Konten Representasi (CORE)
|
||||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Ide Besar D
|
Sistem peredaran darahà terbuka (Cairan
hemolimfe sama dengan cairan interstisial) dan tertutup (tunggal dan
ganda)
|
Sistem peredaran darah gandaà jantung
memompa darah dua kali dalam sirkuit lengkapnya
|
Peredaran darah pada manusiaàtermasuk
pada peredaran darah ganda
|
Penggolongan darah dan
sistem kekebalan tubuhà darah dibagi menjadi 4
golongan (A, B, O, dan AB)
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik diharapkan
mampu memahami perbedaan sistem peredaran darah
terbuka dan tertutup, dan mampu membedakan antara sistem peredaran darah
tunggal denga ganda:
·
Peredaran darah terbukaà Cairan hemolimfe sama dengan
cairan interstisial
·
Peredaran darah tertutup dibedakan menjadi dua,
yaitu: peredaran darah tunggal dan peredaran darah ganda
|
Peserta didik diharapkan
mampu memahami peredaran darah ganda:
•
peredaran darah pada amfibia, reftil, burung, dan
mamalia.
•
amfibia memiliki dua atrium dan satu ventrikel.
•
Reftil, burung, dan mamalia memiliki dua atrium dan
dua ventrikel.
|
Peserta didik diharapkan
memahami organ-organ yang berperan dalam sistem peredaran darah dan memahami
prosesnya:
• Jantung
memiliki 4 ruang (dua ventrikel dan dua atriu), 3 katup (vulva trikuspidalis,
bikuspidalis, seminularis), saraf jantung, dan 3 lapis dinding jantung.
• Darahàplasma darah dan sel darah (sel darah merah, sel
darah putih, dan keeping darah).
• Paru-paru
dan pembuluh kapilerà tempat pertukaran gas
• Pembuluh darah à pembuluh nadi, pembuluh balik, dan pembuluh
kapiler.
• Kerja
jantungà jantung memompa darah ke paru dan
keselruh tubuh.
|
Peserta didik diharapkan mampu
memahami cara mengidentifikas goongan darah seseorang:
• Golongan
darah A memiliki antigen A dan antibody b.
• Golongan
darah B memiliki antigen B dan antibody a.
• Golongan
darah O tidak memiliki antigen tetapi memiliki antigen a dan b.
• Golongan
darah AB memiliki antigen A dan ,tetapi tidak memiliki antibody.
• Sistem
pertahanan tubuh oleh sel darah putihà memiliki sel-sel makrofage.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Pemahaman peredaran darah
terbuka dan tertutup:
• Membantu
peserta didik dalam memahami perbedaan antara hewan yang kompleks dengan hean
yang lebih sederhana.
• Pada hewan
yang peredaran darahnya terbuka warna darah tidak merah karena hemolimfe sama dengan cairan interstisial.
|
Perbedaan jantung pada hewan:
• Setiap
hewan memiliki ruang jantung yang berbeda dari mulai yang sederhana sampai
yang kompleks.
• Banyaknya
ruang jantung dipengaruhi oleh fisiologi hewan itu sendiri.
|
Pemahaman kerja jantung dan fungsi
darah:
•
Mendukung peserta didik dalam memahami bahwa jantung
mengedarkan darah ke bagian seluruh tubuh.
•
Kerja jantung dipengaruhi oleh beberapa factor
diantaranya usia, aktivitas, dan lain-lain.
•
Memudahkan peserta didik dalam memahami bahwa fungsi
darah bukan hanya mengedarkan oksigen.
|
Pemahaman penggolongan
darah:
•
Memudahkan peserta didik ketika akan mendonorkan
darah atau membutuhkan darah (transfuse darah).
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Pemahaman peredaran darah
terbuka dan tertutup:
•
Pada sistem peredaran darah terbuka hemolimfe dengan
cairan interstisial samaà terkadang peserta didik sulit
menyebutkan itu.
|
Perbedaan jantung pada hewan:
•
Dengan banyaknya kelas hewan peserta didik sering
tertukar hewan mana yang memiliki jantung beruang dua, tiga, atau empat.
|
Perbedaan kerja jantung dan
fungsi darah:
·
Pada proses kerja jantung ada istilah sistol dan
diastoleà siswa sulit membedaan istilah
tersebut.
·
Ventrikel/ bilik dan atrium/ serambi--. Istilah ini
sering terjadi terbalikà contohnya atrium = bilik
.
|
Pemahaman penggolongan
darah:
•
Darah memiliki antigen dan antibody.
•
Penggolongan darah bukan hanya berdasarkan antigen
dan antibody tetapi rhesus ikut berperan dalam penggolongan darah.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa
terhadap perbedaan sistem peredaran darah terbuka dengan sistem peredaran darah
tertutup dengan menampilkan gambar atau video.
|
•
Menampilkan gambar dan video agar siswa mudah
memahami konsep ini.
•
Bisa melakukan praktikum untuk mengetahui anatomi
dari masing-masing hewan.
|
•
Melakukan praktikum untuk mengetahui factor apa saja
yangmempengaruhi kerja jantung.
•
Menampilkan video yang terait dengan sistem
peredaran darah agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi ini.
|
Melakukan praktikum sebagai
pendukung mudahya peserta didik dalam memahami materi ini.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Guru dapat menggunakan
gambar atau video dalam menyampaikan materi ini agar peserta didik lebih
mudah memahami materi ini.
|
Perbedan jantung pada hewan:
• menggunakan gambar dan video untuk memudahkan
peserta didik dalam memahami materi ini
|
Materi ini cukup abstrak
karena peserta didik tidak dapat melihatnya secara langsung, namun guru dapat
menampilkan video mengenai materi ini agar peserta didik leih mudah dalam
memahami materi ini.
|
Untuk memahami materi ini
peserta didik dapat melakukan praktikum (uji golongan darah)
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk
menjelaskan kembali materi tentang perbedaan sistem peredaran darah terbuka
dan tertutup.
|
Menilai akurasi penjelasan peserta didik:
• penjelasan peserta didik mengenai
perbedaan jantung pada hewan.
|
Menilai akurasi prediksi peserta
didik:
• penjelasan peserta didik mengenai sistem
peredaran darah pada manusia, dan organ-organ yang terlibat didalamnya.
|
Menilai akurasi penjelasan peserta
didik:
Penjelasan peserta didik
mengenai penentuan golongan darah dan sistem pertahanan tubuh.
|
CoRe (Core Representation) Sistem Peredaran Darah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment