Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
Sel
dan bagian-bagiannya
|
Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan
|
System
organisasi kehidupan
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik mengetahui sel dan bagian-bagiannya
Fungsi
sel pada makhluk hidup
Perbedaan
uniseluler dan multiseluler
|
Peserta
didik mampu menjelaskan perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan
|
Peserta
didik dapat mengetahui tingkatan
system organisasi kehidupan dari tingkat sel sampai organisme
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Penting
bagi peserta didik untuk mengetahui apa itu sel dan bagian penyusun sel,
karena sel unit structural dan fungsional terkecil dari suatu organisme
Dengan
mengetahui fungsi dari sel peserta didik dapat memahami perbedaan dari
uniseluler dan multiselular
|
Setelah
pembelajaran diharapkan peserta didik dapat mengetahui perbedaan antara
sel-sel penyusun hewan dan sel-sel penyusun tumbuhan
|
Penting
untuk mengetahui system organisasi kehidupan siswa dapat memahami keaneka
ragaman penyusun pada setiap organisme dari tingkatan terkecil sampai menjadi
organisme
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar virus
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Sel
memiliki bagian bagian yang menyusunnya, bagian-bagian penyusun sel memiliki
peran yang berbeda-beda yang berpotensi peserta didik mengalami kesulitan
dari bagian-bagian sel
|
Berbedanya
susunan antara bagian sel hewan dan tumbuhan akan mengalami perbedaan pula
pada system kerja dari sel hewan dan sel tumbuhan, yang bisa menjadi
kesulitan bagi peserta didik
|
Potensi
kesulitan pada konsep ini bagi peserta didik antara lain kesalahn ururtan
system organisasi kehidupan
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar virus dan meminta peserta didik untuk menyebutkan bagian-bagian
penyusun sel
|
Mengaitkan
hubungan antara konsep dengan pengalaman siswa
Menampilkan
gambar sel hewan dengan sel tumbuhan dan meminta peserta didik untuk
menunjukan perbedaan pada sel hewan dan tumbuhan
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman siswa
Meminta
siswa untuk menyebutkan tahapan pembentukan organisme dari tingkat sel sampai
menjadi organisme
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari bentuk sel dan bagian-bagiannya agar peserta didik dapat lebih
mudah untuk memahami sel dan bagian-bagiannya
|
Menampilkan
dan membuat poster tentang sel hewan dan sel tumbuhan agar lebih memahami
perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
|
Menunjukan
contoh gambar dari tingkatan sel sampai menjadi organisme
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Mempertanyakan
siswa
Meminta
siswa menjelaskan sel dan bagian-bagiannya
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
|
Meminta
siswa untuk menjelaskan system organisasi kehidupan
|
Konten Representasi (CORE) Sistem Organisasi Kehidupan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment