RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA N Jumapolo
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : SISTEM GERAK
Alokasi Waktu :
1 X 30 menit
Pendekatan Sainstifik
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknonologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; disiplin, jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) secara gotong royong, kerjasama, resposif dan
proaktif dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
3.5 Mendeskripsikan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi
pada sistem gerak pada manusia.
4.5
Melakukan percobaan untuk membandingkan tentang struktur tulang keras
dan tulang rawan menggunakan tulang ayam dan HCL serta mengaitkan dengan fungsi
kalsium pada proses penulangan.
C. Indikator
3.5.1 Menjelaskan struktur rangka tubuh pada
manusia.
3.5.2 Mengaitkan struktur dan fungsi rangka
tubuh pada manusia.
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia melalui
studi literatur.
2. Peserta
didik diharapkan mampu mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia
dalam diskusi kelompok dan mempresentasikan didepan kelas.
E. Materi Pembelajaran
Kerangka tubuh manusia tersusun atas
206 tulang yang saling berhubungan. Hubungan antar tulang disebut sendi. Tulang - tulang
pada manusia membentuk rangka dalam. Berdasarkan zat penyusunnya, tulang
dibedakan menjadi tulang keras dan tulang rawan. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan
menjadi tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Berdasarkan letaknya,
rangka dapat dibedakan menjadi 3 bagian utama, yaitu rangka kepala (tengkorak),
rangka badan, dan rangka anggota gerak.
Bagian-Bagian Kerangka Tubuh
Manusia
Secara garis besar
kerangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu rangka kepala
(tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak.
a. Rangka Kepala (Tengkorak)
Tulang tengkorak berbentuk bulat,
sebagian besar tersusun atas tulang-tulang yang pipih. Antara tulang yang satu
dengan tulang yang lainnya bersambungan sangat kuat. Fungsi dari tulang kepala
(tengkorak) adalah melindungi otak yang merupakan organ tubuh yang sangat penting.
Tulang-tulang pada bayi yang baru dilahirkan akan terasa lunak dan belum
berkaitan erat dan rapat. Namun seiring berjalannya waktu, tulang-tulang
tengkorak mengalami pertumbuhan dan bertambah besar, menyatu dan tidak dapat
digerakkan. Tulang tengkorak dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu tulang
bagian kepala dan bagian muka.
1)
Tulang Bagian
Kepala
Bagian-bagian tulang bagian kepala
adalah :
a. Tulang Dahi
b. Tulang Ubun-ubun
c. Tulang Kepala Belakang
d. Tulang Bajie. Tulang Tapis
f. Tulang Pelipis
2)
Tulang Bagian Muka
Bagian-bagian tulang bagian muka adalah
:
a. Tulang Rahang Atas
b. Tulang Rahang Bawah
c. Tulang Pipi
d. Tulang Langit-langit
e. Tulang Hidung
f. Tulang Air Mata
g. Tulang Lidah
Sebagian besar tulang tulang tengkorak
tidak dapat digerakkan. Pada tulang muka, hanya tulang rahang bawah yang dapat digerakkan
terhadap tulang rahang
atas. Tulang
kepala juga berfungsi sebagai pembentuk wajah.
b. Rangka Badan
Rangka badan terdiri dari tulang
belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu, serta tulang gelang
panggul. Tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk membentuk rongga dada yang
melindungi paru-paru.
1)
Tulang Belakang
Tulang belakang terdiri dari 33 ruas,
yaitu:
a. 7 ruas tulang leher
b. 12 ruas tulang punggung
c. 5 ruas tulang pinggang
d. 5 ruas tulang kelangkang
(sakrum)
e. 4 ruas tulang ekor
2) Tulang Dada
Tulang dada mempunyai bagian,
diantaranya :
a. Hulu
b. Badan
c. Taju Pedang
3) Tulang Rusuk
Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang,
yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:
a. 7 pasang tulang rusuk sejati. Tulang
rusuk ini bagian depan melekat pada badan tulang dada dan bagian belakang
melekat pad tulang punggung.
b. 3 pasang tulang rusuk palsu. Tulang
rusuk ini nagian depan melekat pada tulang rusuk diatasnya dan bagian belakang
melekat pada tulang punggung.
c. 2 pasang tulang rusuk melayang.
Tulang rusuk ini bagian belakang melekat pada tulang punggung dan bagian depan
tidak melekat pada tulang yang lain.
4) Gelang Bahu
4) Gelang Bahu
Gelang bahu terdiri atas 2 buah tulang
belikat dan 2 buah tulang selangka.
5) Gelang Panggul
Gelang panggul terdiri atas 2 tulang
usus, 2 tulang kemaluan, dan 2 tulang duduk yang bergabung menjadi satu. Gelang
panggul berfungsi
untuk melindungi alat pencernaan makanan dan alat kelamin.
c. Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas
tulang lengan dan tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang lengan atas,
tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang tapak
tangan, dan tulang jari tangan. Tungkai terdiri atas tulang paha, tempurung lutut, tulang
betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang tapak kaki, dan
tulang jari kaki.
Rangka tubuh
manusia memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut :
1. Untuk
menegakkan tubuh, misalnya ruas tulang belakang2. Untuk memberi bentuk tubuh, misalnya
tulang-tulang tengkorak memberi bentuk wajah
3. Untuk
melindungi alat-alat tubuh yang penting dan lunak, misalnya : kepala
4. Rangka kepala (tengkorak), melindungi
otak dan bola mata
5. Ruas tulang leher melindungi
tenggorokan dan kerongkongan
6. Rangka dada
melindungi alat pernapasan (paru-paru), alat pemompa darah (jantung), dan sebagian alat
pencernaan makanan
7. Tulang pinggul melindungi alat
pencernaan dan alat reproduksi (kelamin) bagian dalam
8. Tulang belakang melindungi sumsum
tulang belakang
9. Sebagai tempat melekatnya otot
10. Sebagai
alat gerak pasif
F. Metode Pembelajaran
·
Sainstifik
G. Media
·
Media
1.
LKS
2.
Power Point
·
Alat/Bahan
1.
LCD
2.
Alat Tulis
3.
Gambar
H. Sumber Belajar
1.
Lestari, Sri Endang dkk, 2009, Biologi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas XI, Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.
Prawirohartono, Slamet dkk, 2007, Sains Biologi 2 SMA/MA, Bumi Aksara
3.
Irnaningtyas, 2013, Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga
I. Langkah - Langkah Pembelajaran
Tahapan (Penekatan Sainstifik)
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
1. Guru memberi salam kemudian berdo’a dan mengabsen peserta didik.
2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Apersepsi, guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.
|
1. Peserta didik menjawab salam, berdo’a dan mendengarkan absen.
2. Peserta didik mendengarkan dan memahami tujuan dari pembelajaran.
3. Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru.
|
3 Menit
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
|
Guru
memberikan suatu gambar dalam slide
dan menanyakan bagian-bagian yang berkaitan dengan rangka tubuh manusia.
|
Peserta
didik mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dari guru.
|
3 Menit
|
Menanya
|
Guru memberikan
stimulus kepada peserta didik dan menjawab pertanyaan peserta didik.
|
Peserta
didik diharapkan bertanya.
|
2 Menit
|
Mencoba
|
1. Guru membagi 3 kelompok diskusi.
2. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
3. Setiap kelompok mengamati rangka pada manusia beserta fungsinya.
4. Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam berdiskusi.
|
1. Setiap kelompok diminta untuk berdiskusi menyebutkan dan menuliskan
bagian-bagian dari tulang menggunakan LKS yang sudah diberikan oleh guru.
2. Dari beberapa tulang yang sudah disebutkan, peserta didik diminta untuk
mengelompokkan tulang tersebut kedalam jenis-jenisnya dan mencari fungsi dari
tulang-tulang tersebut.
|
8 Menit
|
Menalar
|
Guru membimbing
dan mengarahkan peserta didik.
|
Peserta didik diberi kesempatan
untuk mencari informasi dan mengaitkan informasi yang mereka dapat dengan apa
yang sudah ada sebelumnya.
|
3 Menit
|
Mengkomunikasikan
|
Guru
meminta perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengkomunikasikan
hasil diskusi mereka.
|
Perwakilan setiap kelompok untuk
maju kedepan dan mengemukakan hasil diskusi mereka kepada kelompok lain.
|
5 Menit
|
KEGIATAN PENUTUP
|
1. Guru menjelaskan atau mereview kembali kepada peserta didik apa yang
sudah dijelaskan.
2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan apa
yang sudah mereka pelajari.
3. Guru memberikan evaluasi kepada peserta
4. Guru menutup pelajaran dengan mengucap salam
|
1. Peserta didik mendengarkan dan membenarkan pengetahuan mereka jika ada
yang kurang benar.
2. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang sistem gerak.
3. Peserta didik menjawab soal yang diberikan oleh guru.
4. Peserta didik menjawab salam.
|
6 Menit
|
J. Penilaian
a.
Jenis / Teknik Penilaian
·
Lembar penilaian antar teman
·
Tes tertulis (PG)
b.
Instrumen Penilaian
·
Instrumen penilain diskusi
·
Instrumen tes menggunakan tes
tertulis pilihan ganda
·
Instrumen skala penilaian
Lampiran 1
PENILAIAN DISKUSI
Hasil
Penilaian Diskusi
Topik
: ….………………..…………..
Tanggal
: …………………………….
Jumlah
Siswa : …………..…… orang.
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
:
Menyampaikan
pendapat
1. Tidak
sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai
dengan masalah dan benar
Menanggapi
pendapat
1. Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak
sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi
Mempertahankan
pendapat
1. Tidak
dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Lampiran 2
Penilaian
Kognitif
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat!
NO
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
3.5.1 Menjelaskan struktur
rangka tubuh pada manusia.
|
Manakah
pernyataan yang paling tepat berkaitan dengan tulang penyusun rangka pada
tubuh manusia….
a.
Tulang penyusun rangka pada tubuh manusia
adalah eksoskeleton
b.
Tulang penyusun rangka pada tubuh
manusia adalah endoskeleton
c.
Tulang penyusun rangka berfungsi
sebagai alat gerak aktif
d.
Tulang janin berjumlah lebih
sedikit daripada orang dewasa
|
B
|
20
|
2
|
3.5.1 Menjelaskan
struktur rangka tubuh pada manusia.
|
Tulang yang termasuk tulang aksial
yaitu….
a.
Gelang panggul
b.
Gelang bahu
c.
Tulang telinga dalam
d.
Tangan
|
C
|
20
|
3
|
3.5.2 Mengaitkan
struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia.
|
Tulang belakang memiliki fungsi
sebagai berikut….
a.
Tempat melekatnya tulang rusuk
b.
Melindungi organ dalam tubuh
c.
Menentukan sikap tubuh
d.
Sebagai alat gerak aktif
|
D
|
20
|
4
|
3.5.2 Mengaitkan
struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia.
|
Fungsi rangka adalah…..
a. Sebagai penegak dan pemberi bentuk tubuh
b.
Sebagai tempat melekatnya otot
jantung
c.
Sebagai pelindung organ yang keras
d.
Sebagai alat gerak aktif
|
A
|
20
|
5
|
3.5.1 Menjelaskan
struktur rangka tubuh pada manusia.
|
Tulang-tulang tengkorak manusia terdiri atas
tulang-tulang berikut, kecuali….
a.
Tulang belikat
b.
Tulang dahi
c.
Tulang rahang
d.
Tulang pipi
|
A
|
20
|
Penskoran
:
Nilai =
Jumlah skor x 2
Lampiran
3
PENILAIAN
ANTAR TEMAN
|
|
ASPEK
|
JUMLAH
SCORE
|
NILAI
|
||||||
NO
|
NAMA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek :
- Keaktifan
- Kesediaan
menerima pendapat
- Tanggungjawab
dalam tugas
- Inisiatif
dalam mengambil keputusan
- Kepedulian
terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
- Kepedulian dalam
memberi kesempatan yang dialami sesama teman
- Kemampuan
mendorong aktivitas kerja kelompok
*)
Ketentuan:
1 : jika peserta didik sangat kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
2 : jika peserta didik
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
3 : jika peserta didik mulai
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
4 : jika peserta didik konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
5 : jika peserta
didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Judul
Mengamati
sistem rangka pada tubuh manusia
B.
Kompetensi
Dasar
3.5 Mendeskripsikan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan atau penyakit
yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.
C.
Tujuan
1. Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan struktur rangka tubuh pada manusia melalui
studi literatur.
2. Peserta
didik diharapkan mampu mengaitkan struktur dan fungsi rangka tubuh pada manusia
dalam diskusi kelompok dan mempresentasikan didepan kelas.
D.
Landasan
Teori
Kerangka tubuh manusia terletak di dalam tubuh
ditutupi oleh kulit dan daging sehingga disebut rangka dalam. Rangka berfungsi
untuk menunjang tubuh dan memberi bentuk tubuh, sebagai tempat melekatnya
otot-otot rangka. Rangka juga berfungsi sebagai alat gerak pasif dan pelindung
bagian tubuh yang lunak. Rongga tulang pada rangka manusi yang bersumsum merah
merupakan pusat penghasil sel-sel darah.
Rangka manusia terdiri dari 206 ruas tulang yang
mempunyai ukuran dan bentuk yang bervariasi. Tulang-tulang penyusun rangka
dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang pembentuk tubuh dan tulang
anggota gerak.
Anggota gerak dikelompokkan menjadi anggota gerak atas
dan anggota gerak bawah. Tulanga nggota gerak atas terdiri dari lengan, tulang
hasta, tulang pengumpil,, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan
tulang jari tangan. Tulang anggota gerak bawah terdiri dari tulang paha, tulang
kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang
jari kaki.
Susunan dan bentuk tulang anggota gerak atas sesuai
dengan fungsi lengan, misalnya untuk mengangkat, melempar, memukul, memegang,
menggenggam, memungut, dan menjemput. Tulang anggota gerak bawah memiliki
bentuk dan susunan tulang anggota gerak bawah lebih disesuaikan untuk berjalan,
berlari, dan menahan beban tubuh.
Tulang merupakan salah satu komponen yang menunjang
terjadinya suatu pergerakan tubuh manusia. Tulang-tulang di dalam tubuh manusia
membangun rangka (sekeleton). Rangka manusia merupakan alat gerak pasif yang
akan digerakkan oleh otot.
E.
Alat
dan Bahan
e.
Carta berisi
gambar rangka tubuh manusia
f.
Alat tulis
g.
Buku sumber bacaan
F.
Langkah
Kerja
a. Amatilah
carta yang berisi rangka dengan seksama
b. Amati
macam-macam bentuk dan nama tulang
c. Isilah
hasil pengamatan dalam tabel
d. Bandingkan
hasil pengamatanmu dengan buku sumber
No
|
Kelompok
Tulang
|
Nama
Tulang
|
1.
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
2.
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
3.
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Pertanyaan
1. Apakah
fungsi rangka manusia?
Jawab:…………………………………….…………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Berdasarkan
pengamatan, sebutkan macam tulang yang menyusun rangka manusia!
Jawab:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
G.
Kesimpulan
Dari
hasil kegiatan tersebut buatlah kesimpulan berkaitan dengan organ penyusun
sistem gerak, mengenai tulang penyusun kerangka tubuh manusia.
H.
Daftar
Pustaka
Lestari, Sri Endang dkk, 2009, Biologi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas XI, Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Irnaningtyas, 2013, Biologi Untuk SMA/MA kelas XI, Erlangga
No comments:
Post a Comment