3.8 Memahami tekanan pada zat cair
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah,
difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
Konten Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide
Besar A
|
Ide
Besar B
|
Ide
Besar C
|
Organ – organ sistem respirasi manusia
|
Fungsi sistem respirasi pada manusia
|
Mekanisme pernapasan dada dan perut
|
|
Mengidentifikasi
tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan Organ – organ sistem respirasi
manusia
|
Peserta
didik mampu menyebutkan fungsi sistem respirasi
|
Peserta
didik dapat menjelaskan mekanisme pernapasan dada dan perut
|
Mengapa
penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
(pengetahuan
kurikulum)
|
Dengan
mengetahui organ – organ sistem respirasi peserta didik
dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain
|
-
Sangat penting
untuk menyebutkan fungsi sistem respirasi pada manusia ke
dalam kelasnya
-
Dapat menjelaskan fungsi sistem respirasi pada manusia ke dalam kelasnya
|
Peserta didik dapat membedakan mekanisme pernapasan
perut dan pernapasan dada
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa
keterbatasaan yang terkait dengan mengajar sistem respirasi
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Diperlukan
gambar/charta yang jelas dan menarik bagi peserta didik tentang sistem
respirasi manusia
|
-
Dalam menyebutkan fungsi sistem respirasi , memerlukan lembar kerja
siswa, agar peserta didik termotivasi mengetahui fungsi dari organ sistem
respirasi
|
Karena untuk dapat menjelaskan perbedaan pernapasan
perut dan pernapasan dada, diperlukan kemampuan untuk mengaitkan materi
tentang organ dan fungsi sistem respirasi manusia
|
Mengidentifikasi
pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini
(pengetahuan
siswa sebagai peserta didik)
|
Mengaitkan
pembelajaran organ respirasi dengan pengalaman peserta didik sehari-hari
Menampilkan
gambar organ sistem respirasi dan meminta peserta
didik untuk menyebutkannya
|
Dapat menyebutkan fungsi
dari organ sistem respirasi manusia
|
Membuat
hubungan antara konsep dan pengalaman peserta
didik sehari-hari
|
Strategi
pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk
menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini
(pengetahuan
tentang
strategi intruksional dan representasi)
|
Menampilkan
gambar dari bentuk organ – organ respirasi.
|
Memberikan tabel yang berisi fungsi – fungsi organ
respirasi dan manjelaskannnya di depan
kelas
|
Menampilkan contoh gambar sistem respirasi sdengan mekanisme pernapasan perut dan pernapasan
dada dengan diskusi kelompok dan studi literatur
|
Mengidentifikasi
cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan
(pengetahuan
tentang penilaian)
|
Meminta
peserta didik menjelaskan organ – organ sistem
respirasi, melalui pengamatan gambar / charta
|
Meminta
peserta didik untuk menjelaskan masing-masing fungsi organ pada sistem respirasi manusia
|
Peserta didik dapat mengisi tabel pemahaman, tentang pernapasan
perut dan dada
|
No comments:
Post a Comment