RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Keselamatan Kerja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMA
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          :  X IPA / 1 (Ganjil)
Materi Pokok             : Keselamatan Kerja
Alokasi Waktu           :  1 x 30 Menit (1 jam pelajaran)
 


A.      Kompetensi Inti  
KI  1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta pengaturan proses pada mahluk hidup.
1.1.1   Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
1.1.2   Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
1.1.3   Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.

2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.1.1   Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.1.2   Mengumpulkan tugas tepat waktu.
2.1.3   Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
2.1.4   Membantu orang yang membutuhkan.
2.1.5   Menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.
2.1.6   Aktif dalam kerja kelompok.
2.1.7   Menghormati orang lain.
2.1.8   Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.

2.2    Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
2.2.1   Memelihara lingkungan sekitar.
2.2.2   Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain.
2.2.3   Membuang sampah pada tempatnya

3. 1  Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.1        Menjelaskan simbol-simbol bahaya keselamatan kerja yang ada di laboratorium.
3.1.2        Menjelaskan tata tertib keselamatan kerja di laboratorium.
3.1.3        Menerapkan prinsip keselamatan kerja di laboratorium.

4. 1  Menerapkan prosedur keselamtan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana dalam melakukan praktek biologi di laboratorium secara disiplin, cermat, dan bertanggung jawab.
4.1.1        Menerapkan prosedur keselamatan kerja dalam melakukan praktikum biologi di laboratorium.
C.    Tujuan Pembelajaran
3.1.1.1  Peserta didik mampu menjelaskan simbol-simbol bahaya keselamatan yang ada di laboratorium secara cermat, teliti, dan benar.
3.1.1.2  Peserta didik mampu menjelaskan tata tertib keselamatan kerja yang ada di laboratorium secara benar dan tepat.
3.1.1.3  Peserta didik mampu menerapkan prinsip keselamatan kerja pada saat praktikum di laboratorium secara disiplin, teliti, cermat, dan bertanggung jawab dengan cara diskusi.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Simbol-simbol bahaya keselamatan kerja di laboratorium
·         Toxic (T)
Zat Beracun
·         Very Toxic (T)
Sangat Beracun
·         Harmful (Xn)
Merusak kesehatan
·         Iritan (Xi)
Mengakibatkan iritasi
·         Highly Flammable
Gas sangat mudah terbakar
·         Extremely Flammable
Mudah terbakar keadaan lembab
·         Exposive (E)
Mudah terbakar
·         Dangerous to the environment
Merusak lingkungan
·         Oxidizing (O)
Tidak mudah terbakar
·         Corrosive (C)
Merusak jaringan tubuh

2.      Tata tertib laboratorium
a.       Individu yang tidak berkepentingan dilarang masuk
b.      Tidak melakukan eksperimen tanpa mengatahui bahaya atau dampak dari bahan yang digunakan
c.       Memahami pertolongan pertama dalam Laboratorium
d.      Dilarang makan dan minum di laboratorium, dan melakukan aktifitas berlebihan
e.       Menggunakan jas laboratorium, sarung tangan dan pelindung yang lain
f.       Wanita atau Pria yang memiliki rambut panjang wajib untuk mengikat rambut karena dapat mengakibatkan kecelakaan didalam laboratorium

3.      Penanganan kecelakaan kerja di laboratorium
·      Luka bakar akibat zat kimia asam
·      Luka bakar akibat zat kimia basa
·      Luka bakar karena panas
·      Mata terkena percikan zat kimia
·      Keracunan melalui hidung
·      Keracunan melalui mulut

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik
Metode      : Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab

F.     Media Pembelajaran
Media        : LCD, Laptop, PPT, Papan Tulis, Spidol, Gambar,
Sumber      : Irnaningtyas. 2014. Biologi Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Prawihartono, Slamet & Sri Hidayati. 2015. Konsep dan Penerapan Biologi   SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Bumi Aksara.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan (6 menit)
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·       Guru memberikan salam kepada peserta didik dengan ramah.
·   Peserta didik menjawab salam guru dengan ramah.

2 menit
·       Guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama.
·   Peserta didik melakukan doa bersama yang dipimpin oleh ketua murid (KM).
·       Guru mengabsen pesera didik
·   Peserta didik yang namanya disebut oleh guru akan menunjuk tangan.
·       Guru meminta peserta didik untuk duduk sesuai dengan kelompoknya.
·   Peserta didik duduk sesuai dengan teman sekelompoknya.
4 menit

·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·   Peserta didik mendengarkan guru.
·         Guru memberi pemahaman mengenai keselamatan kerja
·   Peserta didik memperhatikan penjelasan guru

·         Guru memotivasi akan pentingnya memahami keselamatan kerja di laboratrium
·   Peserta didik memperhatikan guru.


b.   Kegiatan Inti (19 menit)
No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi waktu
1.       
Mengamati
·      Guru menampilkan simbol-simbol keselamatan kerja yang ada di laboratorium.
·      Guru menjelaskan simbol-simbol bahaya di laboratorium.
·   Peserta didik mengamati dan mencermati simbol-simbol keselamatan kerja yang ditampilkan guru.
2 menit
2.       
Menanya
·      Guru meminta peserta didik mengajukan pertanyaan terkait apa yang telah ditunjukkan.
·   Peserta didik diprediksi bertanya “Bahan kimia apa saja yang terdapat simbol-simbol berbahaya?” “Bahaya apa yang ditimbulkan oleh zat kimia jika terkena tubuh?”
2 menit
3.       
Mencoba
·      Guru memberikan permasalahan mengenai penanganan kecelakaan kerja di laboratorium kepada masing-masing kelompok.
·      Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan dan mencari jawaban melalui internet dan studi pustaka dari buku peserta didik.
·   Peserta didik mendiskusikan  permasalahan yang diberikan oleh guru dan menelusuri informasi melalui internet dan buku yang dimiliki oleh peserta didik.
10 menit
4.       
Mengasosiasi
·      Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusinya.
·   Peserta didik menyimpulkan hasil diskusinya.
2 menit
5.       
Mengkomunikasikan
·      Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·      Guru mengamati cara penyampaian peserta didik.
·      Guru meminta peserta didik untuk menyanggah atau menambahkan pendapat temannya.
·   Salah satu peserta didik dari tiap kelompok menyampaikan dan menyimpulkan dari hasil diskusinya.
·   Peserta didik menyanggah atau menambhan pendapat temannya.
3 menit


c.    Kegiatan Penutup (5 menit)
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
Penutup
·    Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini secara bersama-sama dan meluruskan jika ada yang keliru.
·   Peserta didik bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
3 menit
·    Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok.
·   Peserta didik memperhatikan guru dan memberikan apresiasi kepada sesama temannya untuk saling menghargai.
·    Guru memberikan tugas kepada peseta didik untuk mengerjakan soal latihan.
·   Peserta didik menyimak tugas yang diberikan guru.
2 menit
·    Guru memberi salam kepada peserta didik
·   Peserta didik menjawab salam.



H.    PENILAIAN
Teknik dan Bentuk Instrumen
1.    Sikap Spiritual
Teknik Penilaian              : Nontes (Observasi, Penilaian Diri)           
Instrumen Penilaian         : Lembar Observasi
Lembar Penilaian Diri
·      Observasi
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.    Instrunen ini dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.     Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nialialah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.

C.    Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester              : ………
Tahun Pelajaran : ………
Periode Pengamatan      : tanggal … s.d. …
Butir Nilai                      : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap              :          
1.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
2.    Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
3.    Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual (1-4)
Jumlah Skor
Nilai
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1.






2.






3.






4.
Dst.





·    Penilaian Diri
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.        Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
B.        Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap diri kalian dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.        Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik          : …..…..
Kelas/Semester                  : ………
Hari/Tanggal Pengisian      : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………
Butir Nilai                          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap                  :           
1.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
2.    Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
3.    Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.
No.
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
1.
Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.




2.
Saya menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3.
Saya bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.




Jumlah Skor




Nilai




2      Sikap Sosial
Teknik Penilaian              : Non Tes (Penilaian Antarteman)  
Instrumen Penilaian         : Lembar Penilaian Antarteman
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)
A.  Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai pesertadidik lain/temannya.
B.     Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.  Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang dinilai  : …..…..
Kelas/Semester                              : ………
Hari/Tanggal Pengisian                 : ……....
Tahun Pelajaran                             : ………
Butir Nilai                                     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Indikator Sikap                         :
1.        Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.        Mengumpulkan tugas tepat waktu.
3.        Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
4.        Membantu orang yang membutuhkan.
5.        Menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.
6.        Aktif dalam kerja kelompok.
7.        Menghormati orang lain.
8.        Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.
9.        Memelihara lingkungan sekitar.
10.    Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain.
11.    Membuang sampah pada tempatnya.
Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
Jujur
Temanku menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.




Disiplin
Temanku mengumpulkan tugas tepat waktu.




Tanggung Jawab
Temanku melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.




Peduli
Temanku membantu orang yang membutuhkan.




Temanku memelihara lingkungan sekitar.




Temanku Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain.




Temanku membuang sampah pada tempatnya.




Toleransi
Temanku menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.




Gotong Royong
Temanku aktif dalam kerja kelompok.




Santun
Temanku menghormati orang lain.




Percaya Diri
Temanku berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.




Jumlah Skor




Nilai







3.      Pengetahuan
Tes Tulis                     : Menjodohkan, PG, Isian
A.      Carilah Pasangan Gambar Sesuai Keterangan
1.   
A.      Bahan kimia yang mudah meledak dengan adanya panas atau percikan bunga api, gesekan atau benturan.





2.   
B.     Mudah terbakar di bawah kondisi atmosferik biasa atau mempunyai titik nyala rendah




C.     Bahan yang bersifat beracun, dapat menyebabkan sakit serius bahkan kematian bila tertelan atau terhirup.
 


3.   



D.    Bahan yang bersifat korosif, dapat merusak jaringan hidup, dapat menyebabkan iritasi pada kulit, gatal-gatal dan dapat membuat kulit mengelupas.
4.   


E.     Bahan yang amat sangat mudah terbakar. Berupa gas dan udara yang membentuk suatu campuran yang bersifat mudah meledak di bawah kondisi normal.

5.     






Kunci Jawaban                       
1.         C                                        
2.         D                                        
3.         E                                        
4.         B                                        
5.         A                                        
B.       Pilihan Ganda (PG)
Berilah tanda (X) pada huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang paling benar!
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Memahami simbol-simbol bahaya keselamatan kerja yang ada di laboratorium.

1.      Perhatikan data berikut !
1) Hindarkan dari gesekan
2) Disimpan dekat dengan api
3) Simpan yang jauh dari api
4) Hindarkan dari badan karena dapat menimbulkan iritasi
Dari data di atas, apa perlakuan terhadap bahan kimia yang eksplosif?
  1.   1 dan 4
  2.   1, 3, dan 4
  3.   1 dan 3
  4.   1, 2, dan 4
C
2.      Bagaimana perilaku yang benar dan aman saat di laboratorium?
  1. Makan dan minum di laboratorium
  2. Tidak memakai jas laboratorium
  3. Serius dan tekun
  4. Bersikap gembira dan bercanda
C
3.      Memiliki resiko merusak kesehatan sedang jika masuk ke tubuh melalui inhalasi, melalui mulut (ingestion), atau kontak dengan kulit.
Apa simbol yang tepat dengan keterangan diatas?
  1.   
  2.   
  3.   
  4.   
A
4.      Bagaimana sifat dari simbol tersebut?
  1.   Oksidator
  2.   Beracun/toksik
  3.   Mudah terbakar
  4.   Korosif
D
Memahami tata tertib keselamatan kerja di laboratorium.

5.  Perhatikan data berikut!
1) Masker
2) Jas laboratorium
3) Sarung tangan
4) Helm
Apa yang merupakan kelengkapan kerja di laboratorium?
a.        1 dan 3
b.        1 dan 4
c.        3 dan 4
d.       2 dan 3

D

6.    Bagaimana langkah yang tepat untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA?
a.    Menyimpan alat yang mudah pecah di rak tinggi
b.    Menyimpan bahan kimia cair di rak dengan ketinggian di atas kepala
c.    Meletakan alat pemadam kebakaran di dalam almari tertutup rapat
d.   Menyediakan kotak pertolongan pertama di tempat yang aman
D
7.      Peralatan yang digunakan untuk mengambil zat kima yang mudah menguap adalah ...
a.       Sendok, masker, dan sarung tangan
b.      Masker, kaca mata, dan sarung tangan
c.       Masker, kaca mata, dan pipet tetes
d.      Masker, sarung tangan, dan pipet tetes
B
Menerapkan prinsip keselamatan kerja di laboratorium.

8.      Apa pertolongan pertama yang harus diberikan saat kulit terkena bahan kimia berbahaya?
  1. Basuh dengan air jernih yang mengalir
  2. Basuh dengan kapas basah
  3. Beri krim pelembab pencegah iritasi
  4. Bersihkan dengan alkohol
A
9.      1) Bersikap tenang
2) Panik
3) Menciptakan kondisi tenang
4) Tidak berpikir jernih
Apa hal-hal yang perlu dilakukan untuk memberi tindakan pertolongan pertama?
  1.   1 dan 2
  2.   2 dan 3
  3.   1 dan 3
  4.   2 dan 4
C
10.  Apa yang harus dilakukan bila terjadi kebakaran minor mengenai kulit?
  1. Basuh dengan kapas basah dan beri krim pelembab pencegah iritasi
  2. Basuh dengan air dan beri krim pelembab pencegah iritasi
  3. Basuh dengan kapas basah dan langsung lilit dengan kasa kering
  4. Basuh dengan air, dan langsung lilit dengan kasa kering
A

1.      Sikap Psikomotorik (Keterampilan)
            Teknik                           : Nontes
            Instrumen                      : Rubrik Portofolio
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PSIKOMOTORIK
(LEMBAR PORTOFOLIO)
a.    Petunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap psikomotorik ini berupa Lembar Portofolio.
2.    Instrunen ini dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

b.   Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda, nialialah sikap setiap peserta didik Anda dengan dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.

c.    Lembar Portofolio
LEMBAR PORTOFOLIO
Nama Peserta Didik          : …..…..
Kelas/Semester                  : ………
Hari/Tanggal Pengisian      : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………

NO.
Kriteria Penialian
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1.
Tugas dikumpulkan tepat waktu




2.
Jawaban sesuai dengan materi yang diajar




3.
Referensi yang dipakai resmi dan relevan




4.
Tidak plagiat




Jumlah




Nilai









Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 Tangerang                                                  Guru Mata Pelajaran
                                                     


Nengsih Juanengsih, M.Pd                                                                 Randhika Khairunnisa

NIP. 1234567891011                                                                         NIP. 1112016100043

No comments:

Post a Comment