Konten
Representasi (CORE)
|
|||
Pertimbangan
|
Ide BesarA
|
Ide Besar
B
|
Ide Besar
C
|
Struktur pada sistem indra manusia berbeda-beda.
|
Pada sistem indra manusia memiliki fungsi yang
berbeda.
|
Banyak kelainan—kelainan yang terjadi pada sistem
indra manusia.
|
|
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa
dalam pelajaran ini.
|
Siswa harus memahami struktur dari sistem indra:
· Mata
memiliki tersusun dari bola mata yang memiliki 3 lapisan : sclera, koroid,
dan retina. Serta terdiri dari otot mata, lensa, dan bagian mata yang lain.
· Telinga
tersususun atas telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
· Lidah
permukaannya bersifat kasar, dilapisis dengan jaringan epithelium dan penuh
dengan tonjolan (papilla)
· Hidung
disusun oleh jaringan epitel olfaktori dan sel-sel reseptor olfaktori pada
rongga hidung bagian atas.
· Kulit
terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan subkutan. Serta memiliki 5 macam
reseptor
|
Siswa harus memahami fungsi dari sistem indra:
· Mata untuk
melihat
· Telinga
untuk mendengar
· Lidah untuk
mengecap
· Hidung
untuk pembau
· Kulit
sebagai peraba
|
Siswa harus memahami kelainan-kelainan yang terjadi
pada sistem indra:
• kelainan pada mata : Kekurangan vitamin A, glaukoma,
katarak, kelainan refraksi (miopi, hipermetropi, astigmatisme, dan presbiopi)
• kelainan pada telinga : tuli, otitis media, Motion
sikness (mabuk perjalanan)
• kelainan pada lidah : ageusia dan disgeusia
|
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten
ini?
[Pengetahuan kurikulum]
|
Struktur pada sistem indra manusia sangat penting
untuk proses hidup dan kehidupan:
·
Mengetahui bagian-bagian dari sistem indra pada
manusia beserta fungsinya
|
Fungsi sistem indra manusia :
• menerima stimulus dari lingkungan luar atau pun
dalam.
·
Untuk mengenali perubahan lingkunan di luar tubuh
(eksoreseptor)
|
Kelainan sistem indra manusia:
• mendukung pemahaman siswa terhadap struktur dan
fungsi sistem indra pada manusia.
• mendukung pemahaman siswa dalam hal memprediksi kelainan
yang terjadi dan upaya penegahannya.
|
Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan
keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
Struktur pada sistem indra manusia:
• struktur dari sistem indra pada manusia berupa
mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit yang berbeda-beda.
|
Fungsi sistem indra pada manusia:
• fungsi dari sistem indra pada manusia berupa mata,
telinga, lidah, hidung, dan kulit yang berbeda-beda yang di sesuaikan dengan
struktur atau bagian-bagiannya.
|
Kelainan sistem indra pada manusia:
·
Mengaitkan kelainan yang terjadi pada sistem indra
manusia dengan struktur dan fungsinya.
|
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi
pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
|
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa
terhadap struktur indra pada manusia
|
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum
pengetahuan dan pengalaman hidupnya
|
• Meminta siswa untuk memprediksi kelainan-kelainan yang
terjadi pada sistem indra manusia melalui studi kasus.
|
Strategi pengajaran dan representasi
diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk
melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan
representasi]
|
Ekspositori dengan media gambar
·
Siswa mengamati gambar yang di tampilkan guru
·
Siswa bersama guru menentukan struktur pada sistem
indra manusia
|
Ekspositori
dengan media gambar
·
Siswa mengamati gambar yang di tampilkan guru
·
Siswa bersama guru menentukan fungsi pada sistem
indra manusia
|
Studi kasus kelainan pada sistem indra manusia
Siswa:
1.Siswa membaa studi kasus yang di berikan guru
2. siswa memprediksi kelainan-kelainan yang terjadi
pada sistem indra manusia.
3. siswa menuliskan pada lembar kerja yang sudah di
sediakan mengenai kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia.
4. siswa bersama guru membahas seara bersama-sama.
|
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa
diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
|
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan struktur dari sistem
indra pada manusia
|
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• penjelasan siswa tentang struktur dan fungsi
sistem indra pada manusia melalui media gambar.
|
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan
pemahaman siswa:
• prediksi kelainan yang terjadi pada sistem indra
manusia melalui studi kasus
|
CoRe (Core Representation) Sistem Indera Pada Manusia
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment