RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : SMP
Mata Pelajaran               : Biologi
Kelas/ Semester               : VIII/ I
Materi Pokok                  : Jaringan Tumbuhan
Topik                               : Jaringan akar tumbuhan
Alokasi Waktu                : 1 x 30 menit
 


A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2        Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
Indikator:
1.       Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.      Mengucapkan kalimat pujian kepada Tuhan YME atas nikmat dan karunia ciptaan-Nya
3.       Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
4.       Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5.       Mensyukuri kekayaan alam dengan memanfaatkannya secara benar semaksimal mungkin
6.       Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan YME setelah selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar)
2.1        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2        Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3        Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran zat aditif yang berbahaya
3.7        Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.
Indikator:
1.      Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun akar jaringan pada tumbuhan
2.      Menjelaskan fungsi strukur jaringan akar pada tumbuhan
3.      Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar
4.7  Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan
Indikator:
1.      Mengumpulkan data berdasarkan hasil pengamatan struktur jaringan akar tumbuhan
C.    Tujuan
1.      Siswa mampu mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan dengan tepat
2.      Siswa mampu Menjelaskan fungsi strukur jaringan akar pada tumbuhan dari hasil studi litertur dengan tepat
3.      Siswa mampu menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar secara sistematis berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan.
D.    Materi Pembelajaran
·         Struktur jaringan yang menyusun jaringan akar tumbuhan dari luar ke dalam adalah epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat.
·         Sel-sel epidermis tersusun rapat satu dengan yang lain, tanpa ruang antar sel.  Epidermis berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Epidermis dapat membentuk bulu-bulu akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan.
·         Korteks, memiliki susunan sel yang tidak rapat sehingga banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas. Jaringan korteks juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
·         Endodermis, tersusun atas selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan silinder pusat.
·         Pita Kaspari pada endodermis berfungsi mengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.
·         Silinder pusat atau stele, tersusun atas jaringan pembuluh pengangkut dan jaringan-jaringan lain.
·         Berkas-berkas pembuluh pengangkut terdiri atas xilem dan floem. Xylem atau pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dari akar melalui batang ke daun. Floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh bagian tumbuhan.
·         Fungsi akar antara lain untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada substrat (tanah), menyerap air dam garam-garam mineral terlarut dari substrat (tanah), membantu menegakkan batang, dan pada beberapa tumbuhan akar dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
E.     Pendekatan/ Metode/ Model Pembelajaran
·         Pendekatan          : Saintifik
·         Metode                 : Tanya jawab, Diskusi  
·         Model                   :Guided Inquiry
F.     Media Pembelajaran
Papan tulis, laptop, LCD/proyektor, gambar, kertas, tanaman dikotil dan monokotil, bola permainan lempar tangkap 
G.    Sumber Belajar
·         Sumber buku:
1.      Zubaidah, Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Campbell, Reece. 2010. Biologi jilid 2. Jakarta: Erlangga
H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan Saintifik
Alokasi Waktu 1 x 30 menit
a)      Kegiatan awal (5 menit)
Tahapan
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
· Guru memberi salam kemudian menuntun do’a, mengabsen siswa
· Menjawab salam dan  berdo’a, mempersiapkan diri melakukan pembelajaran
1 menit
Apersepsi
· Menanyakan kembali mengenai pelajaran sebelumnya tentang struktur dan fungsi organ tumbuhan
-“apa saja organ yang dimiliki tumbuhan?
·  Menjawab pertanyaan dari guru, sasaran jawaban adalah:
- akar, batang dan daun

1 menit
Motivasi
· Menampilkan ayat Quran mengenai tumbuhan (QS. Ibrahim:24) dan menghubungkan dengan konsep tumbuhan
· Menginformasikan pada siswa  bahwa selanjutnya akan mempelajari tentang struktur dan fungsi akar. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru.
· Siswa telah siap untuk melakukan pembelajaran selanjutnya
3 menit

b)      Kegiatan inti (20 menit)
Kegiatan
Aktifitas
Guru
Aktifitas
Siswa
Alokasi
Waktu
Mengamati
·   Guru memberikan penejelasan pengetahuan awal mengenai akar 
·   Menunjukkan tanaman dikotil dan monokotil di depan kelas, memberitahu siswa untuk mengamati struktur morfologi akarnya
·      Siswa memperhatikan dan mengidentifikasi kedua tanaman tersebut.

2 menit
Menanya
·      Menstimulus siswa untuk mengemukakan pertanyaan dari pengamatan yang dilakukan dan menginstruksikan siswa lain untuk memprediksi jawaban
·      Terstimulus untuk membuat pertanyaan dan memprediksinya. Target pertanyaan: “jenis tumbuhan dari kedua akar ini apa?”
·      Target jawaban prediksi: monokotil dan dikotil
5 menit
Eksperimen
·     Membentuk 2 kelompok besar
·     Membagikan LKS jaringan akar tumbuhan  (lks terlampir)
·     Menginstruksi dan membimbing siswa untuk mengerjakan kegiatan pengamatan hasil perbesaran mikroskop jaringan akar dikotil dan monokotil.
·     Siswa memulai melakukan kegiatan diskusi dengan tertib

3 menit
Mengasosiasi
·     Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mencari informasi  sendiri tentang pengamatan yang dilakukan
·      Mengajak siswa menalar hubungan antara struktur dan fungsi jaringan akar tumbuhan dengan akar
·      Mendiskusikan dengan teman sekelompok gambar hasil perbesaran mikroskop . Dan menyimpulkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan akar tumbuhan
5 menit
Mengkomunikasi
·     Memfasilitasi siswa perwakilan kelompok untuk mengutarakan hasil diskusi.
·     Perwakilan kelompok mengutarakan kesimpulan hasil diskusi.
5 menit

c)      Kegiatan penutup (5 menit)  
Tahapan
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Alokasi Waktu
Evaluasi
·       Menarik kesimpulan dan memberikan penguatan materi tentang struktur jaringan akar tumbuhan, kemudian mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dengan menampilkan soal PG (terlampir)
·      Mencatat hasil generalisasi dari kesimpulan dan penjelasan tambahan dari guru
·      Menjawab soal-soal yang diberikan guru

4 menit
Penutup
· Menginformasikan untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya tentang struktur batang tumbuhan.
· Membimbing siswa untuk berdoa dan memberi salam.
· Mencatat tugas yang diberikan untuk mempersiapkan pelajaran selanjutnya.
· Berdoa dan memberi salam.

1 menit

I.       Penilaian
Aspek
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Sikap spiritual
Observasi
Skala penilaian
Sikap sosial
Observasi
Skala penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis
Lembar Soal PG
Keterampilan
Tes praktik
 Penilaian kinerja dalam pengamatan
























INSTRUMEN PENILAIAN
A.   Sikap Spiritual (Observasi)

LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester            :XI (sebelas)/1
Tahun Pelajaran          :…
Periode pengamatan   : tanggal… s.d ….
Kompetensi dasar         : Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
Indikator sikap:
1.       Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2.       Mengucapkan kalimat pujian kepada Tuhan YME atas nikmat dan karunia ciptaan-Nya
3.       Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
4.       Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
5.       Mensyukuri kekayaan alam dengan memanfaatkannya secara benar semaksimal mungkin
6.       Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan YME setelah selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar)
No
Nama Peserta Didik
Skor indikator sikap spirirtual (1-4)
Jumlah skor
Nilai
Ind. 1
Ind. 2
Ind. 3
Ind. 4
Ind. 5
Ind. 6
Ind. 7
1










2










3










4










5










6
Dst.









Petunjuk penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 (: 4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan; 3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan; 2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan; 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan)
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Contoh : Skor diperoleh berjumlah 20, skor tertinggi 4x7 pernyataan = 28, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat baik     :apabila memperoleh nilai 3,20-4,00 (80-100)
Baik                 : apabila memperoleh nilai 2,80-3,19 (70-79)
Cukup             :apabila memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang                        :apanila memperoleh skor kurang 2,40 (kurang dari 60 %)

 
 



                                






















1.   Sikap Sosial

Aspek yang dinilai
Aturan penilaian
1      Teliti
1. Tidak teliti dalam eksperimen
2. Kurang teliti dalam eksperimen
3. Teliti dalam ekseperimen
4. Sangat teliti dalam eksperimen
2      Kerja sama
1.   Tidak kerja sama dengan baik selama kerja kelompok
2.   Kurang kerja sama dengan baik selama kerja kelompok
3.                                           kerja sama dengan baik selama kerja kelompok
4.                                           Sangat kerja sama dengan baik selama kerja kelompok
3      Disiplin
1.    Tidak mengikuti proses pembelajaran
2.    Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang terlambat > 15 menit
3.    Mengikuti proses pembelajaran tetapi datang terlambat < 15 menit
4.    Mengikuti proses pembelajaran tepat waktu
4      Jujur
1.       Tidak jujur dalam membuat analisis data ekperimen
2.    Kurang jujur dalam membuat analilisi data ekperimen
3.    Jujur dalam membuat analisis data ekperimen
4.    Sangat jujur dalam membuat analisis data ekperimen
5      Komunikasi
1.   menyampaikan pendapat tidak disertai dengan argumen
2.   menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang kurang baik
3.   menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang baik
4.   menyampaikan pendapat disertai dengan argument yang sangat baik

Nilai :
Jumlah Skor   X 100
        20

2.      Pengetahuan (Tes tertulis)

INDIKATOR
Bentuk instrumen
Contoh Soal
1.      Mendeskripsikan struktur jaringan yang menyusun akar jaringan pada tumbuhan

PG
1. Perbedaan berkas pengangkut pada akar monokotil dengan akar dikotil adalah....
a.       Berkas pengangkut pada dikotil berselang seling membentuk lingkaran
b.      Berkas pengangkut xylem pada monokotil berbentuk bintang
c.       Antara xylem dan floem pada dikotil dipisahkan oleh kambium
d.      Antara xylem dan floem pada dikotil tidak memiliki kambium
Jawab: c
2. Rambut atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan....
a.       Epidermis
b.      Endodermis
c.       Korteks
d.      Silinder pusat
jawab: a

3. Perhatikan gambar penampang melintang akar dikotil di bawah ini :
Bagian yang ditunjuk nomor 1 dan 2 adalah ....
a. floem, epidermis
b. xilem, endodermis
c. korteks, epidermis
d. sklerenkim, epidermis
e. empulur, epidermis

jawab: c
2.      Menjelaskan fungsi strukur jaringan akar pada tumbuhan
4. Perhatikan gambar anatomi akar di samping! Berdasarkan gambar, fungsi dari struktur X adalah....
a. Memperluas daerah penyerapan air dan unsur hara dari tanah
b. Melindungi akar ketika menembus tanah
c. Mengangkut air dan unsur hara dari tanah
d. Menopang pohon untuk tetap dapat berdiri
jawab: a
3.      Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar


5. Berikut ini, bagian-bagian akar yang dilalui oleh air tanah secara berturut-turut adalah....
a.   epidermis bulu akar – parenkim – endodermis – xilem akar
b.   epidermis bulu akar – endodermis – parenkim – xilem akar
c.   epidermis bulu akar – kambium – parenkim – xilem akar
d.  kulit luar – kambium –endodermis – xilem akar
jawab: a

3.      Penilaian Psikomotorik
No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Melakukan Eksperimen
Pengolahan data
Presentasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1















2















3















4
















 Rubrik Penilaian Psikomotorik
NO
ASPEK PENILAIAN
PENILAIAN
K
C
B
SB
1
Melakukan Eksperimen
Tidak melakukan eksperimen tetapi melakukan kegiatan lain selama waktu pengamatan.
Tidak melakukan eksperimen dan hanya berdiam diri saja.
Melakukan eksperimen tetapi kurang berkontribusi.
Melakukan eksperimen dan berkontribusi penuh selama kegiatan pengamatan.
2
Pengolahan Data
Tidak mampu mengolah data hasil pengamatan.
Kurang mampu dalam mengolah data hasil pengamatan
Mampu mengolah data hasil pengamatan tetapi dengan bantuan teman
Mampu mengolah dta hasil pengamatan dengan baik dan benar secara individual
3
Presentasi
Tidak dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
Kurang dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi
Dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas tetapi masih ragu-ragu
Dapat mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan baik dan lancer

Keterangan :
1         : Kurang
2         : Cukup
3         : Baik
4         : Sangat Baik

Nilai :
Jumlah Skor   X 100
        12








LEMBAR KERJA SISWA
A.    Judul
Struktur anatomi akar tumbuhan
B.     Kompetensi Dasar
4.7 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan
C.    Tujuan
Mengetahui struktur anatomi akar tumbuhan beserta fungsinya
D.    Petunjuk Pengerjaan
1. Bacalah landasan teori di bawah ini
2. Amati gambar akar kemudian isilah bagian-bagiannya
3. Diskusikan dengan teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan yang ada
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu
E.     Landasan Teori
Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai jangkar, melindungi tumbuhan dari tiupan angin atau arus air. Oleh karena itu, akar mampu mendukung bagian tumbuhan lainnya. Akar memiliki fungsi untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tempat tumbuhnya atau tanah, menyerap air dan garam-garam mineral terlarut dalam tanah, serta membantu menegakkan batang. Pada beberapa tumbuhan akar juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya karbohidrat atau zat tepung.
Akar tumbuhan dikotil maupun monokotil bila dilakukan irisan melintang tampak bagian-bagian (daerah) atau jaringan-jaringan penyusun dari luar ke dalam sebagai berikut. Epidermis, korteks, dan silinder pusat. Jaringan terluar akar adalah epidermis. Sel-sel epidermis tersusun rapat satu dengan yang lain, tanpa ruang antarsel. Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Epidermis dapat termodifikasi menjadi bulu-bulu akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan. Bagian kedua berupa daerah korteks yang berisi jaringan-jaringan parenkim. Jaringan parenkim terdiri atas lapisan-lapisan sel berdinding tipis. Susunan sel tidak rapat sehingga banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Korteks juga berfungsi untuk tempat penyimpanan cadangan makanan. Lapisan terdalam dari korteks disebut endodermis. Lapisan endodermis tersusun atas selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan silinder pusat. Pada endodermis ditemukan bentukan seperti pita yang disebut pita kaspari yang berfungsi sebagai pengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat.
Tumbuhan monokotil seperti padi, jagung, dan rumput memiliki sistem perakaran serabut. Akar serabut biasanya memiliki struktur akar yang tipis dan menyebar. Sebaliknya, pada tumbuhan dikotil seperti pada kacang tanah dan mangga memiliki sistem perakaran tunggang.
Akar pada beberapa tumbuhan tidak hanya berfungsi memperkuat tumbuhan dan menyerap air serta mineral saja, tetapi akar juga mengalami modifikasi sehingga memiliki fungsi tertentu. Misalnya akar talas berfungsi untuk tempat penyimpan cadangan makanan dan akar anggrek berfungsi sebagai akar napas. Pada wortel dan lobak akar tunggang berfungsi menyimpan cadangan makanan yang akan digunakan tumbuhan selama pembungaan dan pembentukan buah. Oleh karena itu, wortel dan lobak akan dipanen sebelum pembungaan.
F.     Pertanyaan Diskusi
1.      Perhatikan gambar di bawah ini kemudian isilah tabel yang disediakan!





No.
Nama Jaringan
Fungsi
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11



2.      Sebutkan perbedaan jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan dikotil dan monokotil!



3.      Sebutkan akar yang mengalami modifikasi struktur dan fungsinya sehingga memiliki fungsi tambahan bagi tumbuhan.
 





G.    Kesimpulan



F. Sumber

Zubaidah, Siti. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas VIII. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

No comments:

Post a Comment