PROPOSAL PEMBUATAN SEMIPROGRAM PEMBELAJARAN FISIKA Tentang GERAK MELINGKAR DAN PEMINDAHAN GERAK MELINGKAR



GERAK MELINGKAR DAN PEMINDAHAN GERAK MELINGKAR
A.   Materi

Gerak Melingkar adalah Benda bergerak yang lintasannya berbentuk lingkaran. Gerak Melingkar terdiri atas:
1.    Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Gerak melingkar beraturan didefinisikan sebagai gerak partikel yang bergerak melingkar dengan laju konstan, arah vektor kecepatan berubah terus-menerus, tetapi besarnya tidak.
2.    Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB) adalah gerak partikel/benda yang mempunyai laju tidak konstan.
Gerak melingkar (rotasi) mempunyai tiga komponen:
a.    Perpindahan sudut (q )
Sudut q  dalam gerak melingkar dinyatakan oleh hubungan
                                                                          (1)
Keterangan: q  = Perpindahan sudut
                  s = Panjang
                  r = Jari-jari Lingkaran
Dengan s adalah panjang busur dan r adalah jari-jari lingkaran sebagaiman ditunjukkan pada gambar 1. Jika pengukuran q dimulai dari sumbu x positif berlawanan arah dengan putaran jarum jam, maka q  berharga positif (Gambar 1). Sebaliknya, jika pengukuran q yang dimulai dari sumbu x positif searah dengan putaran jarum jam, maka q  berharga negatif.
b.    Kecepatan Sudut (w)
Pada saat t1 , posisi sudut partikel P adalah q1 dan pada saat t2 posisi sudutnya q2 (Gambar 2). Pergeseran sudut partikel P dalam selang waktu Dt = t2 – t1 adalah Dq = q2 - q1, kecepatan sudut rata-rata v partikel P dalam selang waktu itu didefinisikan sebagai
                                                          (2)

Keterangan: v = Kecepatan sudut rata-rata
                  q1  = Perpindahan sudut awal
                  q2  = Perpindahan sudut akhir
                  t1 = Waktu awal
                  2 = Waktu akhir

Kecepatan sudut sesaat didefinisikan sebagai kecepatan sudut rata-rata pada selang waktu yang sangat singkat. Dengan kata lain, kecepatan sudut rata-rata dapat berubah menjadi kecepatan sudut sesaat ketika selang waktunya sangat singkat. Persamaan (2) dapat dihitung untuk selang waktu yang sangat singkat yaitu Dt ® 0. Secara matematis, kecepatan sudut sesaat didefinisikan sebagai.
                                                         (3)
Satuan kecepatan sudut dapat dinyatakan dengan radian per sekon (rad/s) atau putaran per sekon.
Dari persamaan (1) kita dapat mencari posisi sudut dengan
                                                               (4)
c.    Percepatan sudut (a)
Jika kecepatan sudut partikel P tidak tetap, berarti partikel mengalami percepatan sudut. Andaikan kecepatan sudut sesaat partikel P pada saat t1 dan t2 berturut-turut adalah w1 dan w2 , percepatan sudut rata-rata <a> partikel P didefinisikan sebagai:
                                                      (5)
Percepatan sudut sesaat, a, adalah harga limit dari untuk Dt ® 0. jadi,
                                                        (6)
Berdasarkan persamaan (4) dan (6), percepatan sudut sesaat dapat dirumuskan dengan
                                                (7)
Jadi, percepatan sudut sesaat meruoakan turunan kedua dari fungsi posisi sudut terhadap waktu.
Dari persamaan (6), kita dapat mencari kecepatan sudut dengan
                                                              (8)
Satuan percepatan sudut dapat dinyatakan dengan radian per sekon kuadrat.

B.   Contoh
Contoh 1:
Sebuah benda bergerak dari titik a ke b, dengan lintasan melingkar. jarak titik a ke b adalah 1 m sedangkan jari-jarinya 0.5 m. Berapa perpindahan sudutnya?
Jawab:
                Perpindahan sudut = Jaeak dari a ke b / jari-jari
                                                        = 1 m / 0.5 m = 2 rad
Contoh 2:
Sebuah mobil bergerak melingkar dengan perpindahan sudut sebesar 20 rad dan membutuhkan waktu sebanyak 4 sekon. Berapa kecepatan sudut mobil tersebut?
Jawab:
 Ingat! Kecepatan sudut adalah perpindahan sudut per satu detik. atau Kec. Sudut = Perp. Sudut/waktu
                                                          = 20 rad/4 s = 5 rad/s
Maka, mobil tersebut memiliki kecepatan sudut 5 rad/s
Contoh 3:
Sebuah Sepeda BMX melakukan atraksi memutar dengan kecepatan  putaran 40 rad/s selama 4 sekon. Berapa percepatannya?
Jawab:
               Percepatan sudut = Kec. Sudut/waktu
                                                    = 40 rad/s/4 s
                                                    = 10 rad/s2
C.   Soal


D.   Flowchart
 



E.    Keterangan Flowchart
1.   Menu Program
Dalam menu program ini ditampilkan judul dan penyusun program ini. Disamping itu ada tiga option dalam tampilan ini:
a.    About: Option ini merupakan option yang akan menampilkan kata pengantar, system requirement, keterangan tombol, dan kelebihan program ini.
b.    Start: Option yang akan melanjutkan program menuju menu pembelajaran.
c.    Exit: Option ini akan dipilih jika pengguna program tidak tertarik dengan program ini, karena option ini berfungsi untuk mengakhiri program.
2.   Log in data
Merupakan kotak log in, yang berfungsi memasukkan data pengguna program.
3.   Menu Pembelajaran
Dalam layar ini akan ditampilkan 4 menu pembelajaran:
a.    Daftar Isi; Dalam daftar isi ini akan ditampilkan materi mengenai Gerak Melingkar, dan beberapa subbab dalam gerak melingkar. Seperti: GMB, GMBB, Posisi sudut, kecepatan sudut, dan percepatan sudut.
b.    Peta Konsep; Selain melalui menu daftar isi, para pengguna program juga bisa mengakses menu pembelajaran melalui menu peta konsep. Tentunya hal ini disajikan agar para pengguna program lebih mudah memahami materi yang disajikan.
c.    Soal; Untuk menguji pemahaman pengguna program. Maka ada menu soal yang berisi sepuluh pertanyaan dengan tingkatan easy, medium, dan hard. Setiap jawaban akan dinilai secara otomatis, dengan nilai per soal sepuluh.
d.    Ringkasan Materi; berisi rangkuman dari keseluruhan materi. Dalam menu ini akan ditampilkan penyajian materi yang sedikit berbeda, yaitu dengan menggunakan logika. Sehingga akan lebih mudah lagi bagi pengguna program ini untuk lebih memahami materi yang disajikan.

Dalam setiap sub-bab materi akan diusahakan ditampilkan animasi-animasi yang tentunya akan lebih memudahkan lagi bagi pengguna program untuk memahami isi materi.
Dalam setiap layar materi selalu ada empat pilihan, yaitu continue untuk melanjutkan materi, back untuk kembali ke materi sebelumnya, home untuk kembali ke menu pembelajaran, dan exit untuk keluar dari program.
Keterangan Tombol
  
= Tombol Continue (Melanjutkan ke layer selanjutnya)
= Tombol Back (Kembali ke layer sebelumnya)
= Tombol Exit (Mengakhiri pemakaian program)
= Tombol About (Memberikan Informasi yang berkaitan dengan program.
= Tombol Home (kembali ke menu pembelajaran)



F.    Peta Konsep



No comments:

Post a Comment