Konten Representasi (CORE) Sistem Organisasi Kehidupan

    
Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Sel dan bagian-bagiannya


Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
System organisasi kehidupan
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik mengetahui sel dan bagian-bagiannya

Fungsi sel pada makhluk hidup

Perbedaan uniseluler dan multiseluler
Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan

Peserta didik  dapat mengetahui tingkatan system organisasi kehidupan dari tingkat sel sampai organisme

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Penting bagi peserta didik untuk mengetahui apa itu sel dan bagian penyusun sel, karena sel unit structural dan fungsional terkecil dari suatu organisme

Dengan mengetahui fungsi dari sel peserta didik dapat memahami perbedaan dari uniseluler dan multiselular

Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik dapat mengetahui perbedaan antara sel-sel penyusun hewan dan sel-sel penyusun tumbuhan

Penting untuk mengetahui system organisasi kehidupan siswa dapat memahami keaneka ragaman penyusun pada setiap organisme dari tingkatan terkecil sampai menjadi organisme
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Sel memiliki bagian bagian yang menyusunnya, bagian-bagian penyusun sel memiliki peran yang berbeda-beda yang berpotensi peserta didik mengalami kesulitan dari bagian-bagian sel
Berbedanya susunan antara bagian sel hewan dan tumbuhan akan mengalami perbedaan pula pada system kerja dari sel hewan dan sel tumbuhan, yang bisa menjadi kesulitan bagi peserta didik
Potensi kesulitan pada konsep ini bagi peserta didik antara lain kesalahn ururtan system organisasi kehidupan
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar virus dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian penyusun sel
Mengaitkan hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa

Menampilkan gambar sel hewan dengan sel tumbuhan dan meminta peserta didik untuk menunjukan perbedaan pada sel hewan dan tumbuhan
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman siswa

Meminta siswa untuk menyebutkan tahapan pembentukan organisme dari tingkat sel sampai menjadi organisme
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari bentuk sel dan bagian-bagiannya agar peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami sel dan bagian-bagiannya
Menampilkan dan membuat poster tentang sel hewan dan sel tumbuhan agar lebih memahami perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
Menunjukan contoh gambar dari tingkatan sel sampai menjadi organisme
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)
Mempertanyakan siswa

Meminta siswa menjelaskan sel dan bagian-bagiannya
Meminta siswa untuk menjelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan

Meminta siswa untuk menjelaskan system organisasi kehidupan

   

No comments:

Post a Comment