CoRe (Core Representation) Jaringan Tumbuhan


Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Struktur morfologi dan jaringan penyusun akar  
Fungsi akar dan jaringan penyusun akar
Hubungan struktur dan fungsi jaringan penyusun akar
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur morfologi dan jaringan yang menyusun akar pada tumbuhan
dua jenis struktur akar: tuggang dan serabut
dari luar ke dalam: epidermis, korteks, endodermis,  dan silinder pusat
berkas-berkas pembuluh pengangkut terdiri atas xilem dan floem
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan peyusun akar mendukung fungsi akar secara umum:
struktur akar yang kuat menambatkan tubuh tumbuhan pada substrat (tanah)
·menyerap air dam garam-garam mineral terlarut dari substrat (tanah)

· membantu menegakkan batang, dan pada beberapa tumbuhan

·menyimpan cadangan makanan
Peserta didik dapat  menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan di akar:

·modifikasi epidermis, membentuk bulu-bulu akar, memperluas bidang penyerapan.

·jaringan epidermis yang rapat, melindungi jaringan yang di dalam

·susunan sel korteks yang tidak rapat, banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas dan tempat penyimpanan cadangan makanan.

·endodermis, jaringan dalam selapis sel yang menjadi pembatas antara korteks dan silinder pusat.
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui stuktur akar, peserta didik dapat membedakan klasifikasi tumbuhan berdasarkan struktur morfologi akar tunggang atau serabut dan jaringannya
Sangat penting untuk peserta didik dapat mengerti darimana dan bagaimana tumbuhan mendapat makanan dan mengapa tumbuhan bisa berdiri tegak

Tumbuhan penting karena menyediakan makanan
dan oksigen untuk kehidupan di bumi
Sangat penting untuk peserta didik mengetahui dan memahami hubungan struktur dengan fungsi jaringan
Jenis struktur menentukan fungsi spesifik
Fungsi akan selalu mengikuti dan sesuai dengan jenis strukturnya
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Kesulitan konsep struktur morfologi dan jaringan akar:
istilah-istilah empulur, xylem, floem, pita kaspari
penggunaan mikroskop cahaya untuk melihat secara konkret jaringan akar
·  membedakan antara akar dan batang  terutama dalam umbi- umbian
Kesulitan konsep fungsi jaringan akar :
banyak istilah dan fungsi spesifik tiap jaringan yang mugkin akan membingungkan siswa. Diperlukan contoh gambar yang representatif untuk membedakan tiap jaringan secara sistematis
siswa mungkin masih sulit menyadari hubungan konsentrasi relatif padat terlarut dalam larutan yang mennunjukkan konsentrasi air

Kesulitan konsep hubungan struktur dan fungsi :
siswa mungkin masih sulit menyadari hubungan antara struktur pita kaspari terhadap fungsinya yang membantu aerasi air
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• mengaitkan hubungan antara konsep akar sebelum pengetahuan dan pengalaman siswa
Mengaitkan hubungan antara konsep dengandan pengalaman hidup siswa:
·Meminta siswa menjelaskan dari mana akar mendapatakan makanan
Membuat hubungan antara struktur dan fungsi akar dengan kejadian sehari-hari 
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
menunjukkan gambar model akar tunggang dan serabut beserta jenis tanamannya
 Melakukan diskusi dengan cara studi literature berkelompok mengenai jaringan serta fungsinya

·   Meminta siswa membuat
prediksi kontradiksi, misal apa yang akan terjadi jika jaringan epidermis itu tipis 
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
perbedaan jaringan akar dikotil dan monokotil berdasarkan morfologi dan anatominya
Menilai akurasi hasil diskusi untuk menentukan pemahaman siswa
• penjelasan siswa tentang cara akar mengambil unsur hara
siswa menjelaskan hasil diskusi di depan kelas dan menjelaskan fungsi masing-masing tiap jaringan
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
meminta siswa menjelaskan hubungan struktur dan fungsi akar


No comments:

Post a Comment