CoRe (Core Representation) Interaksi antar Makhluk Hidup dan Lingkungan

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Aliran energyà rantai makanan dan jaring-jaring makanan
Interaksi mahkluk hidup dengan lingkungannyaà simbiosis
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik diharapkan mampu memahami perpindahan energy dari satu organism ke organism lain dalam bentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan
·      Rantai makananà padi > tikus > ular > elang.
·      Jaring-jaring makanan lebih kompleks.
Peserta didik diharapkan mampu memahami berbagai macam bentuk simbiosis.
         Simbiosis mutualisme.
         Simbiosis komensalisme.
         Simbiosis parasitisme.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Pemahaman mengenai aliran energi:
   Membantu peserta didik dalam memahami bahwa setiap mahkluk hidup memanfaatkan energi dengan cara yang berbeda-beda.
   Energy selalu berpindah dari organism yang satu ke organism yang lain melaui proses makan dimakan.
Perbedaan simbiosis pada mahkluk hidup:
      Simbiosis mutualisme
      Simbiosis komensalisme
      Simbiosis parasitisme
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Pemahaman alian energi:
         Pada aliran energy salah satunya yaitu jaring-jaring makananà hal ini lebih menyulitkan peserta didik, karena di dalamnya terdapat panah-panah yang menunjukkan bahwa satu jenis organism bisa dimakan oleh beberapa organism lain, sehingga pesera didik harus lebih teliti dalam hal ini.
Perbedaan simbiosis pada mahkluk hidup:
         Simbiosis pada mahkluk hidup sangat beragam, mulai dari yang menguntungkan sampai yang merugikanà sehingga peserta didik dituntut untuk bisa memberikan contoh simbiosis tersebut dalam kehidupan nyata.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap perbedaan aliran energy dengan menampilkan gambar-gambar.
         Menampilkan gambar dan video agar siswa mudah memahami konsep ini, sehingga peserta didik bisa memahami konsep ini ketika berada di lingkungan ekosistem.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Guru dapat menggunakan gambar atau video dalam menyampaikan materi ini agar peserta didik lebih mudah memahami materi ini.
Guru dapat menggunakan gambar atau video  dalam menyampaikan materi ini.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan peserta didik:
• meminta peserta didik untuk menjelaskan kembali materi tentang aliran energy.
Menilai akurasi penjelasan peserta didik:
• penjelasan peserta didik mengenai interaksi antar mahkluk hidup dengan lingkungannya.

No comments:

Post a Comment