Pertimbangan
|
Ide Besar A
|
Ide Besar B
|
Ide Besar C
|
Fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh organisme autotrof
|
Fotosintesis terjadi di daun dengan proses penyusunan dari zat
organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang
kompleks yang memerlukan cahaya
|
Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta didik mampu memahami pengertian dari fotosintesis:
-
Fotosintesis
berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti
penyusunan
-
Merupakan
perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
|
Peserta didik mampu memahami :
-
Tempat
terjadinya fotosintesis
-
Reaksi yang
terjadi pada proses fotosintesis
-
Komponen-komponen
yang berperan dalam fotosintesis
-
Faktor-faktor
yang mempengaruhi fotosintesis
|
Peserta didik mampu memahami :
-
Peran
fotosintesis bagi tumbuhan, hewan, dan manusia
|
Mengapa penting bagi
siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Dengan mengetahui pengertian dari fotosintesis maka peserta didik
dapat menjelaskan bagaimana organisme autotrof dapat membuat makanannya
sendiri dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk
glukosa
|
-
Mendukung
pemahaman peserta didik bahwa dalam fotosintesis terjadi reaksi kimia antara
H2O dan CO2 dibantu oleh cahaya matahari yang diserap
oleh klorofil menghasilkan O2 dan senyawa glukosa
-
Dapat
mengaitkan antara reaksi fotosintesis dengan komponen yang mempengaruhi
proses tersebut
|
-
Menjelaskan
glukosa sebagai makanan bagi tumbuhan
-
Fotosintesis
menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan
-
Menguatkan
pemahaman peserta didik bahwa organisme autotrof yang membuat makanannya
dengan fotosintesis menempati tingkat produsen dalam rantai makanan
|
Mengidentifikasi
potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide
ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
-
Pemahaman
organisme autotrof dan heterotrof beserta contohnya
-
Sumber energi
cahaya yang alami yaitu dari matahari dan buatan contohnya lampu halogen
|
-
Tidak hanya
tumbuhan yang melakukan fotosintesis
-
Reaksi dengan
nama senyawa yang rumit
-
Pembuktian
bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dan glukosa
|
- Konsep bahwa selain menghasilkan tumbuhan pun membutuhkan oksigen
dalam respirasi
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengajukan pertanyaan perbedaan organism autotrof dan heterotrof
beserta contohnya
Mengajukan pertanyaan apakah perbedaan tumbuhan, hewan, dan
manusia dalam memperoleh makanan
Guru menyajikan gambar perbedaan tanaman dengan intensitas cahaya
matahari cukup dengan di tempat gelap, peserta didik diminta mengidentifikasi
|
-
Meminta
peserta didik membuat persamaan reaksi dari fotosintesis
-
Mengajukan
pertanyaan pengaruh apabila suatu komponen tidak ada/berkurang jumlahnya
dalam reaksi fotosintesis
|
- Mengajukan pertanyaan bagaimana kulitas udara jika ditanami
banyak tumbuhan
- Menyajikan gambar rantai makanan dan peserta didik diminta
mengidentifikasi apabila produsen berkurang
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan gambar berupa penjelasan bahwa organisme autotrof
contohnya alga, beberapa bakteri, dan yang paling mudah diamati adalah
tumbuhan memperoleh makanan dengan proses fotosintesis yang sangat memerlukan
cahaya
|
-
Menampilkan anatomi
daun
-
Menampilkan video
reaksi fotosintesis
-
Melakukan uji
Ingenhouz dan uji Yodium
|
-
Melakukan
diskusi dari perubahan lingkungan yang jarang ditemui tumbuhan atau suatu
ekosistem yang tidak seimbang kaitannya dengan fotosintesis pada produsen
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan
tentang Penilaian]
|
Peserta didik diminta menjelaskan perbedaan cara memperoleh
makanan antara organisme autotrof dan heterotrof
|
Meminta peserta didik menjelaskan reaksi kimia dari proses
fotosintesis serta maksud dari uji Ingenhouz dan uji Yodium
Memberikan soal berupa TTS agar lebih memahami istilah
|
CONTENT REPRESENTATION Fotosintesis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment