RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) FOTOSINTESIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMPN 2 Jumapolo
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : VIII/2
Materi Pokok             : FOTOSINTESIS
Alokasi Waktu           : 1 X 30 menit
Pendekatan Sainstifik
A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyajii dalam ranah konkret (menggunakan, mengurangi, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
B.       Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ, dan sistem dalam tubuh manusia, dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi makanan, transformasi energi dalam sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.8 Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
C.   Indikator
3.6.1 Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis
3.6.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
3.6.3 Menjelaskan reaksi pada fotosintesis

D.   Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik diharapkan mampu menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis melalui studi literatur.
2. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis dlam diskusi kelompok.
3. Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan reaksi fotosintesis melalui studi literatur.
E.   Materi Pembelajaran
Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses pembentukan zak makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksia dengan bantuan sinar matahari.
                 Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan, proses fotosintesis ini tidak berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Disamping itu, proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap enargi matahari.
                 Kloroplas adalah zat hijau yang terdapat pada semua tumbuhan yang berwarna hijau. Di salam kloroplas terdapat klorofil. Pigmen fotosintesis ini terdapat pada membran tilakoid. Pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma. Klorofol sendiri sebenarnya hanya merupakan sebagian oerangkat darlam fotosintesis yang dikenal sebegai fotosistem. Fotosistem adalah uit dari tumbuhan yang menangkap energi matahari (klorofil).
                 Fungsi fotosintesis:
1.                    Fungsi utama fotosintesis adalah untuk memproduksi glukosa sebagai sumber energi utama bagi tumbuhan, dengan adanya glukosa ini akan terbentuk sumber energi lemak dan protein pula. Nah zat-zat ini akan menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan, oleh karena itu proses fotosintesis ini sangat penting dalam kehidupan kita.
2.                    Proses Fotosintesis dapat membersihkan udara. Udara dibersihkan dengan diserapnya karbondioksida dan dihasilkannya oksigen. Sehingga sering kita dengar penanaman pohon untuk membersihkan lingkungan, karena ada proses fotosintesis inilah pohon bisa berguna untuk membersihkan udara kita. 
3.                    Kemampuan fotosintesis tumbuhan pada masa hidupnya akan membuat sisa sisa tumbuhan tersebut tertimbun di dalam tanah. Timbunan dari tumbuhan dalam waktu yang lama akan membuatnya menjadi batu bara yang merupakan bahan baku dan sumber energi pada kehidupan modern.
Berdasarkan bagan tersebut maka secara singkat proses fotosintesis dapat dijelaskan sebagai berikut :
Dalam proses fotosintesis ada 4 bahan yang harus dimiliki, yaitu :
·                      Karbondikoksida (CO2)
·                      Air
·                      Cahaya Matahari
·                      Klorofil
Karbondikosida akan diambil oleh Stomata (mulut daun) pada daun tumbuhan dari udara bebas, kemudian air diambil melalui akar tumbuhan dan diangkut komponen pengangkut pada tumbuhan, kemudian Cahaya matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh klorofil (zat hijau daun). Semua proses ini akan berlangsung membentuk suatu reaksi dan menghasilkan Oksigen serta Glukosa. Setelah terdapat glukosa pada tumbuhan, nutrisi akan diubah menjadi lemak, protein, dan nutrisi lainnya.
Proses fotosintesis yang terjadi di Kloroplas terdiri atas 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
1. Reaksi Terang
Dikatakan reaksi terang karena dalam prosesnya reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Reaksi ini disebut sebagai fotolisis, dan dapat digambarkan dengan reaksi berikut.
2. Reaksi Gelap                 
Sesuai dengan namanya reaksi gelap merupakan reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi gelap merupakan pengubahan Karbondioksida (CO2) menjadi glukosa. Reaksi gelap ini terjadi pada bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya akan terjadi sesudah terjadinya reaksi terang, dan proses reaksi gelap sangat kompleks, karena pengubahan Karbondioksida (CO2)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FOTOSINTESIS:
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari tumbuhan itu sendiri. Artinya, setiap tumbuhan yang berbeda jenis, walaupun hidup dalam keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula reaksi fotosintesisnya, dapat kita katakan faktor internal merupakan faktor hereditas (keturunan). Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang tidak bisa membentuk klorofil (albino) sehingga akan sangat berpengaruh terhadap raksi fotosintesisnya.
2. Faktor Eksternal
a. Kandungan Air dan Mineral dalam tanah
Seperti yang telah kami jelaskan tadi sahabat, air merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk reaksi fotosintesis jadi semakin banyak air dalam tanah semakin bagus reaksi tersebut. Karena Fotosintesis sangat bergantung dari penyerapan air oleh akar tumbuhan tersebut.
b. Temperatur
Fotosintesis merupakan reaksi yang tergantung kepada enzim, sedangkan kerja enzim ini dipengaruhi oleh suhu. Enzim tidak bisa bekerja pada suhu kurang dari 5 derajat Celcius dan diatar 50 derajat celcius, jika suhu tidak sesuai maka fotosintesis tidak akan terjadi. Suhu terbaik untuk proses fotosintesis adalah diantara 28 – 30 derajat celcius.
c. Kandungan CO2 di udara
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen, semakin banyak CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.
d. Kandungan O2
Rendahnya kandungan O2 di udara dan di dalam tanah akan menghambat respirasi tumbuhan. Remdajmua respirasi ini juga akan menghambat pembentukan energi oleh tumbuhan tersebut.
F.  Metode Pembelajaran
·         Sainstifik
G.  Media
·         Media
1.      Power point
2.      LKS
·         Alat dan Bahan
1.      LCD
2.      Alat Tulis
3.      Gambar
4.      Video
H.   Sumber Belajar
1. Fried, George H, dkk. 2006. BIOLOGI. Jakarta : Erlangga.
2. Karnoto K. Bambang dan Rusdi, 2008, Seribu Pena Biologi untuk SMP/MTs Kelas VIII,
Erlangga
3. Karmana, Oman. 2006. Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama














I.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan (Pendekatan Sainstifik)
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
PENDAHULUAN
1.     Guru memberi salam kemudian berdo’a dan mengabsen peserta didik.
2.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
3.     Apersepsi guru merangkai kerangka berfikir peserta didik dengan mengaitkan materi struktur daun yang sudah diterangkan dengan materi sekarang, dan guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.
1.    Peserta didik menjawab salam, berdo’a dan mendengarkan absen.
2.    Peserta didik mendengarkan dan memahami tujuan dari pembelajaran.
3.    Peserta didik mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru.
3 Menit
KEGIATAN INTI
Mengamati
Guru menampilkan slide yang berisi gambar proses fotosintesis, dan menjelaskan sedikit tentang terjadinya fotosintesis.
Peserta didik mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan dari guru dengan seksama.

3 Menit
Menanya
Guru memberikan stimulus kepada peserta didik dan menjawab pertanyaan peserta didik.
Peserta didik diharapkan untuk bertanya.

2 Menit
Mencoba
1.    Guru membagi menjadi 3 kelompok diskusi.
2.    Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
3.    Setiap kelompok mengamati gambar yang ada di LKS, kemudian diminta untuk menjelaskan proses terjadinya fotosintesis dan tempat berlangsungnya, serta menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.
4.    Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam berdiskusi.
1.    Setiap kelompok berdiskusi untuk menjelaskan proses fotosintesis dan tempat terjadinya serta menjelaskan faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis menggunakan LKS yang sudah dibagikan oleh guru.

8 Menit
Menalar
Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari informasi dan mengaitkan informasi yang sudah mereka dapatkan dengan apa yang sudah ada sebelumnya.
3 Menit
Mengkomunikasikan
Guru meminta perwakilan untuk setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengkomunikasikan hasil diskusi mereka dengan dengan teman-teman dari kelompok lain.
Perwakilan setiap kelompok untuk maju kedepan dan mengemukakan hasil diskusi mereka kepada kelompok lain.
5 Menit
KEGIATAN PENUTUP
1.    Guru menjelaskan kembali atau mereview kembali kepada peserta didik apa yang telah dijelaskan.
2.    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimpulkan apa yang sudah mereka pelajari.
3.    Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik.
4.    Guru menutup pelajaran dengan mungucap salam.
1.    Peserta didik mendengarkan dan membenarkan pengetahuan mereka jika ada yang kurang benar.
2.    Peserta didik menyimpulkan materi pembelajran tentang fotosintesis.
3.    Peserta didik menjawab soal yang diberikan oleg guru.
4.    Peserta didik menjawab salam.

6 Menit

J.   Penilaian
a. Jenis/Teknik Penilaian
·         Lembar pengamatan sikap
·         Lembar penilaian antar teman
·         Tes tertulis (Essay)
b. Instrumen Penilaian
·      Instrumen pengamatan sikap
·      Instrumen penilaian diskusi
·      Instrumen penilain tes menggunakan tes tertulis
·      Instrumen skala penilaian







Lampiran 1
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP DISIPLIN
Nama peserta didik     : ……………………………………………………………………….
Kelas                           : ………………………………………………………………………..
Materi pokok               : ………………………………………………………………………..
Tanggal                       : …………………………………………………………..........
Petunjuk
Lembar ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki sebagai berikut :
Ya : apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai kenyataan.
Tidak : apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai.
Nama peserta didik     : ……………………………………………………………………….
Kelas                           : ………………………………………………………………………..
Materi pokok               : ………………………………………………………………………..
Tanggal                       : …………………………………………………………..........
NO
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Saya masuk kelas tepat waktu


2
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Saya memakai seragam sesuai tata tertib


4
Saya mengerjakan tugas yang diberikan


5
Saya tertib dalam mengikuti pelajaran


6
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Saya membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Saya membawa buku teks mata pelajaran


















Lampiran 2
PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Topik : ….………………..…………..
Tanggal : …………………………….
Jumlah Siswa : …………..…… orang.
                       
No
Nama siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah score
Nilai


1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4

































Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.      Tidak sesuai masalah
2.      Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.      Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.      Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1.      Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.      Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi






















Lampiran 3
PENILAIAN KOGNITIF
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar
NO
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
1
3.6.1 Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

Jelaskan pada bagian mana dari tumbuhan tempat berlangsungnya fotosintesis?
Tempat terjadinya fotosintesis pada tumbuhan yaitu pada bagian daun.
2
3.6.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis?

Faktor yang mempengaruhi fotosintesis adalah:
1.      Karbondioksida
2.      Klorofil
3.      Cahaya
4.      Air
5.      Suhu

3
3.6.2 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Bagaimana kandungan CO2 yang dibutuhkan dalam fotosintesis?
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen, semakin banyak CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.

4
3.6.3 Menjelaskan reaksi pada fotosintesis

Tuliskan reaksi pada fotosintesis?

CO2+H2OàC6H12O6+O2
5
3.6.3 Menjelaskan reaksi pada fotosintesis

Bagaimana proses reaksi terang pada fotosintesis?
Reaksi terang dalam prosesnya reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen.
Penskoran :
Nilai = Jumalah skor x 2
Lampiran 4
PENILAIAN ANTAR  TEMAN


ASPEK
JUMLAH SCORE
NILAI
NO
NAMA
1
2
3
4
5
6
7
























Keterangan Aspek :
  1. Keaktifan
  2. Kesediaan menerima pendapat
  3. Tanggungjawab dalam tugas
  4. Inisiatif dalam mengambil keputusan
  5. Kepedulian terhadap kesulitan yang dialami sesama teman
  6. Kepedulian dalam  memberi kesempatan yang dialami sesama teman
  7. Kemampuan mendorong aktivitas kerja kelompok
*) Ketentuan:
1 :  jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
2 : jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
3 : jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
4  :   jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
5 : jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator



LEMBAR KERJA SISWA
A.    Judul
Mengamati proses dan tempat serta faktor terjadinya fotosintesis
B.     Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi makanan, transformasi energi dalam sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
C.    Tujuan
1.      Peserta didik diharapkan mampu menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis melalui studi literatur.
2.      Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya fotosintesis dlam diskusi kelompok.
3.      Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan reaksi fotosintesis melalui studi literatur.
D.    Landasan Teori
Fotosintesis adalah proses pembentukan zak makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksia dengan bantuan sinar matahari.
            Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan, proses fotosintesis ini tidak berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Disamping itu, proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap enargi matahari.
Dalam proses fotosintesis ada 4 bahan yang harus dimiliki, yaitu :
·                      Karbondikoksida (CO2)
·                      Air
·                      Cahaya Matahari
·                      Klorofil
Karbondikosida akan diambil oleh Stomata (mulut daun) pada daun tumbuhan dari udara bebas, kemudian air diambil melalui akar tumbuhan dan diangkut komponen pengangkut pada tumbuhan, kemudian Cahaya matahari akan diambil dalam bentuk energi oleh klorofil (zat hijau daun). Semua proses ini akan berlangsung membentuk suatu reaksi dan menghasilkan Oksigen serta Glukosa. Setelah terdapat glukosa pada tumbuhan, nutrisi akan diubah menjadi lemak, protein, dan nutrisi lainnya.
Proses fotosintesis yang terjadi di Kloroplas terdiri atas 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.
1. Reaksi Terang
Dikatakan reaksi terang karena dalam prosesnya reaksi ini membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Dalam reaksi terang, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari, energi yang didapat dari cahaya matahari akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Reaksi ini disebut sebagai fotolisis, dan dapat digambarkan dengan reaksi berikut.
2. Reaksi Gelap
Sesuai dengan namanya reaksi gelap merupakan reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi gelap merupakan pengubahan Karbondioksida (CO2) menjadi glukosa. Reaksi gelap ini terjadi pada bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya akan terjadi sesudah terjadinya reaksi terang, dan proses reaksi gelap sangat kompleks, karena pengubahan Karbondioksida (CO2)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FOTOSINTESIS
1. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari tumbuhan itu sendiri. Artinya, setiap tumbuhan yang berbeda jenis, walaupun hidup dalam keadaan lingkungan yang sama akan berbeda pula reaksi fotosintesisnya, dapat kita katakan faktor internal merupakan faktor hereditas (keturunan). Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang tidak bisa membentuk klorofil (albino) sehingga akan sangat berpengaruh terhadap raksi fotosintesisnya.
2. Faktor Eksternal
a. Kandungan Air dan Mineral dalam tanah
Seperti yang telah kami jelaskan tadi sahabat, air merupakan salah satu bahan baku yang digunakan untuk reaksi fotosintesis jadi semakin banyak air dalam tanah semakin bagus reaksi tersebut. Karena Fotosintesis sangat bergantung dari penyerapan air oleh akar tumbuhan tersebut.
b. Temperatur
Fotosintesis merupakan reaksi yang tergantung kepada enzim, sedangkan kerja enzim ini dipengaruhi oleh suhu. Enzim tidak bisa bekerja pada suhu kurang dari 5 derajat Celcius dan diatar 50 derajat celcius, jika suhu tidak sesuai maka fotosintesis tidak akan terjadi. Suhu terbaik untuk proses fotosintesis adalah diantara 28 – 30 derajat celcius.
c. Kandungan CO2 di udara
Kandungan CO2 di udara sekitar 0.03 persen, semakin banyak CO2 akan semakin baik rekasi yang terjadi.
d. Kandungan O2
Rendahnya kandungan O2 di udara dan di dalam tanah akan menghambat respirasi tumbuhan. Remdajmua respirasi ini juga akan menghambat pembentukan energi oleh tumbuhan tersebut.

E.     Alat dan Bahan
1.      Alat tulis
2.      Buku pegangan yang relevan
3.      Gambar proses fotosintesis
F.     Langkah Kerja
1.      Perhatikan gambar yang ada pada lembar kerja ini, jelaskan proses fotosintesis, dan tempat berlangsungnya proses fotosintesis.
2.      Perhatikan gambar yang ada pada lembar kerja ini, jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis.



1.      Gambar 1                                            Gambar 2                   










Berdasarkan kedua gambar diatas, gambar 1 (proses fotosintesis), dan gambar 2 (tempat terjadinya fotosintesis) amati dan jelaskan proses tersebut!

Diskusi gambar 1
Diskusi gambar 2


























2.      Gambar








Berdasarkan gambar, coba amati dan jelaskan bagaimanakah faktor luar yang ada pada gambar diatas!
 











G.    Kesimpulan
 










H.    Daftar Pustaka
Karnoto K. Bambang dan Rusdi, 2008, Seribu Pena Biologi untuk SMP/MTs Kelas VIII,
Erlangga
Karmana, Oman. 2006. Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama


No comments:

Post a Comment