Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
Struktur morfologi
dan jaringan penyusun akar
|
Fungsi akar
dan jaringan penyusun akar
|
Hubungan
struktur dan fungsi jaringan penyusun akar
|
|
Mengidentifikasi tujuan
pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik dapat mendeskripsikan
struktur morfologi dan
jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan
• dua jenis struktur akar: tuggang dan serabut
• dari luar ke dalam: epidermis, korteks, endodermis, dan
silinder pusat
• berkas-berkas pembuluh
pengangkut terdiri atas xilem dan floem
|
Peserta
didik dapat menjelaskan
fungsi jaringan peyusun akar
mendukung fungsi akar secara umum:
• struktur akar yang kuat menambatkan tubuh tumbuhan pada
substrat (tanah)
·menyerap air dam garam-garam
mineral terlarut dari substrat (tanah)
· membantu menegakkan batang, dan
pada beberapa tumbuhan
·menyimpan cadangan makanan
|
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara struktur dan
fungsi jaringan di akar:
·modifikasi epidermis, membentuk bulu-bulu akar, memperluas bidang
penyerapan.
·jaringan epidermis yang rapat, melindungi jaringan
yang di dalam
·susunan sel korteks yang tidak
rapat, banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas dan tempat penyimpanan
cadangan makanan.
·endodermis,
jaringan dalam selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan
silinder pusat.
|
Mengapa penting bagi siswa untuk
mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Dengan
mengetahui stuktur akar, peserta didik dapat membedakan klasifikasi tumbuhan
berdasarkan struktur morfologi akar tunggang atau serabut dan jaringannya
|
Sangat penting untuk peserta didik dapat mengerti
darimana dan bagaimana tumbuhan mendapat makanan dan mengapa tumbuhan bisa
berdiri tegak
Tumbuhan penting karena
menyediakan makanan
dan oksigen untuk kehidupan di bumi
|
Sangat
penting untuk peserta didik mengetahui dan memahami hubungan struktur dengan
fungsi jaringan
Jenis struktur
menentukan fungsi spesifik
Fungsi
akan selalu mengikuti dan sesuai dengan jenis strukturnya
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan
siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta
didik]
|
Kesulitan
konsep struktur morfologi dan jaringan akar:
• istilah-istilah empulur, xylem, floem, pita kaspari
• penggunaan mikroskop cahaya untuk melihat secara konkret jaringan akar
· membedakan antara akar dan batang terutama dalam umbi- umbian
|
Kesulitan konsep fungsi jaringan akar :
• banyak istilah dan fungsi spesifik tiap jaringan yang mugkin akan
membingungkan siswa. Diperlukan contoh gambar yang representatif untuk
membedakan tiap jaringan secara sistematis
• siswa mungkin masih sulit menyadari hubungan konsentrasi
relatif padat terlarut dalam
larutan yang mennunjukkan konsentrasi air
|
Kesulitan
konsep hubungan struktur dan fungsi :
• siswa mungkin masih sulit menyadari hubungan antara struktur pita
kaspari terhadap fungsinya yang membantu aerasi air
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa
yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta
didik]
|
• mengaitkan hubungan antara konsep akar sebelum pengetahuan dan pengalaman
siswa
|
Mengaitkan hubungan antara konsep dengandan pengalaman hidup siswa:
·Meminta siswa menjelaskan dari
mana akar mendapatakan makanan
|
Membuat
hubungan antara struktur dan fungsi akar dengan kejadian sehari-hari
|
Strategi pengajaran dan
representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi
ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi
instruksional dan representasi]
|
• menunjukkan gambar model akar tunggang dan serabut beserta jenis
tanamannya
|
Melakukan
diskusi dengan cara studi literature berkelompok mengenai jaringan serta
fungsinya
|
· Meminta siswa membuat
prediksi kontradiksi, misal apa yang akan terjadi jika jaringan epidermis itu
tipis
|
Mengidentifikasi cara memastikan
bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• perbedaan jaringan akar dikotil dan monokotil berdasarkan morfologi
dan anatominya
|
Menilai akurasi hasil diskusi untuk menentukan pemahaman siswa
• penjelasan siswa tentang cara akar mengambil unsur hara
• siswa menjelaskan hasil diskusi di depan kelas dan menjelaskan fungsi
masing-masing tiap jaringan
|
Menilai akurasi prediksi siswa
untuk menentukan pemahaman siswa:
• meminta siswa menjelaskan hubungan struktur dan fungsi akar
|
CoRe (Core Representation) Jaringan Tumbuhan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment