LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI Kesiapan Sektor Peternakan dalam Menyediakan Bahan Pangan Hewani Bagi Cimory Sebagai Indrustri Susu


Kesiapan Sektor Peternakan dalam Menyediakan Bahan Pangan Hewani Bagi Cimory Sebagai Indrustri Susu

A.      Tujuan
1.      Mengetahui kerjasama yang dilakukan perternakan yaitu KUD Giri Tani sebagai pemasok susu dengan PT CImory sebagai pembuat produk.
2.      Mengetahui kapasitas susu yang dapat dihasilkan untuk memenuhi pembuatan produk susu PT Cimory.
3.      Mengetahui langkah PT. Cimory untk mempertahankan kualitas dari pasokan bahan baku susu.
4.      Mengetahui produk olahan PT. Cimory yang dihasilkan dari bahan baku susu.
5.      Mengetahui kontribusi PT. Cimory dalam memenuhi kebutuhan konsumen produk susu segar sebagai industry susu.

B.       Dasar Teori
                 PT. Cisarua Mountain Dairy didirikan pada tahun 2006 dan merupakan salah satu anak perusahaan MACRO Group, yang bergerak di dalam bidang pangan berbasiskan empat protein alami terbaik yaitu daging (PT. Macroprima Panganutama), susu (PT. Cisarua Mountain Dairy), telur (PT. Java Egg Specialities) dan kacang kedelai (PT. Indosoya Sumber Protein).
PT. Cisarua Mountain Dairy sangat peduli dengan kehidupan peternak susu di Indonesia. Dalam upaya untuk mengurangi impor susu bubuk serta menaikkan taraf hidup para peternak, PT. Cisarua Mountain Dairy menyerap susu lokal dengan harga yang sangat baik. Artinya, semua produk yang diproduksi PT. Cisarua Mountain Dairy berbahan dasar susu segar, hasil dari bumi Indonesia. Alhasil, Media Bisnis Indonesia memberikan penghargaan ‘Anugerah Produk Asli’ kategori susu cair kepada PT. Cisarua Mountain Dairy pada tahun 2009.
Sapi yang ada di Cimory ini, semuanya kelahiran Cisarua, tapi nenek moyangnya dari Belanda, yang di habitat aslinya hidup jauh dari keramaian. Jenis sapi perah yang diambil susunya ada jenis sapi Frisian Holsteiner atau FH (Frisian Holand). Nama “-steiner” berasal dari nama penemunya.FH harus hidup di lingkungan yang tenang agar tidak stress danmenghasilkan susu yang terbaik.

Ciri-ciri sapi Friesian Holstein
·         Bagian lutut sampai bawah bewarna putih,
·         Pada kepala, minimal terdapat warna putih.
Ciri-ciri sapi Friesian Holsteinjantan:
·         Kepalanya bewarna putih,
·         Tidak sampai setengah tahun sejak lahir, Friesian Holstein jantan akan dijadikan sapi potong.
Ciri-ciri sapi Friesian Holsteinbetina
·         Terdapat segitiga putih atau garis putih dari atas kepala sampai dagunyapada kepalanyayang hitam.

C.       Variabel, Rumusan Masalah, dan Hipotesis
1.      Variabel
Variabel bebas
:
Kesiapan sector perternakan menyediakan bahan pangan.
Variabel terikat
:
Kualitas susu Cimory sebagai industrial susu



2.      Rumusan masalah
a.       Bagaimana konstribusi peternakan sebagai pemasok bahan baku susu dalam memenuhi kebutuhan harian PT. Cimory?
b.      Apasaja yang menjadi hambatan bagi peternak KUD Giri tani dalam menyuplai produk susu ke PT. Cimory?
c.       Bagaimana PT Cimory meningkatkan kualitas dari pasokan bahan baku susu?
d.      Apa saja produk olahan susu segar yang dapat dihasilakn PT. Cimory?
e.       Bagaimana konstribusi PT. Cimory dalam pemenuhan bahan pangan hewani masyarakat?





3.      Hipotesis
H0
:
Tidak ada pengaruh sector perternakan bagi kualitas susu cimory sebagai industrial susu.
H1
:
Ada pengaruh antara sector peternakan bagi kualitas susu cimory sevagai industrial susu.

D.    Pembahasan
Menurut berbagai penelitian yang telah banyak dilakukan, Cimory menyerap pasokan susu mereka dari dua-tiga KUD di Bogor dan Sukabumi, yakni KUD Giri Tani, KUD Cipanas, dan KUD Sukabumi. Strategi bisnis Cimory adalah mengembangkan kemampuan supplier-nya.
Cimory menyerap susu segar dari peternak lokal dengan harga yang lebih tinggi dari harga IPS, selama peternak bisa memberikan susu segar dengan kualitas premium.
Kontrak dengan peternak terus diperbaharui dan dievaluasi. Dalam perjanjian kerjasama, Cimory menawarkan dua pilihan kepada pihak KUD, berupa pemberian keuntungan dalam bentuk saham atau peningkatan harga susu yang lebih mahal. Pada umumnya peternak memilih mendapatkan harga susu 10 persen lebih mahal dibandingkan harga susu segar lainnya kepada pihak KUD dengan keuntungan 10 persen untuk pihak KUD.
Penyediaan susu segar sebagai bahan dasar diambil dari Koperasi Unit Desa (KUD) yang sudah bekerjasama dengan perusaahaan susu tersebut.
Proses penerimaan susu segar dari peternak adalah sebagai berikut : mula-mula petemak mengumpulkan susu segar dalam milk can ke pengumpul. Dari pengumpul susu segar ini diangkut oleh truk pengangkut susu segar menuju ke KUD. Biasanya pabrik susu menerima susu segar mulai pukul 06.00 sampai 14.00. setelah jam tersebut, setoran susu segar ditolak karena dikhawatirkan sudah rusak akibat pertumbuhan mikrobia, mengingat kemungkinan penyimpanan susu segar di KUD yang terlalu lama. Sebelum susu segar tersebut diterima oleh Pabrik Susu, terlebih dahulu dilakukan pengujian terhadap kualitas yang meliputi: uji bakteriologis, uji fisis dan uji organoleptis yang dilakukan oleh bagian Quality Assurance (QA).
Susu segar yang telah dinyatakan release oleh QA segera dipompa dari mobil tangki ke balance tank untuk menyeimbangkan aliran dan mengukur volumenya. Susu yang masuk melalui pipa pemasukan akan mengangkat pelampung yang ada di dalam balance tank. Pelampung tersebut berfungsi untuk menjaga permukaan air susu dalam tangki tetap konstan. Setelah penuh, katup secara otomatis akan menutup pipa pemasukan dan proses pengisian berhenti.
Pasteurisasi bertujuan untuk membunuh semua mikroba pathogen yang dapat merusak susu serta menyebabkan penyakit pada bayi. Mikroba pathogen yang banyak terdapat pada susu antara lain Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit tuberkulosis, Coxiella burnetti, penyebab penyakit Q fever, Salmonella, Shigella sp., penyebab penyakit enterik seperti thypoid dan parathypoid, serta Enterobacter sakazakii penyebab penyakit radang otak pada bayi. Pasteurisasi juga dimaksudkan untuk memperpanjang daya simpan produk dengan cara menginaktivasi enzim yang terdapat dalam susu seperti lipase, fosfatase, peroksidase dan katalase.
Pasteurisasi dilakukan secara kontinyu menggunakan suhu tinggi dalam waktu singkat, atau disebut sistem HTST (High Temperature Short Time). Suhu yang digunakan adalah 83 oC dengan penahanan dalam holding tube selama 15 detik. Waktu yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nutrisi terutama protein yang mudah mengalami denaturasi.
PHE untuk pasteurisasi tersiri dari tiga bagian, yaitu bagian regenerasi, pasteurisasi dan pendinginan..
Susu dialirkan ke bagian regenerasi untuk mengalami pemanasan awal menggunakan medium pemanas yaitu susu yang telah mengalami pasteurisasi bersuhu 60 oC. Susu kemudian dialirkan ke bagian pasteurisasi untuk mengalami pemanasan lebih lanjut hingga suhu 83 oC dengan medium pemanas steam bersuhu 110 oC. Susu lalu masuk holding tube untuk ditahan suhunya selama 15 detik
Setelah itu susu didinginkan dengan melewati bagian regenerasi terlebih dahulu sehingga terjadi kontak tidak langsung karena dibatasi oleh plat. Dengan cara demikian, susu segar yang baru masuk akan mengalami pemanasan awal dan susu yang sudah dipasteurisasi akan mengalami penurunan suhu. Pendinginan kemudian dilakukan di bagian pendingin sampai suhu mencapai 4 oC. Pendinginan bertujuan untuk shocking bacteria, yakni mematikan bakteri yang tahan terhadap suhu pasteurisasi. Apabila kondisi pasteurisasi tidak mencapai suhu dan waktu yang ditentukan, maka secara otomatis susu kembali ke balance tank untuk diproses ulang. Selanjutnya susu dialirkan ke unit compounding.
a.       Mixing Tank         : pemberian rasa pada susu
b.      Homogenisasi       : proses pemecahan partikel-partikel lemak yang dikandung susu.
c.       Dicampur gula sedikit. .Dipanaskan
d.      Pasturisasi 90 derajat Celsius
e.       Didinginkan kembali 4 derajat Celsius
Setelah proses-proses tersebut, susu siap dikemas ke dalam botol dandisimpan di storage untuk kemudian dipasarkan.

E.     Kesimpulan
1.      Cimory menyerap susu segar dari peternak lokal dengan harga yang lebih tinggi dari harga IPS, selama peternak bisa memberikan susu segar dengan kualitas premium.
2.      Jarak menjadi hambatan dalam pengiruman susu dari KUD menuju pabrik pengolahan susu, namun pihak cimory mensiasatinnya dengan menggunakan mobil berpendingin udara dalam bagian tangkinnya, untuk mengurangi perkembangan bakteri di dalam susu tersebut.
3.      Setiap sebulan sekali pihak cimory datang ke KUD untu memeriksa keadaan sapi lingkungan dan makanan yang diberikan setiap harinya ke pada sapi, untuk terus menjaga kualitas susu yang dihasilkan oleh sapi tersebut.
4.      Pihak cimory memproduksi beberapa produk salah satu contohnya adalah yoghurt memanfaatkan susu-susu yang lewat dari masa kadaluarsa pihak cimory mensisatinnya dengan membuat olahan berupa yoghurt, dan pihak cimory membuat trobosan dengan membuat susu kedelai untuk orang-orang yang intoleransi laktosa.
5.      Kekentalan, tekstur dan warna yoghurt yang dihasilkan dari jenis susu UHT dan susu kental manis menghasilkan kekentalan yang sedang, tekstur lembut dan berwarna putih.


F.      Daftar Pustaka
Nengsih, Juanengsih. dkk. 2012. Bioteknologi. Jakarta: UIN Press.
Anonym, sejarah berdirinnya PT Cimory  http://www.slideshare.net/indrisranti/sejarah-cimory?from_action=save diakses pada tangga 28-mei -15 pukul 08.41
Anonym, pengembangan olahan susu cimory  http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2013/04/26/-1366948215.pdf diakses pada tanggal 1 juni 2015 pukul 08.40

Anonym, oenyuluhan cara berternak yang baik oleh pihak cimory http://ekonomi.kompasiana.com/agrobisnis/2013/07/10/cimory-berinovasi-dengan-peternak-lokal-575959.html.diakses pada tanggal 1 juni 2015 pukul 9.00

No comments:

Post a Comment