Satuan Pendidikan : SMAN 9 Garut
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XI/ Semester II
Submateri Pokok : Sistem Peredaran Darah
Alokasi
Waktu : 30 menit
A. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang sistem peredaran darah.
Indikator:
1.1.1
Berdoa sebelum
memulai pembelajaran.
1.1.2
Memberi salam sebelum dan sesudah belajar.
1.1.3
Menjalankan
ibadah tepat waktu.
1.1.4
Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik
lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat dan
terutama menjaga diri sendiri.
1.1.5
Memperlihatkan kekaguman dan rasa syukur terhadap ciptaan
Tuhan mengenai sistem peredaran darah, bahwa dengan adanya organ-organ tersebut
manusia dan hewan mampu hidup (dengan seizin Allah), dan cara mensyukuri nikmat
Allah tersebut salah-satunya dengan cara selalu menjaga kesehatan tubuh dan
menjaga pola hidup.
1.1.6
Memperlihatkan rasa syukur terhadap Tuhan karena telah
menciptakan manusia dengan begitu kompleks dan begitu luar biasanya mekanisme
yang terjadi di dalam tubuh.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun,
jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
Indikator
2.1.1
Kemampuan untuk bekerja sama dalam kelompok.
2.1.2
Menghargai argument atau pendapat orang lain.
2.1.3
Menyajikan data yang diperoleh
dengan benar dan tepat.
2.1.4 Melaporkan hasil analisis data
secara bertanggung jawab, teliti, jujur dan disiplin.
3.6 mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelaina/penyakit yang
dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan membandingkannya dengan
sistem peredaran darah hewan ikan.
3.6.1.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ yang terkait dengan sistem peredaran
darah pada manusia
3.6.2.
Menjelaskan sistem peredaran darah manusia.
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu memahami dan menjelaskan kembali struktur dan fungsi organ yang
terlibat dalam sistem peredaran darah manusia melalui tanya jawab secara
terstruktur.
C. Materi
Pembelajaran
1. Sistem
Peredaran Darah
Sistem
peredaran darah memiliki tiga komponen dasar, yaiyu cairan sirkulasi,
seperangkat tabung yang saling berhubungan, dan pompa yang berotot yaitu
jantung. Jantung mendorong sirkulasi dengan menggunakan energi metabolik untuk
mrningkatkan tekanan hidrostatik dari cairan sirkulasi, yang kemudian mengalir
melalui sirkuit pembuluh-pembuluh darah dan kembali ke jantung.
2. Sistem
Peredaran Darah Manusia
a. Darah
meliputi sel darah dan plasma darah.
b. Alat
peredaran darah meliputi jantung dan pembuluh darah.
c. Kerja
jantungà Bila atrium jantung mengembang, maka antrium akan
mengisap darah masuk ke dalam atrium dari pembuluh balik. Antrium kanan
mengisap darah dari vena cava inperior dan superior, sedangkan atrium kiri
mengisap darah dari pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis). Bersamaan
dengan itu, menyebabkan nodus sinus aurikularis terangsang, kemudian diteruskan
ke nodus atrioventrikularis. Bersamaan dengan ini, otot dinding atrium
berkontraksi, sehingga ruang atrium menguncup. Begitu impuls dari nodus sino
aurikularis sampai pada nodus atrioventrikularis menyebabkan katup diantara
atrium dan ventrikel terbuka dan darah mengalir ke ventrikel. Kemudian impuls
saraf diteruskan ke berkas his. Setelah darah masuk ke ventrikel, katup antara
ventrikel dan atrium akan menutup kembali. Sesampainya rangsangan di miokardium
bilik, maka berkontraksilah dinding bilik. Akibatnya, ruangan bilik menguncup.
Tekanan ruangan dalam bilik maximum disebut tekanan sistole. Pada waktu
sistole, darah terpompa ke aorta. Setelah darah terpompa keaorta, dinding bilik
berelaksasi. Ruangan jantung membesar maximum sehingga tekanannya menjadi
minimum. Tekanan terendah dalam ruangan jantung akibat otot jantung berelaksasi
disebut diastole.
3.
Gangguan sistem peredran darah manusia
Gangguan atau penyakit yang
dapat menyerang manusia pada sistem peredaran darah diantaranya sebagai
berikut:21
1)
Anemia
Anemia sering disebut penyakit
kurang darah. Kurang darah terjadi karena kandungan hemoglobin(Hb) dalam sel
darah merah rendah atau berkurangnya sel darah merah.
2)
Hemofilia
Hemofilia merupakan penyakit
yang menyebabkan darah sukar membeku secara wajar ketika mengalami luka.
