RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SISTEM GERAK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMA N Jumapolo
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : XI/1
Materi Pokok             : SISTEM GERAK
Alokasi Waktu       : 1 X 30 menit
Pendekatan Sainstifik
A.  Kompetensi Inti

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknonologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara  menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin,  jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, resposif dan proaktif  dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.5 Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
4.5  Melakukan percobaan untuk membandingkan tentang struktur tulang keras dan tulang rawan menggunakan tulang ayam dan HCL serta mengaitkan dengan fungsi kalsium pada proses penulangan.
C. Indikator
3.5.1         Menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia.
3.5.2         Mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia.
                
D. Tujuan Pembelajaran :
1.      Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia melalui studi literatur.
2.      Peserta didik diharapkan mampu mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia dalam diskusi kelompok dan mempresentasikan didepan kelas.

E. Materi Pembelajaran  
Kerangka tubuh manusia tersusun atas 206 tulang yang saling berhubungan. Hubungan antar tulang disebut sendi. Tulang - tulang pada manusia membentuk rangka dalam. Berdasarkan zat penyusunnya, tulang dibedakan menjadi tulang keras dan tulang rawan. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Berdasarkan letaknya, rangka dapat dibedakan menjadi 3 bagian utama, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.
Bagian-Bagian Kerangka Tubuh Manusia
Secara garis besar kerangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.
a.      Rangka Kepala (Tengkorak)
Tulang tengkorak berbentuk bulat, sebagian besar tersusun atas tulang-tulang yang pipih. Antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya bersambungan sangat kuat. Fungsi dari tulang kepala (tengkorak) adalah melindungi otak yang merupakan organ tubuh yang sangat penting. Tulang-tulang pada bayi yang baru dilahirkan akan terasa lunak dan belum berkaitan erat dan rapat. Namun seiring berjalannya waktu, tulang-tulang tengkorak mengalami pertumbuhan dan bertambah besar, menyatu dan tidak dapat digerakkan. Tulang tengkorak dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu tulang bagian kepala dan bagian muka.
1)      Tulang Bagian Kepala
Bagian-bagian tulang bagian kepala adalah :
a. Tulang Dahi
b. Tulang Ubun-ubun
c. Tulang Kepala Belakang
d. Tulang Bajie. Tulang Tapis
f. Tulang Pelipis
2)  Tulang Bagian Muka
Bagian-bagian tulang bagian muka adalah :
a. Tulang Rahang Atas
b. Tulang Rahang Bawah
c. Tulang Pipi
d. Tulang Langit-langit
e. Tulang Hidung
f. Tulang Air Mata
g. Tulang Lidah
Sebagian besar tulang tulang tengkorak tidak dapat digerakkan. Pada tulang muka, hanya tulang rahang bawah yang dapat digerakkan terhadap tulang rahang atas. Tulang kepala juga berfungsi sebagai pembentuk wajah.
b.      Rangka Badan
Rangka badan terdiri dari tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu, serta tulang gelang panggul. Tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk membentuk rongga dada yang melindungi paru-paru.
1)       Tulang Belakang
Tulang belakang terdiri dari 33 ruas, yaitu:
a. 7 ruas tulang leher
b. 12 ruas tulang punggung
c. 5 ruas tulang pinggang
d. 5 ruas tulang kelangkang (sakrum)
e. 4 ruas tulang ekor
2)   Tulang Dada
Tulang dada mempunyai bagian, diantaranya :
a. Hulu
b. Badan
c. Taju Pedang
3)   Tulang Rusuk
Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang, yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. 7 pasang tulang rusuk sejati. Tulang rusuk ini bagian depan melekat pada badan tulang dada dan bagian belakang melekat pad tulang punggung.
b. 3 pasang tulang rusuk palsu. Tulang rusuk ini nagian depan melekat pada tulang rusuk diatasnya dan bagian belakang melekat pada tulang punggung.
c. 2 pasang tulang rusuk melayang. Tulang rusuk ini bagian belakang melekat pada tulang punggung dan bagian depan tidak melekat pada tulang yang lain.
4)
   Gelang Bahu
Gelang bahu terdiri atas 2 buah tulang belikat dan 2 buah tulang selangka.
5)  Gelang Panggul
Gelang panggul terdiri atas 2 tulang usus, 2 tulang kemaluan, dan 2 tulang duduk yang bergabung menjadi satu. Gelang panggul berfungsi untuk melindungi alat pencernaan makanan dan alat kelamin.
c.       Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang tapak tangan, dan tulang jari tangan. Tungkai terdiri atas tulang paha, tempurung lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang tapak kaki, dan tulang jari kaki.
Rangka tubuh manusia memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut :
1. Untuk menegakkan tubuh, misalnya ruas tulang belakang2. Untuk memberi bentuk tubuh, misalnya tulang-tulang tengkorak memberi bentuk wajah
3. Untuk melindungi alat-alat tubuh yang penting dan lunak, misalnya : kepala
4.  Rangka kepala (tengkorak), melindungi otak dan bola mata
5.  Ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan
6. Rangka dada melindungi alat pernapasan (paru-paru), alat pemompa darah (jantung), dan sebagian alat pencernaan makanan
7.  Tulang pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi (kelamin) bagian dalam
8.  Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang
9.   Sebagai tempat melekatnya otot
10. Sebagai alat gerak pasif

F.   Metode Pembelajaran
·         Sainstifik

G. Media
·         Media
1.      LKS
2.      Power Point
·         Alat/Bahan
1.      LCD
2.      Alat Tulis
3.      Gambar

H.  Sumber Belajar
1.      Lestari, Sri Endang dkk, 2009, Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.      Prawirohartono, Slamet dkk, 2007, Sains Biologi 2 SMA/MA, Bumi Aksara
3.      Irnaningtyas, 2013, Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga



I.     Langkah - Langkah Pembelajaran
Tahapan (Penekatan Sainstifik)
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN
1.   Guru memberi salam kemudian berdo’a dan mengabsen peserta didik.
2.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
3.   Apersepsi, guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.

1.    Peserta didik menjawab salam, berdo’a dan mendengarkan absen.
2.    Peserta didik mendengarkan dan memahami tujuan dari pembelajaran.
3.    Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru.
3 Menit
KEGIATAN INTI
Mengamati
Guru memberikan suatu  gambar dalam slide dan menanyakan bagian-bagian yang berkaitan dengan rangka tubuh manusia.
Peserta didik mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dari guru.
3 Menit
Menanya
Guru memberikan stimulus kepada peserta didik dan menjawab pertanyaan peserta didik.
Peserta didik diharapkan bertanya.
2 Menit
Mencoba
1.   Guru membagi 3 kelompok diskusi.
2.   Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
3.   Setiap kelompok mengamati rangka pada manusia beserta fungsinya.
4.   Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam berdiskusi.
1.    Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari tulang menggunakan LKS yang sudah diberikan oleh guru.
2.    Dari beberapa tulang yang sudah disebutkan, peserta didik diminta untuk mengelompokkan tulang tersebut kedalam jenis-jenisnya dan mencari fungsi dari tulang-tulang tersebut.
8 Menit
Menalar
Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari informasi dan mengaitkan informasi yang mereka dapat dengan apa yang sudah ada sebelumnya.
3 Menit
Mengkomunikasikan
Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengkomunikasikan hasil diskusi mereka.
Perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengemukakan hasil diskusi mereka kepada kelompok lain.
5 Menit
KEGIATAN PENUTUP
1.  Guru menjelaskan atau mereview kembali kepada peserta didik apa yang sudah dijelaskan.
2.  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan apa yang sudah mereka pelajari.
3.  Guru memberikan evaluasi kepada peserta
4.  Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam
1.  Peserta didik mendengarkan dan membenarkan pengetahuan mereka jika ada yang kurang benar.
2.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang sistem gerak.
3.  Peserta didik menjawab soal yang diberikan oleh guru.
4.  Peserta didik menjawab salam.
6 Menit

J.    Penilaian
a.       Jenis / Teknik Penilaian
·         Lembar penilaian antar teman
·         Tes tertulis (PG)
b.      Instrumen Penilaian
·         Instrumen penilain diskusi
·         Instrumen tes menggunakan tes tertulis pilihan ganda
·         Instrumen skala penilaian











Lampiran 1
PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik : ….………………..…………..
Tanggal : …………………………….
Jumlah Siswa : …………..…… orang.
                       
No
Nama siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah score
Nilai


1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4

































Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.      Tidak sesuai masalah
2.      Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.      Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.      Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1.      Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.      Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Lampiran 2
Penilaian Kognitif
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
NO
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
3.5.1  Menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia.
                

Manakah pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan tulang penyusun rangka pada tubuh manusia….
a.        Tulang penyusun rangka pada tubuh manusia adalah eksoskeleton
b.      Tulang penyusun rangka pada tubuh manusia adalah endoskeleton
c.       Tulang penyusun rangka berfungsi sebagai alat gerak aktif
d.     Tulang janin berjumlah lebih sedikit daripada orang dewasa
B
20
2
3.5.1  Menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia.

