Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : VIII/ I
Materi Pokok : Jaringan Tumbuhan
Topik :
Jaringan akar tumbuhan
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,
memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
Indikator:
1.
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan
kalimat pujian kepada Tuhan YME atas nikmat dan karunia ciptaan-Nya
3.
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
4.
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5.
Mensyukuri
kekayaan alam dengan memanfaatkannya secara benar semaksimal mungkin
6.
Berserah diri
(tawakal) kepada Tuhan YME setelah selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar)
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
Menunjukkan penghargaan kepada orang
lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan pada
orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran zat aditif yang berbahaya
3.7
Menjelaskan keterkaitan struktur
jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi
yang terilhami oleh struktur tersebut.
Indikator:
1. Mendeskripsikan
struktur jaringan yang menyusun akar jaringan pada tumbuhan
2. Menjelaskan
fungsi strukur jaringan akar pada tumbuhan
3. Menjelaskan
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar
4.7
Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan
Indikator:
1. Mengumpulkan
data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan akar tumbuhan
C.
Tujuan
1. Siswa
mampu mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan
berdasarkan hasil pengamatan dengan tepat
2. Siswa
mampu Menjelaskan fungsi strukur jaringan akar pada tumbuhan dari hasil studi
litertur dengan tepat
3. Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar secara
sistematis berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan.
D.
Materi
Pembelajaran
·
Struktur jaringan
yang menyusun jaringan akar tumbuhan dari luar ke dalam adalah epidermis,
korteks, endodermis, dan silinder pusat.
·
Sel-sel epidermis
tersusun rapat satu dengan yang lain, tanpa ruang antar sel. Epidermis berfungsi melindungi jaringan di
bawahnya. Epidermis dapat membentuk bulu-bulu akar yang berfungsi untuk
memperluas bidang penyerapan.
·
Korteks, memiliki
susunan sel yang tidak rapat sehingga banyak ruang antar sel untuk pertukaran
gas. Jaringan korteks juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan
makanan.
·
Endodermis,
tersusun atas selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan silinder
pusat.
·
Pita Kaspari pada
endodermis berfungsi mengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke
silinder pusat.
·
Silinder pusat
atau stele, tersusun atas jaringan pembuluh pengangkut dan jaringan-jaringan
lain.
·
Berkas-berkas pembuluh
pengangkut terdiri atas xilem dan floem. Xylem atau pembuluh kayu berfungsi
untuk mengangkut air dari akar melalui batang ke daun. Floem atau pembuluh
tapis berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian
tumbuhan.
·
Fungsi akar antara
lain untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada substrat (tanah), menyerap air dam
garam-garam mineral terlarut dari substrat (tanah), membantu menegakkan batang,
dan pada beberapa tumbuhan akar dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan
makanan
E.
Pendekatan/
Metode/ Model Pembelajaran
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Metode : Tanya jawab, Diskusi
·
Model :Guided Inquiry
F. Media Pembelajaran
Papan tulis, laptop, LCD/proyektor, gambar, kertas,
tanaman dikotil dan monokotil, bola permainan lempar tangkap
G.
Sumber
Belajar
·
Sumber buku:
1. Zubaidah,
Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk
SMP/MTs kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Campbell,
Reece. 2010. Biologi jilid 2. Jakarta:
Erlangga
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan Saintifik
Alokasi
Waktu 1 x 30 menit
a) Kegiatan
awal (5 menit)
Tahapan
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberi salam kemudian menuntun do’a, mengabsen
siswa
|
· Menjawab salam dan
berdo’a, mempersiapkan diri melakukan pembelajaran
|
1
menit
|
Apersepsi
|
· Menanyakan kembali mengenai pelajaran sebelumnya
tentang struktur dan fungsi organ tumbuhan
-“apa saja organ yang dimiliki tumbuhan?”
|
· Menjawab
pertanyaan dari guru, sasaran jawaban adalah:
- akar, batang dan daun
|
1
menit
|
Motivasi
|
· Menampilkan
ayat Quran mengenai tumbuhan (QS. Ibrahim:24) dan menghubungkan dengan konsep
tumbuhan
· Menginformasikan
pada siswa bahwa selanjutnya akan
mempelajari tentang struktur dan fungsi akar. Menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
· Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru.
· Siswa
telah siap untuk melakukan pembelajaran selanjutnya
|
3 menit
|
b) Kegiatan
inti (20 menit)
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Mengamati
|
· Guru memberikan
penejelasan pengetahuan awal mengenai akar
· Menunjukkan
tanaman dikotil dan monokotil di depan kelas, memberitahu siswa untuk mengamati
struktur morfologi akarnya
|
· Siswa memperhatikan dan mengidentifikasi kedua
tanaman tersebut.
|
2 menit
|
Menanya
|
· Menstimulus
siswa untuk mengemukakan pertanyaan dari pengamatan yang dilakukan dan
menginstruksikan siswa lain untuk memprediksi jawaban
|
· Terstimulus untuk membuat pertanyaan dan
memprediksinya.
Target pertanyaan: “jenis tumbuhan dari kedua akar ini apa?”
· Target
jawaban prediksi: monokotil dan dikotil
|
5 menit
|
Eksperimen
|
·
Membentuk 2
kelompok besar
·
Membagikan LKS jaringan akar tumbuhan (lks
terlampir)
· Menginstruksi
dan membimbing siswa untuk mengerjakan kegiatan pengamatan hasil perbesaran
mikroskop jaringan akar dikotil dan monokotil.
|
· Siswa memulai
melakukan kegiatan diskusi dengan tertib
|
3 menit
|
Mengasosiasi
|
· Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mencari
informasi sendiri tentang pengamatan
yang dilakukan
· Mengajak
siswa menalar hubungan
antara struktur dan fungsi jaringan akar tumbuhan dengan akar
|
· Mendiskusikan
dengan teman sekelompok gambar hasil perbesaran mikroskop . Dan menyimpulkan
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan akar tumbuhan
|
5 menit
|
Mengkomunikasi
|
· Memfasilitasi
siswa perwakilan kelompok untuk mengutarakan hasil diskusi.
|
· Perwakilan
kelompok mengutarakan kesimpulan hasil diskusi.
|
5
menit
|
c) Kegiatan
penutup (5 menit)
Tahapan
|
Aktivitas
Guru
|
Aktivitas
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Evaluasi
|
· Menarik kesimpulan dan memberikan penguatan
materi tentang struktur jaringan akar tumbuhan, kemudian mengevaluasi seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dengan menampilkan soal PG (terlampir)
|
· Mencatat
hasil generalisasi dari kesimpulan dan penjelasan tambahan dari guru
· Menjawab
soal-soal yang diberikan guru
|
4
menit
|
Penutup
|
· Menginformasikan untuk mempersiapkan kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya tentang struktur batang tumbuhan.
· Membimbing siswa untuk berdoa dan memberi salam.
|
· Mencatat tugas yang diberikan untuk mempersiapkan
pelajaran selanjutnya.
· Berdoa dan memberi salam.
|
1 menit
|
I.
Penilaian
Aspek
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap spiritual
|
Observasi
|
Skala penilaian
|
Sikap sosial
|
Observasi
|
Skala penilaian
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar Soal PG
|
Keterampilan
|
Tes praktik
|
Penilaian
kinerja dalam pengamatan
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
A.
Sikap Spiritual (Observasi)
|
1.
Sikap Sosial
Aspek yang dinilai
|
Aturan penilaian
|
1 Teliti
|
1.
Tidak teliti dalam eksperimen
2.
Kurang teliti dalam eksperimen
3.
Teliti dalam ekseperimen
4.
Sangat teliti dalam eksperimen
|
2 Kerja sama
|
1.
Tidak kerja sama
dengan baik selama kerja kelompok
2.
Kurang kerja
sama dengan baik selama kerja kelompok
3.
kerja sama
dengan baik selama kerja kelompok
4.
Sangat kerja
sama dengan baik selama kerja kelompok
|
3 Disiplin
|
1. Tidak mengikuti proses pembelajaran
2. Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang
terlambat > 15 menit
3. Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang
terlambat < 15 menit
4. Mengikuti proses pembelajaran tepat waktu
|
4 Jujur
|
1. Tidak jujur dalam membuat analisis data ekperimen
2. Kurang jujur dalam membuat analilisi data ekperimen
3. Jujur dalam membuat analisis data ekperimen
4. Sangat jujur dalam membuat analisis data ekperimen
|
5 Komunikasi
|
1. menyampaikan pendapat tidak disertai dengan argumen
2. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
kurang baik
3. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
baik
4. menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang
sangat baik
|
Nilai
:
Jumlah Skor
X 100
20
2. Pengetahuan (Tes tertulis)
INDIKATOR
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
Soal
|
1.
Mendeskripsikan struktur jaringan
yang menyusun akar jaringan pada tumbuhan
|
PG
|
1.
Perbedaan berkas pengangkut pada akar monokotil dengan akar dikotil
adalah....
a.
Berkas pengangkut pada dikotil
berselang seling membentuk lingkaran
b.
Berkas pengangkut xylem pada
monokotil berbentuk bintang
c.
Antara xylem dan floem pada
dikotil dipisahkan oleh kambium
d.
Antara xylem dan floem pada
dikotil tidak memiliki kambium
Jawab: c
|
2.
Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang
merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan....
a.
Epidermis
b.
Endodermis
c.
Korteks
d.
Silinder pusat
jawab:
a
|
||
3. Perhatikan
gambar penampang melintang akar dikotil di bawah ini :
Bagian
yang ditunjuk nomor 1 dan 2 adalah ....
a. floem,
epidermis
b. xilem,
endodermis
c.
korteks, epidermis
d.
sklerenkim, epidermis
e.
empulur, epidermis
jawab: c
|
||
2.
Menjelaskan fungsi strukur
jaringan akar pada tumbuhan
|
4. Perhatikan
gambar anatomi akar di samping! Berdasarkan gambar, fungsi dari struktur X
adalah....
a. Memperluas
daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah
b. Melindungi akar
ketika menembus tanah
c. Mengangkut air
dan unsur hara dari tanah
d. Menopang pohon
untuk tetap dapat berdiri
jawab:
a
|
|
3.
Menjelaskan hubungan antara
struktur dan fungsi jaringan di akar
|
5. Berikut ini,
bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut
adalah....
a.
epidermis bulu akar – parenkim –
endodermis – xilem akar
b.
epidermis bulu akar – endodermis
– parenkim – xilem akar
c.
epidermis bulu akar – kambium –
parenkim – xilem akar
d. kulit luar – kambium –endodermis – xilem akar
jawab:
a
|
3.
Penilaian
Psikomotorik
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Melakukan Eksperimen
|
Pengolahan data
|
Presentasi
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
Rubrik Penilaian Psikomotorik
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
PENILAIAN
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
Melakukan Eksperimen
|
Tidak melakukan
eksperimen tetapi melakukan kegiatan lain selama waktu pengamatan.
|
Tidak melakukan
eksperimen dan hanya berdiam diri saja.
|
Melakukan eksperimen
tetapi kurang berkontribusi.
|
Melakukan eksperimen dan
berkontribusi penuh selama kegiatan pengamatan.
|
2
|
Pengolahan Data
|
Tidak mampu mengolah data
hasil pengamatan.
|
Kurang mampu dalam
mengolah data hasil pengamatan
|
Mampu mengolah data hasil
pengamatan tetapi dengan bantuan teman
|
Mampu mengolah dta hasil
pengamatan dengan baik dan benar secara individual
|
3
|
Presentasi
|
Tidak dapat
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
|
Kurang dapat
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi
|
Dapat mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas tetapi masih ragu-ragu
|
Dapat mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas dengan baik dan lancer
|
Keterangan :
1
: Kurang
2
: Cukup
3
: Baik
4
: Sangat Baik
Nilai :
Jumlah Skor X 100
12
LEMBAR KERJA SISWA
A.
Judul
Struktur
anatomi akar tumbuhan
B.
Kompetensi
Dasar
4.7
Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan
C.
Tujuan
Mengetahui
struktur anatomi akar tumbuhan beserta fungsinya
D. Petunjuk
Pengerjaan
1.
Bacalah landasan teori di bawah ini
2. Amati gambar akar kemudian isilah bagian-bagiannya
3. Diskusikan dengan teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan yang ada
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu
2. Amati gambar akar kemudian isilah bagian-bagiannya
3. Diskusikan dengan teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan yang ada
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu
E. Landasan Teori
Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai
jangkar, melindungi tumbuhan dari tiupan angin atau arus air. Oleh karena itu,
akar mampu mendukung bagian tumbuhan lainnya. Akar memiliki fungsi untuk
menambatkan tubuh tumbuhan pada tempat tumbuhnya atau tanah, menyerap air dan
garam-garam mineral terlarut dalam tanah, serta membantu menegakkan batang.
Pada beberapa tumbuhan akar juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan,
misalnya karbohidrat atau zat tepung.
Akar tumbuhan dikotil maupun monokotil
bila dilakukan irisan melintang tampak bagian-bagian (daerah) atau
jaringan-jaringan penyusun dari luar ke dalam sebagai berikut. Epidermis,
korteks, dan silinder pusat. Jaringan terluar akar adalah epidermis. Sel-sel
epidermis tersusun rapat satu dengan yang lain, tanpa ruang antarsel. Dinding
selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Epidermis dapat termodifikasi menjadi
bulu-bulu akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan. Bagian kedua
berupa daerah korteks yang berisi jaringan-jaringan parenkim. Jaringan parenkim
terdiri atas lapisan-lapisan sel berdinding tipis. Susunan sel tidak rapat
sehingga banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Korteks juga berfungsi
untuk tempat penyimpanan cadangan makanan. Lapisan terdalam dari korteks
disebut endodermis. Lapisan endodermis tersusun atas selapis sel yang menjadi
pembatas antara korteks dan silinder pusat. Pada endodermis ditemukan bentukan
seperti pita yang disebut pita kaspari yang berfungsi sebagai pengatur jalannya
larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.
Tumbuhan monokotil seperti padi, jagung,
dan rumput memiliki sistem perakaran serabut. Akar serabut biasanya memiliki
struktur akar yang tipis dan menyebar. Sebaliknya, pada tumbuhan dikotil
seperti pada kacang tanah dan mangga memiliki sistem perakaran tunggang.
Akar pada beberapa tumbuhan tidak hanya
berfungsi memperkuat tumbuhan dan menyerap air serta mineral saja, tetapi akar
juga mengalami modifikasi sehingga memiliki fungsi tertentu. Misalnya akar
talas berfungsi untuk tempat penyimpan cadangan makanan dan akar anggrek
berfungsi sebagai akar napas. Pada wortel dan lobak akar tunggang berfungsi
menyimpan cadangan makanan yang akan digunakan tumbuhan selama pembungaan dan
pembentukan buah. Oleh karena itu, wortel dan lobak akan dipanen sebelum
pembungaan.
F.
Pertanyaan
Diskusi
1. Perhatikan
gambar di bawah ini kemudian isilah tabel yang disediakan!
No.
|
Nama
Jaringan
|
Fungsi
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
7
|
||
8
|
||
9
|
||
10
|
||
11
|
2.
Sebutkan perbedaan
jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan dikotil dan monokotil!
3.
Sebutkan akar yang
mengalami modifikasi struktur dan fungsinya sehingga memiliki fungsi tambahan
bagi tumbuhan.
G.
Kesimpulan
F.
Sumber
Zubaidah, Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas VIII. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
No comments:
Post a Comment