CORE Sistem Respirasi

3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis

Konten Representasi (CORE)

Pertimbangan
Ide Besar A
Ide Besar B
Ide Besar C
Organ – organ sistem respirasi manusia

Fungsi sistem respirasi pada manusia
Mekanisme pernapasan dada dan perut
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Peserta didik dapat menjelaskan Organ – organ sistem respirasi manusia





Peserta didik mampu menyebutkan fungsi sistem respirasi


Peserta didik  dapat menjelaskan mekanisme pernapasan dada dan perut

Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?

(pengetahuan kurikulum)
Dengan mengetahui organ – organ sistem respirasi peserta didik dapat membedakannya dengan makhluk hidup yang lain


-          Sangat penting untuk menyebutkan fungsi sistem respirasi pada manusia ke dalam kelasnya

-          Dapat menjelaskan fungsi sistem respirasi pada manusia ke dalam kelasnya
Peserta didik dapat membedakan mekanisme pernapasan perut dan pernapasan dada
 Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa keterbatasaan yang terkait dengan mengajar sistem respirasi

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
 Diperlukan gambar/charta yang jelas dan menarik bagi peserta didik tentang sistem respirasi manusia
-          Dalam menyebutkan fungsi sistem respirasi , memerlukan lembar kerja siswa, agar peserta didik termotivasi mengetahui fungsi dari organ sistem respirasi
Karena untuk dapat menjelaskan perbedaan pernapasan perut dan pernapasan dada, diperlukan kemampuan untuk mengaitkan materi tentang organ dan fungsi sistem respirasi manusia
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini

(pengetahuan siswa sebagai peserta didik)
Mengaitkan pembelajaran organ respirasi  dengan pengalaman peserta didik sehari-hari

Menampilkan gambar organ sistem respirasi dan meminta peserta didik untuk menyebutkannya
Dapat menyebutkan fungsi dari organ sistem respirasi manusia
Membuat hubungan antara konsep dan pengalaman peserta didik sehari-hari


Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan dengan ide ini

(pengetahuan
tentang strategi intruksional dan representasi)
Menampilkan gambar dari bentuk organ – organ respirasi.
Memberikan tabel yang berisi fungsi – fungsi organ respirasi  dan manjelaskannnya di depan kelas
Menampilkan  contoh gambar sistem respirasi sdengan mekanisme pernapasan perut dan pernapasan dada  dengan diskusi kelompok  dan studi literatur
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan

(pengetahuan tentang penilaian)

Meminta peserta didik menjelaskan organ – organ sistem respirasi, melalui pengamatan gambar / charta
Meminta peserta didik untuk menjelaskan masing-masing fungsi organ pada sistem respirasi manusia
Peserta didik dapat mengisi tabel pemahaman, tentang pernapasan perut dan dada
  



No comments:

Post a Comment