Konten Representasi (CORE)
|
||
Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Aliran energyà rantai
makanan dan jaring-jaring makanan
|
Interaksi mahkluk hidup
dengan lingkungannyaà simbiosis
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik diharapkan
mampu memahami perpindahan energy dari satu organism ke organism lain dalam
bentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan
·
Rantai makananà padi >
tikus > ular > elang.
·
Jaring-jaring makanan lebih
kompleks.
|
Peserta didik diharapkan
mampu memahami berbagai macam bentuk simbiosis.
•
Simbiosis mutualisme.
•
Simbiosis komensalisme.
•
Simbiosis parasitisme.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Pemahaman mengenai aliran
energi:
•
Membantu peserta didik dalam
memahami bahwa setiap mahkluk hidup memanfaatkan energi dengan cara yang
berbeda-beda.
•
Energy selalu berpindah dari
organism yang satu ke organism yang lain melaui proses makan dimakan.
|
Perbedaan simbiosis pada
mahkluk hidup:
•
Simbiosis mutualisme
•
Simbiosis komensalisme
•
Simbiosis parasitisme
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Pemahaman alian energi:
•
Pada aliran
energy salah satunya yaitu jaring-jaring makananà hal ini
lebih menyulitkan peserta didik, karena di dalamnya terdapat panah-panah yang
menunjukkan bahwa satu jenis organism bisa dimakan oleh beberapa organism
lain, sehingga pesera didik harus lebih teliti dalam hal ini.
|
Perbedaan simbiosis pada
mahkluk hidup:
•
Simbiosis pada mahkluk hidup
sangat beragam, mulai dari yang menguntungkan sampai yang merugikanà sehingga
peserta didik dituntut untuk bisa memberikan contoh simbiosis tersebut dalam
kehidupan nyata.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa
terhadap perbedaan aliran energy dengan menampilkan gambar-gambar.
|
•
Menampilkan gambar dan video agar
siswa mudah memahami konsep ini, sehingga peserta didik bisa
memahami konsep ini ketika berada di lingkungan ekosistem.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Guru dapat menggunakan
gambar atau video dalam menyampaikan materi ini agar peserta didik lebih
mudah memahami materi ini.
|
Guru dapat menggunakan
gambar atau video dalam menyampaikan
materi ini.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk
menjelaskan kembali materi tentang aliran energy.
|
Menilai akurasi penjelasan peserta
didik:
• penjelasan peserta didik mengenai
interaksi antar mahkluk hidup dengan lingkungannya.
|
CoRe (Core Representation) Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment