CoRe (Core Representation) Sistem Indera Pada Manusia

Konten Representasi (CORE)
Pertimbangan
Ide BesarA
Ide Besar B
Ide Besar C
Struktur pada sistem indra manusia berbeda-beda.
Pada sistem indra manusia memiliki fungsi yang berbeda.
Banyak kelainan—kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia.
Mengidentifikasi tujuan pembelajaran bagi siswa dalam pelajaran ini.
Siswa harus memahami struktur dari sistem indra:
·   Mata memiliki tersusun dari bola mata yang memiliki 3 lapisan : sclera, koroid, dan retina. Serta terdiri dari otot mata, lensa, dan bagian mata yang lain.
·   Telinga tersususun atas telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
·   Lidah permukaannya bersifat kasar, dilapisis dengan jaringan epithelium dan penuh dengan tonjolan (papilla)
·   Hidung disusun oleh jaringan epitel olfaktori dan sel-sel reseptor olfaktori pada rongga hidung bagian atas.
·   Kulit terdiri atas lapisan epidermis, dermis, dan subkutan. Serta memiliki 5 macam reseptor  
Siswa harus memahami fungsi dari sistem indra:
·   Mata untuk melihat
·   Telinga untuk mendengar
·   Lidah untuk mengecap
·   Hidung untuk pembau
·   Kulit sebagai peraba

Siswa harus memahami kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem indra:
• kelainan pada mata : Kekurangan vitamin A, glaukoma, katarak, kelainan refraksi (miopi, hipermetropi, astigmatisme, dan presbiopi)
• kelainan pada telinga : tuli, otitis media, Motion sikness (mabuk perjalanan)
• kelainan pada lidah : ageusia dan disgeusia
Mengapa penting bagi siswa untuk mengetahui konten ini?
[Pengetahuan kurikulum]
Struktur pada sistem indra manusia sangat penting untuk proses hidup dan kehidupan:
·         Mengetahui bagian-bagian dari sistem indra pada manusia beserta fungsinya
Fungsi sistem indra manusia :
• menerima stimulus dari lingkungan luar atau pun dalam.
·         Untuk mengenali perubahan lingkunan di luar tubuh (eksoreseptor)
Kelainan sistem indra manusia:
• mendukung pemahaman siswa terhadap struktur dan fungsi sistem indra pada manusia.
• mendukung pemahaman siswa dalam hal memprediksi kelainan yang terjadi dan upaya penegahannya.

Mengidentifikasi potensi kesulitan siswa dan keterbatasan yang terkait dengan mengajar ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
Struktur pada sistem indra manusia:
• struktur dari sistem indra pada manusia berupa mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit yang berbeda-beda.
Fungsi sistem indra pada manusia:
• fungsi dari sistem indra pada manusia berupa mata, telinga, lidah, hidung, dan kulit yang berbeda-beda yang di sesuaikan dengan struktur atau bagian-bagiannya.
Kelainan sistem indra pada manusia:
·         Mengaitkan kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia dengan struktur dan fungsinya.
Mengidentifikasi pengetahuan siswa yang mempengaruhi pengajaran ide ini.
[Pengetahuan siswa sebagai peserta didik]
• Pentingnya membuat hubungan antara pemahaman siswa terhadap struktur indra pada manusia
• Membuat hubungan antara konsep dan siswa sebelum pengetahuan dan pengalaman hidupnya
• Meminta siswa untuk memprediksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia melalui studi kasus.
Strategi pengajaran dan representasi diimplementasikan dan alasan tertentu untuk menggunakan strategi ini untuk melibatkan para siswa dengan ide ini.
[Pengetahuan tentang strategi instruksional dan representasi]
Ekspositori dengan media gambar
·         Siswa mengamati gambar yang di tampilkan guru
·         Siswa bersama guru menentukan struktur pada sistem indra manusia
 Ekspositori dengan media gambar
·         Siswa mengamati gambar yang di tampilkan guru
·         Siswa bersama guru menentukan fungsi pada sistem indra manusia
Studi kasus kelainan pada sistem indra manusia
Siswa:
1.Siswa membaa studi kasus yang di berikan guru
2. siswa memprediksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia.
3. siswa menuliskan pada lembar kerja yang sudah di sediakan mengenai kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia.
4. siswa bersama guru membahas seara bersama-sama.
Mengidentifikasi cara memastikan bahwa konsep siswa diajarkan.
[Pengetahuan tentang Penilaian]
Mempertanyakan siswa:
• meminta siswa menjelaskan struktur dari sistem indra pada manusia
Menilai akurasi penjelasan siswa:
• penjelasan siswa tentang struktur dan fungsi sistem indra pada manusia melalui media gambar.
Menilai akurasi prediksi siswa untuk menentukan pemahaman siswa:
• prediksi kelainan yang terjadi pada sistem indra manusia melalui studi kasus

No comments:

Post a Comment