RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Pemanasan Global


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP
Mata Pelajaran          : IPA Terpadu
Kelas/Semester          :  VII  / 2 (Genap)
Materi Pokok             : Pemanasan Global
Alokasi Waktu           :  1 x 30 Menit (1 jam pelajaran)
 


A.      Kompetensi Inti  
KI  1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolh dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1   Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
1.1.2   Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
1.1.3   Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.

2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.1.1   Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.1.2   Mengumpulkan tugas tepat waktu.
2.1.3   Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
2.1.4   Membantu orang yang membutuhkan.
2.1.5   Menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.
2.1.6   Aktif dalam kerja kelompok.
2.1.7   Menghormati orang lain.
2.1.8   Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.

3.10     Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem.
3.10.1    Mengetahui definisi pemanasan global.
3.10.2    Menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global.
3.10.3    Menjelaskan dampak pemanasan global bagi ekosistem.
3.10.4    Mengetahui upaya penanggulangan pemanasan global.

C.    Tujuan Pembelajaran
3.10.1.1   Peserta didik mampu mengetahui definisi pemanasan global secara cermat, teliti, dan benar.
3.10.2.1   Peserta didik mampu menyebutkan penyebab terjadinya pemanasan global cara benar dan tepat.
3.10.4.1   Peserta didik mampu menjelaskan dampak pemanasan global bagi ekosistem secara teliti, cermat, dan bertanggung jawab dengan cara diskusi.
3.10.4.2   Peserta didik mampu mengetahui upaya penanggulangan pemanasan global secara teliti, cermat, dan bertanggung jawab dengan cara diskusi.

D.    Materi Pembelajaran
Pemanasan Global
Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi meningkat 0,74 ± 0,18o C (1,33 ± 0,32oF) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca”.
Penyebab pemanasan global adalah efek rumah kaca. Energi matahari mengenai permukaan bumi, kemudian ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah akan dipantulkan kembali ke bumi oleh awan, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan. Panas yang terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbondioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini.
Pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan stratosfer, sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan stratosfer bagian bawah paling tidak telah diamati sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi bila aktivitas matahari menjadi kontributor utama pemanasan saat ini. Penipisan lapisan ozon juga dapat memberikan efek pendinginan tersebut tetapi penipisan tersebut terjadi mulai akhir tahun 1970-an.
Dampak pemanasan global diantaranya:
   Perubahan Cuaca dan Iklim
   Menurunkan Hasil pertanian
   Pengaruh Terhadap Hewan dan tumbuhan
   Pengaruh Terhadap Kesehatan Manusia
Upaya penanggulan pemanasan global yaitu:
1.      Konservasi lingkungan, dengan melakukan penanaman pohon dan penghijauan di lahan-lahan kritis.
2.      Menggunakan energi yang bersumber dari energi alternatif guna mengurangi penggunaan energi bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara).
3.      Daur ulang dan efisiensi energi.
4.      Upaya pendidikan kepada masyarakat luas dengan memberikan pemahaman dan penerapan atas prinsip-prinsip sebagai berikut:
a)    Dimensi manusia, Manusia berperan sebagai pengguna-perusak-pelestari alam. Manusia harus diberi kesadaran akan pentingnya alam bagi kehidupannya.
b)   Penegakan hukum dan keteladanan
c)    Keterpaduan
d)   Mengubah pola pikir dan sikap

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Saintifik
Metode                  : Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab

F.     Media Pembelajaran
Media        : LCD, Laptop, PPT, Papan Tulis, Spidol, Gambar,
Sumber      : Kemendikbud. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Buku dan sumber lain yang relevan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Pendahuluan (6 menit)
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·       Guru memberikan salam kepada peserta didik dengan ramah.
·   Peserta didik menjawab salam guru dengan ramah.

2 menit
·       Guru meminta peserta didik untuk berdoa bersama.
·   Peserta didik melakukan doa bersama yang dipimpin oleh ketua murid (KM).
·       Guru mengabsen pesera didik
·   Peserta didik yang namanya disebut oleh guru akan menunjuk tangan.

·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·   Peserta didik mendengarkan guru.
4 menit
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan menunjukkan fakta-fakta terjadinya pemanasan global.
·   Peserta didik memperhatikan guru






b.   Kegiatan Inti (19 menit)
No
Pendekatan Saintifik
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi waktu
1.       
Mengamati
·      Guru menampilkan salah satu gambar akibat dampak pemanasan global.
·      Guru menjelaskan sedikit mengenai dampak pemanasan global.
·   Peserta didik mengamati gambar akibat pemanasan global yang ditampilkan guru.
5 menit
2.       
Menanya
·      Guru meminta peserta didik mengajukan pertanyaan terkait apa yang telah ditunjukkan.
·   Peserta didik diprediksi bertanya “Bagaimana bisa es di kutub utara dan selatan dapat mencair?” “Selain peristiwa mencairnya es di kutub, adakah dampak lain dari pemanasan global ?”
2 menit
3.       
Mencoba
·      Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok.
·      Guru meminta peserta didik untuk mencari dan mendiskusikan dampak lain dari pemanasan global melalui internet dan studi pustaka dari buku peserta didik.
·   Peserta didik mencari dan mendiskusikan  dampak lain dari pemanasan global dan menelusuri informasi melalui internet dan buku yang dimiliki oleh peserta didik.
7 menit
4.       
Mengasosiasi
·      Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusinya.
·   Peserta didik menyimpulkan hasil diskusinya.
2 menit
5.       
Mengkomunikasikan
·      Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan hasil diskusinya.
·      Guru mengamati cara penyampaian peserta didik.
·      Guru meminta peserta didik untuk menyanggah atau menambahkan pendapat temannya.
·   Salah satu peserta didik dari tiap kelompok menyampaikan dan menyimpulkan dari hasil diskusinya.
·   Peserta didik menyanggah atau menambhan pendapat temannya.
3 menit


c.    Kegiatan Penutup (5 menit)
Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta didik
Alokasi Waktu
Penutup
·    Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini secara bersama-sama dan meluruskan jika ada yang keliru.
·   Peserta didik bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
3 menit
·    Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok.
·   Peserta didik memperhatikan guru dan memberikan apresiasi kepada sesama temannya untuk saling menghargai.
·    Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik.
·   Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru.

·    Guru memberikan tugas kepada peseta didik untuk mengerjakan soal latihan.
·   Peserta didik menyimak tugas yang diberikan guru.
2 menit
·    Guru memberi salam kepada peserta didik
·   Peserta didik menjawab salam.


H.    PENILAIAN
Teknik dan Bentuk Instrumen
1.    Sikap Spiritual
Teknik Penilaian              : Nontes (Observasi, Penilaian Diri)           
Instrumen Penilaian         : Lembar Observasi
Lembar Penilaian Diri

2      Sikap Sosial
Teknik Penilaian              : Non Tes (Penilaian Antarteman)  
Instrumen Penilaian         : Lembar Penilaian Antarteman

3.    Pengetahuan
Teknik penilaian             : Tes
Imstrumen                      : PG, Isian

4.    Sikap Psikomotorik (Keterampilan)
            Teknik                           : Nontes
            Instrumen                      : Portofolio



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMAN 1 Tangerang                                                  Guru Mata Pelajaran
                                                     

Nengsih Juanengsih, M.Pd                                                                 Randhika Khairunnisa
NIP. 1234567891011                                                                         NIP. 1112016100043


Lampiran 1
·      Observasi
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.    Instrunen ini dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.

C.      Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester                : ………
Tahun Pelajaran               : ………
Periode Pengamatan       : tanggal … s.d. …
Butir Nilai                       : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap               :    
1.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
2.    Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
3.    Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual (1-4)
Jumlah Skor
Nilai
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1.






2.






3.






4.
Dst.





Lampiran 2
·     Penilaian Diri
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
A.    Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
B.    Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.
C.    Lembar Penilaian Diri
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik          : …..…..
Kelas/Semester                  : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran                 : ………
Butir Nilai                          : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Indikator Sikap                  :    
1.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
2.    Menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
3.    Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.
No
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
1.
Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.




2.
Saya menghormati orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.




3.
Saya bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sebagai makhluk ciptaan-Nya.




Jumlah Skor








Lampiran 3
·      Lembar Penilaian Antarteman
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK)

A.  Petrunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Penilaian Antarpeserta Didik.
2.    Instrunen ini dimulai diisi peserta didik untuk menilai pesertadidik lain/temannya.

B.     Petunjuk Pengisisan
Berdasarkan perilaku teman kalian selama dua minggu terakhir, nialialah sikap temanmu dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Antarpeserta Didik dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan.

C.  Lembar Penilaian Antarpeserta Didik

LEMBAR PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik yang dinilai  : …..…..
Kelas/Semester                              : ………
Hari/Tanggal Pengisian                 : ……....
Tahun Pelajaran                             : ………
Butir Nilai                                     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Indikator Sikap                             :
1.        Menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.
2.        Mengumpulkan tugas tepat waktu.
3.        Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

4.        Membantu orang yang membutuhkan.
5.        Menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.
6.        Aktif dalam kerja kelompok.
7.        Menghormati orang lain.
8.        Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.
9.        Memelihara lingkungan sekitar.
10.    Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain.
11.    Membuang sampah pada tempatnya.
Sikap
Pernyataan
Skor
4
3
2
1
Jujur
Temanku menyampaikan informasi sesuai dengan fakta yang ada.




Disiplin
Temanku mengumpulkan tugas tepat waktu.




Tanggung Jawab
Temanku melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.




Peduli
Temanku membantu orang yang membutuhkan.




Temanku memelihara lingkungan sekitar.




Temanku Tidak melakukan aktivitas yang mengganggu dan merugikan orang lain.




Temanku membuang sampah pada tempatnya.




Toleransi
Temanku menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan agama.




Gotong Royong
Temanku aktif dalam kerja kelompok.




Santun
Temanku menghormati orang lain.




Percaya Diri
Temanku berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya.




Jumlah Skor











Lampiran 4
·      PG, Isian
A.  Pilihan Ganda (PG)
Berilah tanda (X) pada huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang paling benar!
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
Memahami pemanasan global
1.        Pemanasan global adalah proses ...
a.    Peningkatan suhu rata-rata atmosfer
b.    Peningkatan suhu bumi
c.    Peningkatan permukaan laut
d.   Semua benar
D
1
Menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global.

2.      Gas penyebab efek rumah kaca adalah ...
a.       Oksigen
b.      Nitrogen
c.       Karbon dioksida
d.      Helium
C
1
Menjelaskan dampak pemanasan global bagi ekosistem.

3.      Yang bukan merupakan akibat adanya pemanasan global adalah ...
a.       Meningkatnya permukaan air laut
b.      Adanya cuaca yang tidak menentu
c.       Adanya produksi pertanian yang optimal
d.      Gangguan kesehatan pada manusia
C
1
4.      Salah satu dampak mencairnya es di kutub adalah ...
a.       Meningkatkan permukaan air laut
b.      Permukaan tanah meningkat
c.       Kadar CO2 bertambah banyak
d.      Menurunkan permukaan air laut
A
1
Mengetahui upaya penanggulangan pemanasan global
5.      Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar gas penyebab efek rumah kaca adalah ...
a.       Menggunakan bahan bakar minyak
b.      Melakukan penanaman pohon
c.       Mengganti bahan bakar minyak dengan bahan bakar gas alam
d.      Menggunakan AC yang berbahan freon

B
1



B.       Jawabalah pertanyaan dibawah ini dengan tepat dan benar !
Indikator
Soal
Kunci Jawaban
Skor
Memahami pemanasan global
1.      Apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi.
20
Menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global.

2.      Apa penyebab terjadinya pemanasan global? Jelaskan!
Pemansan global dapat terjadi karena efek rumah kaca.
20
3.      Bagaimana proses terjadinya efek rumah kaca? Jelaskan!
Efek rumah kaca terjadi ketika panas dari matahari yang dipantulkan permukaan bumi terperangkap dan dipantulkan kembali ke bumi oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer. Artinya, panas yang seharusnya dipantulkan keluar dari bumi, akan dipantulkan kembali ke bumi. Dengan demikian, suhu di bumi akan meningkat. Penyebab utama efek rumah kaca ini adalah menumpuknya kandungan gas karbon dioksida (CO2).
20
Menjelaskan dampak pemanasan global bagi ekosistem.

4.      Jelaskan dampak yang terjadi akibat adanya pemanasan global!
Dampak yang terjadi akibat pemanasan global antara lain perubahan cuaca dan iklim, kenaikan permukaan laut, menurunnya produksi pertanian, dan mempengaruhi kehidupan hewan dan tanaman, serta kesehatan manusia.
20
Mengetahui upaya penanggulangan pemanasan global
5.      Bagaimana upaya dalam menanggulangi pemanasan global?
·      Konservasi lingkungan, dengan melakukan penanaman pohon dan penghijauan di lahan-lahan kritis.
·      Menggunakan energi yang bersumber dari energi alternatif guna mengurangi penggunaan energi bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara).
·      Daur ulang dan efisiensi energi.
·      Mengubah pola pikir dan sikap. Manusia berperan sebagai pengguna-perusak-pelestari alam. Manusia harus diberi kesadaran akan pentingnya alam bagi kehidupannya.
·      Penegakan hukum dan keteladanan
20





























Lampiran 4
·      Portofolio
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PSIKOMOTORIK
(LEMBAR PORTOFOLIO)
a.    Petunjuk Umum
1.    Instrument penilaian sikap psikomotorik ini berupa Lembar Portofolio.
2.    Instrunen ini dimulai diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

b.   Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan dengan memberi tanda centang (√) pada kolom  skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang diamati.
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang diamati.
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati.
Skor 1 apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati.

c.    Lembar Portofolio
LEMBAR PORTOFOLIO
Kelompok                               : ............
Nama Peserta Didik               : …..…..
Kelas/Semester                       : ………
Hari/Tanggal Pengisian : ……....
Tahun Pelajaran                      : ………
NO.
Kriteria Penialian
Hasil pengamatan
1
2
3
4
1.
Tugas dikumpulkan tepat waktu




2.
Jawaban sesuai dengan materi yang diajar




3.
Referensi yang dipakai resmi dan relevan




4.
Tidak plagiat




5.
Bekerja di kelompok dengan baik




Jumlah










No comments:

Post a Comment