(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 2 Jumapolo
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : FOTOSINTESIS
Alokasi
Waktu : 1 X 30 menit
Pendekatan
Sainstifik
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyajii
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang atau teori.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Menghayati dan mengamalkan
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ, dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta
memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun,
hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
3.6 Mengenal
konsep energi, berbagai sumber energi, energi makanan, transformasi energi
dalam sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.8 Melakukan
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
C. Indikator
3.6.1 Menunjukkan
bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
3.6.2 Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
3.6.3 Menjelaskan
reaksi pada fotosintesis
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik
diharapkan mampu menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
melalui studi literatur.
2. Peserta didik
diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya
fotosintesis dlam diskusi kelompok.
3. Peserta didik
diharapkan mampu menjelaskan reaksi fotosintesis melalui studi literatur.
E. Materi Pembelajaran
Fotosintesis
Fotosintesis
adalah proses pembentukan zak makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan
zat hara, air dan karbondioksia dengan bantuan sinar matahari.
Fotosintesis sangat penting
bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga
menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses
fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan, proses fotosintesis ini tidak
berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen
fotosintetik. Disamping itu, proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh
kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya
perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen
fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap
enargi matahari.
Kloroplas adalah zat hijau yang
terdapat pada semua tumbuhan yang berwarna hijau. Di salam kloroplas terdapat
klorofil. Pigmen fotosintesis ini terdapat pada membran tilakoid. Pengubahan
energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk
akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma. Klorofol sendiri sebenarnya
hanya merupakan sebagian oerangkat darlam fotosintesis yang dikenal sebegai
fotosistem. Fotosistem adalah uit dari tumbuhan yang menangkap energi matahari
(klorofil).
Fungsi fotosintesis:
1.
Fungsi
utama fotosintesis adalah untuk memproduksi glukosa sebagai sumber energi utama
bagi tumbuhan, dengan adanya glukosa ini akan terbentuk sumber energi lemak dan
protein pula. Nah zat-zat ini akan menjadi sumber makanan bagi manusia dan
hewan, oleh karena itu proses fotosintesis ini sangat penting dalam kehidupan
kita.
2.
Proses
Fotosintesis dapat membersihkan udara. Udara dibersihkan dengan diserapnya
karbondioksida dan dihasilkannya oksigen. Sehingga sering kita dengar penanaman
pohon untuk membersihkan lingkungan, karena ada proses fotosintesis inilah
pohon bisa berguna untuk membersihkan udara kita.
3.
Kemampuan
fotosintesis tumbuhan pada masa hidupnya akan membuat sisa sisa tumbuhan
tersebut tertimbun di dalam tanah. Timbunan dari tumbuhan dalam waktu yang lama
akan membuatnya menjadi batu bara yang merupakan bahan baku dan sumber energi
pada kehidupan modern.
Berdasarkan bagan tersebut maka
secara singkat proses fotosintesis dapat dijelaskan sebagai berikut :
Dalam
proses fotosintesis ada 4 bahan yang harus dimiliki, yaitu :
·
Karbondikoksida
(CO2)
·
Air
·
Cahaya
Matahari
·
Klorofil
Karbondikosida
akan diambil oleh Stomata (mulut daun) pada daun tumbuhan dari udara bebas,
kemudian air diambil melalui akar tumbuhan dan diangkut komponen pengangkut
pada tumbuhan, kemudian Cahaya matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh
klorofil (zat hijau daun). Semua proses ini akan berlangsung membentuk suatu
reaksi dan menghasilkan Oksigen serta Glukosa. Setelah terdapat glukosa pada
tumbuhan, nutrisi akan diubah menjadi lemak, protein, dan nutrisi lainnya.
Proses fotosintesis yang terjadi di
Kloroplas terdiri atas 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
1. Reaksi Terang
Dikatakan reaksi terang karena dalam prosesnya reaksi ini
membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada
kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi terang, klorofil akan
menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari cahaya matahari akan
digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen.
Reaksi ini disebut sebagai fotolisis, dan dapat digambarkan dengan reaksi
berikut.
2. Reaksi Gelap
Sesuai dengan namanya reaksi gelap merupakan reaksi yang
tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi gelap merupakan
pengubahan Karbondioksida (CO2) menjadi glukosa. Reaksi gelap ini terjadi pada
bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya akan terjadi sesudah terjadinya
reaksi terang, dan proses reaksi gelap sangat kompleks, karena pengubahan
Karbondioksida (CO2)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FOTOSINTESIS:
1.
Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari tumbuhan itu
sendiri. Artinya, setiap tumbuhan yang berbeda jenis, walaupun hidup dalam
keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula reaksi fotosintesisnya, dapat
kita katakan faktor internal merupakan faktor hereditas (keturunan). Pada
beberapa jenis tumbuhan, ada yang tidak bisa membentuk klorofil (albino)
sehingga akan sangat berpengaruh terhadap raksi fotosintesisnya.
2. Faktor Eksternal
a. Kandungan Air dan Mineral dalam tanah
Seperti yang telah kami jelaskan tadi sahabat, air merupakan
salah satu bahan baku yang digunakan untuk reaksi fotosintesis jadi semakin
banyak air dalam tanah semakin bagus reaksi tersebut. Karena Fotosintesis
sangat bergantung dari penyerapan air oleh akar tumbuhan tersebut.
b. Temperatur
Fotosintesis merupakan reaksi yang tergantung kepada enzim,
sedangkan kerja enzim ini dipengaruhi oleh suhu. Enzim tidak bisa bekerja pada
suhu kurang dari 5 derajat Celcius dan diatar 50 derajat celcius, jika suhu
tidak sesuai maka fotosintesis tidak akan terjadi. Suhu terbaik untuk proses
fotosintesis adalah diantara 28 – 30 derajat celcius.
c. Kandungan CO2 di udara
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen, semakin banyak
CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.
d. Kandungan O2
Rendahnya kandungan O2 di udara dan di dalam tanah akan
menghambat respirasi tumbuhan. Remdajmua respirasi ini juga akan menghambat
pembentukan energi oleh tumbuhan tersebut.
F. Metode
Pembelajaran
·
Sainstifik
G. Media
·
Media
1.
Power point
2.
LKS
·
Alat dan Bahan
1.
LCD
2.
Alat Tulis
3.
Gambar
4.
Video
H. Sumber
Belajar
1. Fried, George H, dkk. 2006. BIOLOGI. Jakarta : Erlangga.
2. Karnoto
K. Bambang dan Rusdi, 2008, Seribu Pena
Biologi untuk SMP/MTs Kelas VIII,
Erlangga
3. Karmana, Oman. 2006.
Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama
I. Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan (Pendekatan Sainstifik)
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
1. Guru memberi salam kemudian berdo’a dan mengabsen
peserta didik.
2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Apersepsi guru merangkai kerangka berfikir peserta
didik dengan mengaitkan materi struktur daun yang sudah diterangkan dengan
materi sekarang, dan guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.
|
1. Peserta didik menjawab salam, berdo’a dan mendengarkan
absen.
2. Peserta didik mendengarkan dan memahami tujuan dari
pembelajaran.
3. Peserta didik mendengarkan dan menjawab pertanyaan
dari guru.
|
3 Menit
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
|
Guru
menampilkan slide yang berisi gambar proses fotosintesis, dan menjelaskan
sedikit tentang terjadinya fotosintesis.
|
Peserta
didik mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan seksama.
|
3 Menit
|
Menanya
|
Guru
memberikan stimulus kepada peserta didik dan menjawab pertanyaan peserta
didik.
|
Peserta
didik diharapkan untuk bertanya.
|
2 Menit
|
Mencoba
|
1. Guru membagi menjadi 3 kelompok diskusi.
2. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
3. Setiap kelompok mengamati gambar yang ada di LKS,
kemudian diminta untuk menjelaskan proses terjadinya fotosintesis dan tempat
berlangsungnya, serta menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
4. Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam
berdiskusi.
|
1. Setiap kelompok berdiskusi untuk menjelaskan proses fotosintesis
dan tempat terjadinya serta menjelaskan faktor yang mempengaruhi terjadinya
fotosintesis menggunakan LKS yang sudah dibagikan oleh guru.
|
8 Menit
|
Menalar
|
Guru
membimbing dan mengarahkan peserta didik.
|
Peserta
didik diberi kesempatan untuk mencari informasi dan mengaitkan informasi yang
sudah mereka dapatkan dengan apa yang sudah ada sebelumnya.
|
3 Menit
|
Mengkomunikasikan
|
Guru
meminta perwakilan untuk setiap kelompok untuk maju kedepan dan
mengkomunikasikan hasil diskusi mereka dengan dengan teman-teman dari
kelompok lain.
|
Perwakilan
setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengemukakan hasil diskusi mereka
kepada kelompok lain.
|
5 Menit
|
KEGIATAN PENUTUP
|
1. Guru menjelaskan kembali atau mereview kembali
kepada peserta didik apa yang telah dijelaskan.
2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk menyimpulkan apa yang sudah mereka pelajari.
3. Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik.
4. Guru menutup pelajaran dengan mungucap salam.
|
1. Peserta didik mendengarkan dan membenarkan
pengetahuan mereka jika ada yang kurang benar.
2. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajran
tentang fotosintesis.
3. Peserta didik menjawab soal yang diberikan oleg
guru.
4. Peserta didik menjawab salam.
|
6 Menit
|
J.
Penilaian
a.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Lembar pengamatan
sikap
·
Lembar penilaian
antar teman
·
Tes tertulis
(Essay)
b. Instrumen Penilaian
· Instrumen
pengamatan sikap
· Instrumen
penilaian diskusi
· Instrumen
penilain tes menggunakan tes tertulis
· Instrumen
skala penilaian
Lampiran
1
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP DISIPLIN
Nama
peserta didik :
……………………………………………………………………….
Kelas :
………………………………………………………………………..
Materi
pokok :
………………………………………………………………………..
Tanggal :
…………………………………………………………..........
Petunjuk
Lembar
ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki
sebagai berikut :
Ya
: apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai kenyataan.
Tidak
: apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai.
Nama
peserta didik : ……………………………………………………………………….
Kelas :
………………………………………………………………………..
Materi
pokok :
………………………………………………………………………..
Tanggal :
…………………………………………………………..........
NO
|
Sikap
yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya
masuk kelas tepat waktu
|
||
2
|
Saya
mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||
3
|
Saya
memakai seragam sesuai tata tertib
|
||
4
|
Saya
mengerjakan tugas yang diberikan
|
||
5
|
Saya
tertib dalam mengikuti pelajaran
|
||
6
|
Saya
mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
|
||
7
|
Saya
membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
||
8
|
Saya
membawa buku teks mata pelajaran
|
Lampiran 2
PENILAIAN DISKUSI
Hasil
Penilaian Diskusi
Topik
: ….………………..…………..
Tanggal
: …………………………….
Jumlah
Siswa : …………..…… orang.
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Rubrik
:
Menyampaikan
pendapat
1. Tidak
sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai
dengan masalah dan benar
Menanggapi
pendapat
1. Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak
sempurna
3.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi
Mempertahankan
pendapat
1. Tidak
dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
Lampiran
3
PENILAIAN
KOGNITIF
Jawablah pertanyaan
berikut dengan benar
NO
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
3.6.1 Menunjukkan bagian daun yang
berperan dalam fotosintesis
|
Jelaskan
pada bagian mana dari tumbuhan tempat berlangsungnya fotosintesis?
|
Tempat
terjadinya fotosintesis pada tumbuhan yaitu pada bagian daun.
|
2
|
3.6.2
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
Sebutkan
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis?
|
Faktor
yang mempengaruhi fotosintesis adalah:
1.
Karbondioksida
2.
Klorofil
3.
Cahaya
4.
Air
5.
Suhu
|
3
|
3.6.2
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
Bagaimana
kandungan CO2 yang dibutuhkan dalam fotosintesis?
|
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen, semakin banyak
CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.
|
4
|
3.6.3
Menjelaskan reaksi pada fotosintesis
|
Tuliskan
reaksi pada fotosintesis?
|
CO2+H2OÃ C6H12O6+O2
|
5
|
3.6.3
Menjelaskan reaksi pada fotosintesis
|
Bagaimana
proses reaksi terang pada fotosintesis?
|
Reaksi terang dalam prosesnya
reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu
ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi
terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari
cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul
oksigen dan hidrogen.
|
Penskoran :
Nilai = Jumalah skor x 2
Lampiran
4
PENILAIAN
ANTAR TEMAN
ASPEK
|
JUMLAH
SCORE
|
NILAI
|
||||||||
NO
|
NAMA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
Keterangan
Aspek :
- Keaktifan
- Kesediaan
menerima pendapat
- Tanggungjawab
dalam tugas
- Inisiatif
dalam mengambil keputusan
- Kepedulian
terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
- Kepedulian dalam
memberi kesempatan yang dialami sesama teman
- Kemampuan
mendorong aktivitas kerja kelompok
*)
Ketentuan:
1 : jika peserta didik sangat kurang konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
2 : jika peserta didik
kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
3 : jika peserta didik mulai
konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
4 : jika peserta didik konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indikator
5 : jika peserta
didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
LEMBAR
KERJA SISWA
A. Judul
Mengamati
proses dan tempat serta faktor terjadinya fotosintesis
B. Kompetensi Dasar
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi makanan, transformasi
energi dalam sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
C. Tujuan
1. Peserta
didik diharapkan mampu menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
melalui studi literatur.
2. Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya
fotosintesis dlam diskusi kelompok.
3. Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan reaksi fotosintesis melalui studi literatur.
D. Landasan Teori
Fotosintesis adalah proses pembentukan zak makanan
(glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksia dengan
bantuan sinar matahari.
Fotosintesis sangat penting bagi
kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga
menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses
fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan, proses fotosintesis ini tidak
berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen
fotosintetik. Disamping itu, proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh
kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya
perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen
fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap
enargi matahari.
Dalam proses fotosintesis ada 4 bahan yang harus dimiliki,
yaitu :
·
Karbondikoksida (CO2)
·
Air
·
Cahaya Matahari
·
Klorofil
Karbondikosida akan diambil oleh Stomata
(mulut daun) pada daun tumbuhan dari udara bebas, kemudian air diambil melalui
akar tumbuhan dan diangkut komponen pengangkut pada tumbuhan, kemudian Cahaya
matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh klorofil (zat hijau daun). Semua
proses ini akan berlangsung membentuk suatu reaksi dan menghasilkan Oksigen
serta Glukosa. Setelah terdapat glukosa pada tumbuhan, nutrisi akan diubah
menjadi lemak, protein, dan nutrisi lainnya.
Proses
fotosintesis yang terjadi di Kloroplas terdiri atas 2 reaksi, yaitu reaksi
terang dan reaksi gelap.
1. Reaksi Terang
Dikatakan reaksi terang karena dalam
prosesnya reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah
satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi
terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari
cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul
oksigen dan hidrogen. Reaksi ini disebut sebagai fotolisis, dan dapat
digambarkan dengan reaksi berikut.
2. Reaksi Gelap
Sesuai dengan namanya reaksi gelap
merupakan reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi
gelap merupakan pengubahan Karbondioksida (CO2) menjadi glukosa. Reaksi gelap
ini terjadi pada bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya akan terjadi
sesudah terjadinya reaksi terang, dan proses reaksi gelap sangat kompleks,
karena pengubahan Karbondioksida (CO2)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
FOTOSINTESIS
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang
berasal dari tumbuhan itu sendiri. Artinya, setiap tumbuhan yang berbeda jenis,
walaupun hidup dalam keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula reaksi
fotosintesisnya, dapat kita katakan faktor internal merupakan faktor hereditas
(keturunan). Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang tidak bisa membentuk
klorofil (albino) sehingga akan sangat berpengaruh terhadap raksi
fotosintesisnya.
2. Faktor Eksternal
a. Kandungan Air dan Mineral dalam
tanah
Seperti yang telah kami jelaskan
tadi sahabat, air merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk reaksi
fotosintesis jadi semakin banyak air dalam tanah semakin bagus reaksi tersebut.
Karena Fotosintesis sangat bergantung dari penyerapan air oleh akar tumbuhan
tersebut.
b. Temperatur
Fotosintesis merupakan reaksi yang
tergantung kepada enzim, sedangkan kerja enzim ini dipengaruhi oleh suhu. Enzim
tidak bisa bekerja pada suhu kurang dari 5 derajat Celcius dan diatar 50
derajat celcius, jika suhu tidak sesuai maka fotosintesis tidak akan terjadi.
Suhu terbaik untuk proses fotosintesis adalah diantara 28 – 30 derajat celcius.
c. Kandungan CO2 di udara
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03
persen, semakin banyak CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.
d. Kandungan O2
Rendahnya kandungan O2 di udara dan
di dalam tanah akan menghambat respirasi tumbuhan. Remdajmua respirasi ini juga
akan menghambat pembentukan energi oleh tumbuhan tersebut.
E. Alat dan Bahan
1. Alat
tulis
2. Buku
pegangan yang relevan
3. Gambar
proses fotosintesis
F. Langkah Kerja
1. Perhatikan
gambar yang ada pada lembar kerja ini, jelaskan proses fotosintesis, dan tempat
berlangsungnya proses fotosintesis.
2. Perhatikan
gambar yang ada pada lembar kerja ini, jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis.
1. Gambar
1 Gambar
2
Berdasarkan
kedua gambar diatas, gambar 1 (proses fotosintesis), dan gambar 2 (tempat
terjadinya fotosintesis) amati dan jelaskan proses tersebut!
Diskusi gambar 1
|
Diskusi gambar 2
|
2. Gambar
Berdasarkan
gambar, coba amati dan jelaskan bagaimanakah faktor luar yang ada pada gambar
diatas!
G. Kesimpulan
H. Daftar Pustaka
Karnoto K. Bambang
dan Rusdi, 2008, Seribu Pena Biologi
untuk SMP/MTs Kelas VIII,
Erlangga
Karmana, Oman. 2006.
Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama
No comments:
Post a Comment