Kelainan ini disebabkan oleh faktor keturunan (genetis).
3)
Thalasemia
Thalasemia merupakan penyakit
anemia yang diturunkan. Thalasemia ditandai adanya gangguan pembentukan sel
darah merah.
4)
Leukimia
Leukimia atau kanker darah
adalah penyakit pada manusia karena jumlah sel-sel darah putih (leukosit)
meningkat tidak terkendali. Penderita cenderung menjadi lemah, nafsu makan
berkurang, berat badan menurun.
5)
Hipertensi
Hipertensi disebabkan oleh
tekanan darah yang tinggi di dalam arteri.
6)
Varises
Varises merupakan pelebaran
pembuluh balik (vena).Varises biasanya terjadi di kaki terutama di bagian
betis. Varises yang terdapat di dekat anus disebut ambeien. Varises merupakan
hal yang biasa terjadi dan tidak berbahaya.
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Keterampilan proses
Model : Pendekatan Saintifik
Metode : Ceramah variasi, Tanya Jawab, dan
Diskusi.
E. Media
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Video
2.
Alat
a.
Papan tulis
b.
LCD
c.
Spidol
d.
Buku tulis
3.
Sumber
Pembelajaran
a.
Buku paket biologi
XI/semester genap
b. Internet
yang relevanà
salah satu contohnya http://digilib.uin-suka.ac.id/7607/1/BABDAFTARPUSTAKA.pdf
F. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
Memberi salam, mengecek absensi, mengecek
kesiapan peserta didik, dan menyiapkan media dan alat yang akan digunakan pada
pembelajaran hari ini (alokasi waktu 5 menit). Materi ini disampaikan perkiraan
pertemuan ke-2. Apersepsià menanyakan kembali
materi yang telah disampaikan sebelumnya.
2.
Inti
No
|
Pendekatan saintifik
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
1
|
Mengamati
|
Guru menampilkan video
mengenai sistem peredaran darah manusia.
|
Peserta
didik mengamati video
|
5 menit
|
2
|
Menanya
|
Guru meminta kepada setiap peserta didik untuk
membuat satu pertanyaan. Kemudian guru akan mengocok pertanyaan yang dibuat
peserta didik tersebut, lalu membagikannya kembali kepada setiap peserta
didik secara acak.
|
Peserta
didik membuat pertanyaan, kemudian menerima pertanyaan baru, lalu menjawab
pertanyaan tersebut.
|
5 menit
|
3
|
Mencoba
|
Guru
membagi peserta didik dalam dua kelompok besar. Guru meminta peserta didik
untuk mendiskusikan sistem peredaran darah dan darah (macam-macam darah dan
fungsinya)à
lihat buku paket atau bisa cari di internet.
|
Peserta
didik mendiskusikan .
|
8
menit
|
4
|
Menalar
|
Guru
meminta peserta didik untuk membuat kesimpulan hasil diskusinya
|
Peserta
didik membuat kesimpulan dari hasil diskusinya
|
3
menit
|
5
|
Mengkomunikasikan
|
Guru
meminta peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan hasil diskusinya, guru
memberikan tanggapa berupa koreksi, dan memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk menanggapi presentasi kelompok lain.
|
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusinya dan memberikan tanggapan kepada
kelompok lain.
|
3
menit
|
3.
Penutup
Guru memberikan kesimpulan
dari hasil belajar kali ini dan memberikan beberapa prtanyaan kepada peserta
didik (tanyajawab) sebagai penutup (evaluasi) (alokasi aktu 1 menit).
G. Penilaian
1. Teknik
dan bentuk instrument
No
|
Teknik
|
Instrumen
|
1
|
Pengamatan
spiritual
|
Lembar
pengamatan spiritual dan rubrik
|
2
|
Pengamatan
sikap
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
3
|
Tes
(pengetahuan)
|
Uraian
|
4
|
Non
tes (keterampilan)
|
Laporan
praktikum
|
2.
Contoh instrument
a)
Lembar pengamatan
spiritual
Pedoman
observasi sikap spiritual
Petunjuk
: Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas pemberian Tuhan sesuai dengan agamanya masing-masing
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah memberi pendapat/ tanggapan kepada temannya sesuai
dengan agamanya masing-masing
|
|
|
|
|
|
4
|
Menambahkan
rasa keimanan atas keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari
pengetahuan
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
b)
Lembar pengamatan sikap
·
Diri sendiri
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Materi Pokok :
Tanggal :
Petunjuk:
- Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
- Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi
dan keadaan kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
tidak menyontek pada saat ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan mencantumkan sumbernya
|
|
|
|
|
3
|
Saya
mengembalikan kepada pemiliknya apabila menemukan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan
|
|
|
|
|
5
|
Saya
tidak melihat jawaban teman saat ujian
|
|
|
|
|
Keterangan:
- SL = (4) Selalu melakukan sesuai pernyataan
- SR = (3) Sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
- KD = (2) Kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
- TP = (1) Tidak pernah
melakukan
·
Skala Penilaian antar peserta didik sekelompok
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Materi Pokok :
Petunjuk:
Isilah kolom sikap
dan perilaku dengan cara menuliskan nama teman sekelompok kemudian beri skor
10-100 sesuai kinerja pada kelompoknya.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap dan Prilaku
|
Jumlah skor
|
||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
c)
Penilaian
pengetahuan
Soal Pilihan Ganda
Indikator
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||
3.6.1. Menjelaskan
struktur dan fungsi organ yang terkait dengan sistem peredaran darah pada
manusia
|
1. Jantung manusia memiliki empat bagian, yaitu serambi
kanan , serambi kiri, bilik kanan , dan bilik kiri. Mekanisme aliran darah
yang benar adalah…
|
C
|
10
|
||||||||||||||||||||||||
3.Zat
berikut yang tidak terlibat dalam proses pembekuan darah adalah...
a. Vitamin K d.
Enzim Trombokinase
b. Ion Ca2+ e. Enzim ptyalin
c. Fibrinogen
|
E
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
5.Vena pulmonalis adalah pembuluh darah
yang membawa darah yang banyak mengandung…
a. Karbondioksida
b. Hydrogen
c. Kalsium
d. Oksigen
e. Karbonmonoksida
|
D
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
7.Proses pembekuan darah dibantu oleh…
a. Trombosit
b. Plasma darah
c. Eritrisit
d. Leukosit
e. Fagosit
|
A
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
9.Golongan darah apa yang bisa diberikan
kepada golongan darah manapun (donor universal)…
a. B
b. O
c. AB
d. A
e. A dan B
|
B
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
10.Sel darah putih yang berperan dalam
keadaan alergi adalah…
a. Granulosit
b. Basofil
c. Eosinofil
d. Limfosit
d. Neutrofil
|
B
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
3.6.2. Menjelaskan
sistem peredaran darah manusia.
|
2.Tekanan
darah sistol akan berada pada posisi yang sangat tinggi ketika...
a. Atrium
relaksasi, ventrikel relaksasi
b. Atrium kontraksi, ventrikel kontraksi
c. Atrium
relaksasi, ventrikel kontraksi
d. Atrium
kontraksi, ventrikel relaksasi
d. Keduanya dalam keadaan
relaksasi
|
B
|
10
|
||||||||||||||||||||||||
4.Tekanan darah pada orang normal
adalah…
a. 120 / 100 mmHg
b. 100 / 120 mmH
c. 80/ 100 mmHg
d. 100 / 90 mmHg
e.
120 / 80 mmHg
|
E
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
6.Apa yang dimaksud dengan peredaran
darah kecil…
a. Jantung
memompa darah ke paru-paru
b. Jantung memompa darah keseluruh tubuh
c. Jantung menerima darah dari seluruh
tubuh
d. Jantung memompa darah ke paru-paru
dan seluruh tubuh
e. Semu benar
|
A
|
10
|
|||||||||||||||||||||||||
8.Peredaran darah dari jantung ke
seluruh bagian tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung disebut…
a. Peredaran
darah besar
b. Peredaran darah kecil
c. Peredaran darah ganda
d. Peredaran darah tertutup
e. Peredaran darah terbuka
|
A
|
10
|
d) Penilaian Keterampilan
Format penilaian keterampilan
Petunjuk: penilaian ini dilakukan oleh guru, guru member
skor dari mulai 10-100 sesuai dengan aspek yang dinilai
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah skor
|
||
Member
tanggapan
|
Mengkomunikasikan
|
Kerja sama
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Bahan
Diskusi
Kelompok
1
1. Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sistem peredaran darah kecil dan besar!
2. Apa yang dimaksud dengan
sistol dan diastole?
Kelompok
2
1. Apa yang kalian ketahui
mengenai darah? Jelakan mengenai sel darah dan fungsinya!
21
Anonym, Media Pembelajaran Multimedia Komputer Bentuk Power Point Terhadap
Hasil Belajar, (http://eprints.walisongo.ac.id/654/4/073811005_Bab2.pdf),
diakses: 10 Juni 2015
No comments:
Post a Comment