CoRe (Core Representation) Sistem Peredaran Darah

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Ide Besar D
Sistem peredaran darahà terbuka (Cairan hemolimfe sama dengan cairan interstisial) dan tertutup (tunggal dan ganda)
Sistem peredaran darah gandaà jantung memompa darah dua kali dalam sirkuit lengkapnya
Peredaran darah pada manusiaàtermasuk pada peredaran darah ganda
Penggolongan darah dan sistem kekebalan tubuhà darah dibagi menjadi 4 golongan (A, B, O, dan AB)
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik diharapkan mampu memahami perbedaan  sistem peredaran darah terbuka dan tertutup, dan mampu membedakan antara sistem peredaran darah tunggal denga ganda:
·      Peredaran darah terbukaà Cairan hemolimfe sama dengan cairan interstisial
·      Peredaran darah tertutup dibedakan menjadi dua, yaitu: peredaran darah tunggal dan peredaran darah ganda
Peserta didik diharapkan mampu memahami peredaran darah ganda:
          peredaran darah pada amfibia, reftil, burung, dan mamalia.
          amfibia memiliki dua atrium dan satu ventrikel.
          Reftil, burung, dan mamalia memiliki dua atrium dan dua ventrikel.
Peserta didik diharapkan memahami organ-organ yang berperan dalam sistem peredaran darah dan memahami prosesnya:
     Jantung memiliki 4 ruang (dua ventrikel dan dua atriu), 3 katup (vulva trikuspidalis, bikuspidalis, seminularis), saraf jantung, dan 3 lapis dinding jantung.
     Darahàplasma darah dan sel darah (sel darah merah, sel darah putih, dan keeping darah).
     Paru-paru dan pembuluh kapilerà tempat pertukaran gas
      Pembuluh darah à pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh kapiler.
     Kerja jantungà jantung memompa darah ke paru dan keselruh tubuh.
Peserta didik diharapkan mampu memahami cara mengidentifikas goongan darah seseorang:
    Golongan darah A memiliki antigen A dan antibody b.
    Golongan darah B memiliki antigen B dan antibody a.
    Golongan darah O tidak memiliki antigen tetapi memiliki antigen a dan b.
    Golongan darah AB memiliki antigen A dan ,tetapi tidak memiliki antibody.
    Sistem pertahanan tubuh oleh sel darah putihà memiliki sel-sel makrofage.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Pemahaman peredaran darah terbuka dan tertutup:
    Membantu peserta didik dalam memahami perbedaan antara hewan yang kompleks dengan hean yang lebih sederhana.
    Pada hewan yang peredaran darahnya terbuka warna darah tidak merah karena hemolimfe sama dengan cairan interstisial.
Perbedaan jantung pada hewan:
       Setiap hewan memiliki ruang jantung yang berbeda dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks.
       Banyaknya ruang jantung dipengaruhi oleh fisiologi hewan itu sendiri.
Pemahaman kerja jantung dan fungsi darah:
          Mendukung peserta didik dalam memahami bahwa jantung mengedarkan darah ke bagian seluruh tubuh.
          Kerja jantung dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya usia, aktivitas, dan lain-lain.
          Memudahkan peserta didik dalam memahami bahwa fungsi darah bukan hanya mengedarkan oksigen.
Pemahaman penggolongan darah:
          Memudahkan peserta didik ketika akan mendonorkan darah atau membutuhkan darah (transfuse darah).
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pemahaman peredaran darah terbuka dan tertutup:
          Pada sistem peredaran darah terbuka hemolimfe dengan cairan interstisial samaà terkadang peserta didik sulit menyebutkan itu.
Perbedaan jantung pada hewan:
          Dengan banyaknya kelas hewan peserta didik sering tertukar hewan mana yang memiliki jantung beruang dua, tiga, atau empat.
Perbedaan kerja jantung dan fungsi darah:
·      Pada proses kerja jantung ada istilah sistol dan diastoleà siswa sulit membedaan istilah tersebut.
·      Ventrikel/ bilik dan atrium/ serambi--. Istilah ini sering terjadi terbalikà contohnya atrium = bilik
.
Pemahaman penggolongan darah:
          Darah memiliki antigen dan antibody.
          Penggolongan darah bukan hanya berdasarkan antigen dan antibody tetapi rhesus ikut berperan dalam penggolongan darah.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap perbedaan sistem peredaran darah terbuka dengan sistem peredaran darah tertutup dengan menampilkan gambar atau video.
          Menampilkan gambar dan video agar siswa mudah memahami konsep ini.
          Bisa melakukan praktikum untuk mengetahui anatomi dari masing-masing hewan.
          Melakukan praktikum untuk mengetahui factor apa saja yangmempengaruhi kerja jantung.
          Menampilkan video yang terait dengan sistem peredaran darah agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi ini.
Melakukan praktikum sebagai pendukung mudahya peserta didik dalam memahami materi ini.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Guru dapat menggunakan gambar atau video dalam menyampaikan materi ini agar peserta didik lebih mudah memahami materi ini.
Perbedan jantung pada hewan:
menggunakan gambar dan video untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi ini
Materi ini cukup abstrak karena peserta didik tidak dapat melihatnya secara langsung, namun guru dapat menampilkan video mengenai materi ini agar peserta didik leih mudah dalam memahami materi ini.
Untuk memahami materi ini peserta didik dapat melakukan praktikum (uji golongan darah)
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk menjelaskan kembali materi tentang perbedaan sistem peredaran darah terbuka dan tertutup.
Menilai akurasi penjelasan peserta didik:
• penjelasan peserta didik mengenai perbedaan jantung pada hewan.
Menilai akurasi prediksi peserta didik:
penjelasan peserta didik mengenai sistem peredaran darah pada manusia, dan organ-organ yang terlibat didalamnya.
Menilai akurasi penjelasan peserta didik:
Penjelasan peserta didik mengenai penentuan golongan darah dan sistem pertahanan tubuh.

No comments:

Post a Comment