Tulang yang termasuk tulang aksial yaitu….
a.    Gelang panggul
b.    Gelang bahu
c.    Tulang telinga dalam
d.   Tangan
C
20
3
3.5.2 Mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia.
Tulang belakang memiliki fungsi sebagai berikut….
a.    Tempat melekatnya tulang rusuk
b.    Melindungi organ dalam tubuh
c.    Menentukan sikap tubuh
d.   Sebagai alat gerak aktif
D
20
4
3.5.2 Mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia.
Fungsi rangka adalah…..
a.  Sebagai penegak dan pemberi bentuk tubuh
b.    Sebagai tempat melekatnya otot jantung
c.    Sebagai pelindung organ yang keras
d.   Sebagai alat gerak aktif
A
20
5
3.5.1  Menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia.

Tulang-tulang tengkorak manusia terdiri atas tulang-tulang berikut, kecuali….
a.    Tulang belikat
b.    Tulang dahi
c.    Tulang rahang
d.   Tulang pipi
A
20

Penskoran :
Nilai =    Jumlah skor x 2









Lampiran 3
PENILAIAN ANTAR  TEMAN


ASPEK
JUMLAH SCORE
NILAI
NO
NAMA
1
2
3
4
5
6
7
























Keterangan Aspek :
  1. Keaktifan
  2. Kesediaan menerima pendapat
  3. Tanggungjawab dalam tugas
  4. Inisiatif dalam mengambil keputusan
  5. Kepedulian terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
  6. Kepedulian dalam  memberi kesempatan yang dialami sesama teman
  7. Kemampuan mendorong aktivitas kerja kelompok
*) Ketentuan:
1 :  jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
2 : jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
3 : jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
4  :   jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
5 : jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator


LEMBAR KERJA SISWA
A.    Judul
Mengamati sistem rangka pada tubuh manusia
B.     Kompetensi Dasar
3.5   Mendeskripsikan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
C.    Tujuan
1.      Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia melalui studi literatur.
2.      Peserta didik diharapkan mampu mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia dalam diskusi kelompok dan mempresentasikan didepan kelas.
D.    Landasan Teori
Kerangka tubuh manusia terletak di dalam tubuh ditutupi oleh kulit dan daging sehingga disebut rangka dalam. Rangka berfungsi untuk menunjang tubuh dan memberi bentuk tubuh, sebagai tempat melekatnya otot-otot rangka. Rangka juga berfungsi sebagai alat gerak pasif dan pelindung bagian tubuh yang lunak. Rongga tulang pada rangka manusi yang bersumsum merah merupakan pusat penghasil sel-sel darah.
Rangka manusia terdiri dari 206 ruas tulang yang mempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi. Tulang-tulang penyusun rangka dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang pembentuk tubuh dan tulang anggota gerak.
Anggota gerak dikelompokkan menjadi anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Tulanga nggota gerak atas terdiri dari lengan, tulang hasta, tulang pengumpil,, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang jari tangan. Tulang anggota gerak bawah terdiri dari tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang jari kaki.
Susunan dan bentuk tulang anggota gerak atas sesuai dengan fungsi lengan, misalnya untuk mengangkat, melempar, memukul, memegang, menggenggam, memungut, dan menjemput. Tulang anggota gerak bawah memiliki bentuk dan susunan tulang anggota gerak bawah lebih disesuaikan untuk berjalan, berlari, dan menahan beban tubuh.
Tulang merupakan salah satu komponen yang menunjang terjadinya suatu pergerakan tubuh manusia. Tulang-tulang di dalam tubuh manusia membangun rangka (sekeleton). Rangka manusia merupakan alat gerak pasif yang akan digerakkan oleh otot.
E.     Alat dan Bahan
e.         Carta berisi gambar rangka tubuh manusia
f.         Alat tulis
g.        Buku sumber bacaan
F.     Langkah Kerja
a.       Amatilah carta yang berisi rangka dengan seksama
b.      Amati macam-macam bentuk dan nama tulang
c.       Isilah hasil pengamatan dalam tabel
d.      Bandingkan hasil pengamatanmu dengan buku sumber

No
Kelompok Tulang
Nama Tulang
1.

1.
2.
3.
4.
5.
2.

1.
2.
3.
4.
5.
3.

1.
2.
3.
4.
5.



Pertanyaan
1.      Apakah fungsi rangka manusia?
Jawab:…………………………………….………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Berdasarkan pengamatan, sebutkan macam tulang yang menyusun rangka manusia!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G.    Kesimpulan
Dari hasil kegiatan tersebut buatlah kesimpulan berkaitan dengan organ penyusun sistem gerak, mengenai tulang penyusun kerangka tubuh manusia.

H.    Daftar Pustaka
Lestari, Sri Endang dkk, 2009, Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas XI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Irnaningtyas, 2013, Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga

No comments:

Post a Comment