambahkan rasa keimanan atas keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari pengetahuan





Jumlah skor






b)      Lembar pengamatan sikap
·      Diri sendiri

Nama Peserta Didik          :
Kelas                                 :
Materi Pokok                    :
Tanggal                             :

Petunjuk:
-       Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
-       Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya tidak menyontek pada saat ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain dengan mencantumkan sumbernya




3
Saya mengembalikan kepada pemiliknya apabila menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan




5
Saya tidak melihat jawaban teman saat ujian





Keterangan:
-        SL = (4) Selalu melakukan sesuai pernyataan
-        SR = (3) Sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
-       KD = (2) Kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
-       TP  = (1) Tidak pernah melakukan

·         Skala Penilaian antar peserta didik sekelompok
Nama Peserta Didik          :
Kelas                                 :
Materi Pokok                    :

Petunjuk:
Isilah kolom sikap dan perilaku dengan cara menuliskan nama teman sekelompok kemudian beri skor 10-100 sesuai kinerja pada kelompoknya.

No
Nama Peserta Didik
Sikap dan Prilaku
Jumlah skor
Kerja sama
Keaktifan
Tanggung jawab
1





2





3





4





5






c)      Penilaian pengetahuan
Soal Pilihan Ganda
Indikator
Soal
Kunci jawaban
Skor
3.6.1. Menjelaskan struktur dan fungsi organ yang terkait dengan sistem peredaran darah pada manusia

1.      Jantung manusia memiliki empat bagian, yaitu serambi kanan , serambi kiri, bilik kanan , dan bilik kiri. Mekanisme aliran darah yang benar adalah…


Bagian
Dari
Ke
A
Serambi kanan
Paru-paru
Bilik kanan
B
Serambi kiri
Seluruh tubuh
Bilik kiri
C
Bilik kanan
Serambi kanan
Paru-paru
D
Bilik kiri
Serambi kiri
Serambi kanan
E
Bilik kiri
Paru-paru
Serambi kanan
C
10
3.Zat berikut yang tidak terlibat dalam proses pembekuan darah adalah...
a. Vitamin K                                       d. Enzim Trombokinase
b. Ion Ca2+                                          e. Enzim ptyalin
c. Fibrinogen
E
10
5.Vena pulmonalis adalah pembuluh darah yang membawa darah yang banyak mengandung…
a. Karbondioksida
b. Hydrogen
c. Kalsium
d. Oksigen
e. Karbonmonoksida
D
10
7.Proses pembekuan darah dibantu oleh…
a. Trombosit
b. Plasma darah
c. Eritrisit
d. Leukosit
e. Fagosit
A
10
9.Golongan darah apa yang bisa diberikan kepada golongan darah manapun (donor universal)…
a. B
b. O
c. AB
d. A
e. A dan B
B
10
10.Sel darah putih yang berperan dalam keadaan alergi adalah…
a. Granulosit
b. Basofil
c. Eosinofil
d. Limfosit
d. Neutrofil
B
10
3.6.2. Menjelaskan sistem peredaran darah manusia.

2.Tekanan darah sistol akan berada pada posisi yang sangat tinggi ketika...
a. Atrium relaksasi, ventrikel relaksasi
b. Atrium kontraksi, ventrikel kontraksi
c. Atrium relaksasi, ventrikel kontraksi
d. Atrium kontraksi, ventrikel relaksasi
d. Keduanya dalam keadaan relaksasi
B
10
4.Tekanan darah pada orang normal adalah…
a. 120 / 100 mmHg
b. 100 / 120 mmH
c. 80/ 100 mmHg
d. 100 / 90 mmHg
e. 120 / 80 mmHg
E
10
6.Apa yang dimaksud dengan peredaran darah kecil…
a. Jantung memompa darah ke paru-paru
b. Jantung memompa darah keseluruh tubuh
c. Jantung menerima darah dari seluruh tubuh
d. Jantung memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh
e. Semu benar
A
10
8.Peredaran darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung disebut…
a. Peredaran darah besar
b. Peredaran darah kecil
c. Peredaran darah ganda
d. Peredaran darah tertutup
e. Peredaran darah terbuka
A
10

d)     Penilaian Keterampilan
Format penilaian keterampilan
Petunjuk: penilaian ini dilakukan oleh guru, guru member skor dari mulai 10-100 sesuai dengan aspek yang dinilai
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Member tanggapan
Mengkomunikasikan
Kerja sama
1





2





3





4





5











Bahan Diskusi
Kelompok 1
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem peredaran darah kecil dan besar!
2.      Apa yang dimaksud dengan sistol dan diastole?
Kelompok 2
1.      Apa yang kalian ketahui mengenai darah? Jelakan mengenai sel darah dan fungsinya!



21 Anonym, Media Pembelajaran Multimedia Komputer Bentuk Power Point Terhadap Hasil Belajar, (http://eprints.walisongo.ac.id/654/4/073811005_Bab2.pdf), diakses: 10 Juni 2015

No comments:

Post a Comment