CONTENT REPRESENTATION Fotosintesis

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C

Fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh organisme autotrof
Fotosintesis terjadi di daun dengan proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya
Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.

Peserta didik mampu memahami pengertian dari fotosintesis:
-    Fotosintesis berasal dari kata foto yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan
-    Merupakan perubahan energi cahaya menjadi energi kimia
Peserta didik mampu memahami :
-   Tempat terjadinya fotosintesis
-   Reaksi yang terjadi pada proses fotosintesis
-   Komponen-komponen yang berperan dalam fotosintesis
-   Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
Peserta didik mampu memahami :
-   Peran fotosintesis bagi tumbuhan, hewan, dan manusia

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Dengan mengetahui pengertian dari fotosintesis maka peserta didik dapat menjelaskan bagaimana organisme autotrof dapat membuat makanannya sendiri dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa


-   Mendukung pemahaman peserta didik bahwa dalam fotosintesis terjadi reaksi kimia antara H2O dan CO2 dibantu oleh cahaya matahari yang diserap oleh klorofil menghasilkan O2 dan senyawa glukosa
-   Dapat mengaitkan antara reaksi fotosintesis dengan komponen yang mempengaruhi proses tersebut
-    Menjelaskan glukosa sebagai makanan bagi tumbuhan
-    Fotosintesis menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan
-    Menguatkan pemahaman peserta didik bahwa organisme autotrof yang membuat makanannya dengan fotosintesis menempati tingkat produsen dalam rantai makanan
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
-    Pemahaman organisme autotrof dan heterotrof beserta contohnya

-    Sumber energi cahaya yang alami yaitu dari matahari dan buatan contohnya lampu halogen

-    Tidak hanya tumbuhan yang melakukan fotosintesis
-    Reaksi dengan nama senyawa yang rumit
-    Pembuktian bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dan glukosa
-     Konsep bahwa selain menghasilkan tumbuhan pun membutuhkan oksigen dalam respirasi
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengajukan pertanyaan perbedaan organism autotrof dan heterotrof beserta contohnya

Mengajukan pertanyaan apakah perbedaan tumbuhan, hewan, dan manusia dalam memperoleh makanan

Guru menyajikan gambar perbedaan tanaman dengan intensitas cahaya matahari cukup dengan di tempat gelap, peserta didik diminta mengidentifikasi
-   Meminta peserta didik membuat persamaan reaksi dari fotosintesis

-   Mengajukan pertanyaan pengaruh apabila suatu komponen tidak ada/berkurang jumlahnya dalam reaksi fotosintesis
-  Mengajukan pertanyaan bagaimana kulitas udara jika ditanami banyak tumbuhan

-  Menyajikan gambar rantai makanan dan peserta didik diminta mengidentifikasi apabila produsen berkurang
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar berupa penjelasan bahwa organisme autotrof contohnya alga, beberapa bakteri, dan yang paling mudah diamati adalah tumbuhan memperoleh makanan dengan proses fotosintesis yang sangat memerlukan cahaya

-   Menampilkan anatomi daun
-   Menampilkan video reaksi fotosintesis
-   Melakukan uji Ingenhouz dan uji Yodium
-   Melakukan diskusi dari perubahan lingkungan yang jarang ditemui tumbuhan atau suatu ekosistem yang tidak seimbang kaitannya dengan fotosintesis pada produsen
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Peserta didik diminta menjelaskan perbedaan cara memperoleh makanan antara organisme autotrof dan heterotrof
Meminta peserta didik menjelaskan reaksi kimia dari proses fotosintesis serta maksud dari uji Ingenhouz dan uji Yodium

Memberikan soal berupa TTS agar lebih memahami istilah

Meminta peserta didik menjelaskan pentingnya fotosintesis bagi kehidupan di bumi

No comments:

Post a Comment