1.
Perbedaan Istilah
Tabel Perbedaan Kurikulum KBK dan Kurikulum
2013
KBK
|
Kurikulum 2013
|
1. Standar Kompetensi Lulusan
diturunkan dari Standar Isi
2. Standar Isi dirumuskan berdasarkan
tujuan mata pelajaran (standar kompetensi lulusan mata pelajaran) yang
dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
3. Pemisahan antara mata pelajaran
pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
4. Kompetensi diturunkan dari mata
pelajaran
5. Mata pelajaran lepas satu dengan
yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah.
|
1. Standar Kompetensi Lulusan
diturunkan dari kebutuhan
2. Standar Isi diturunkan dari
Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran
3. Semua mata pelajaran harus
berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,
4. Mata pelajaran diturunkan dari
kompetensi yang ingin dicapai
5. Semua mata pelajaran diikat oleh
kompetensi inti (tiap kelas)
|
Perbandingan Essensial Kurikulum
No
|
Kurikulum
2013
|
KBK
|
1
|
SKL (Standar Kompetensi
Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013.
Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar
Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun
2013
|
Standar Isi ditentukan terlebih
dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL
(Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
|
2
|
Aspek kompetensi lulusan ada
keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi
sikap, keterampilan, dan pengetahuan
|
lebih menekankan pada aspek
pengetahuan
|
3
|
di jenjang SD Tematik Terpadu
untuk kelas I-VI
|
di jenjang SD Tematik Terpadu
untuk kelas I-III
|
4
|
Jumlah jam pelajaran per minggu
lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
|
Jumlah jam pelajaran lebih sedikit
dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013
|
5
|
Proses pembelajaran setiap tema di
jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan
pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu standar proses dalam
pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan,
Menyimpulkan, dan Mencipta.
|
Standar proses dalam pembelajaran
terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi
|
6
|
TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai media
pembelajaran
|
TIK sebagai mata pelajaran
|
7
|
Standar penilaian menggunakan
penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan
pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
|
Penilaiannya lebih dominan pada
aspek pengetahuan
|
8
|
Pramuka menjadi ekstrakuler wajib
|
Pramuka bukan ekstrakurikuler
wajib
|
9
|
Pemintan (Penjurusan) mulai kelas
X untuk jenjang SMA/MA
|
Penjurusan mulai kelas XI
|
10
|
BK lebih menekankan mengembangkan
potensi siswa
|
BK lebih pada menyelesaikan
masalah siswa
|
2. Tabel
Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013
dengan
Kurikulum 2003
Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
|
Kurikulum Tahun 2003
|
|||
Kelas VII
|
|
|
|
|
KI
|
KD
|
Istilah setara KI pada
Kurikulum pembanding (SK)
|
Istilah setara KD pada
Kurikulum pembanding (KD)
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
-
|
-
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
1. Mengenali
Perkembangan Sains
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
11. Melakukan pengukuran
terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan
sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
11.1 Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan
serta satuan untuk masing-masing besaran tersebut
|
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
3.
Mengaplikasikan konsep
keanekaragaman makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri kehidupan
|
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
|
||
|
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
berdasarkan ciri yang diamati
|
3.3 Mengelompokan makhluk hidup
|
||
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
penyusun sel
|
3.5 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism berdasarkan interpretasi
hasil kegiatan
|
|||
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta
penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
|
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair,
dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
|
||
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi,
energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis
|
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
|
5.3 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan
energy pada tumbuhan hijau.
|
||
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu
tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
|
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta
penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
|
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair,
dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya.
|
||
3.8 Mendeskripsikan
interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
|
4. Mengidetifikasi komponen ekosistem dan saling
ketergantungan antar komponen, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan
untuk mengatasi pencernaan dan kerusakan lingkungan.
|
4.1 Menentukan
komponen penyusun ekosistem dan saling hubungan antar komponen.
|
||
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
|
|
4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaan dan kerusakan
lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan
pengamatan/percobaan.
|
||
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya
pemanasan global dan dampaknya bagi
ekosistem
|
15. Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata
surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan
udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.3 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi dilapisan litosfer yang terkait dengan masalah-masalah lingkungan.
|
||
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan
satuan tak baku dan satuan baku
|
11. Melakukan pengukuran
terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan
sederhana tentang dasar-dasar mekaika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
11.2 Melakukan pengukuran
dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
Kerja Ilmiah
1 Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
||
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
1.2 Melakukan
penyelidikan / penelitian
|
|||
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
|
2. Menggunakan alat dan
teknik serta keselamatan kerja dalam mengamati gejala kehidupan dengan cermat
|
2.1 Menggunakan mikroskop
dan peralatan lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
|
||
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
|
-
|
-
|
||
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat
fisika dan kimia
|
9 Melakukan percobaan
untuk membedakan unsur, senyawa, dan campuran, memisahkan campuran dengan
beberapa cara sesuai dengan karakteristiknya, membandingkan perubahan fisis
dan perubahan kimia, serta mengkomunikasikan hasilnya.
|
9.2 Melakukan percobaan
untuk memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristik
campuran
|
||
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat
larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun
alami
|
9.1 Membedakan sifat,
unsur, senyawa, dan campuran.
|
|||
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana
untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
|
|
|
||
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk
menyelidiki respirasi pada hewan
|
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
6.3 Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan
perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud
benda
|
12 Menerapkan konsep
zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
|
12.5 Mendeskripsikan
peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik
perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Kelas VIII
12.6 Mendeskripsikan
berbagai cara perpindahan kalor
|
|||
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
4. Mengindentifikasi
komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen ekosistem, serta
melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
|
|
||
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan
global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
|
4.3 Mendeskripsikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan
pengamatan/ pengamatan
|
|||
Kelas VIII
|
|
|
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
-
|
-
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
Kerja Ilmiah
1 1 Mengenali perkembangan
dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup
dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kelas VII
11. Melakukan pengukuran
terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan
sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan
alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan
dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami
oleh struktur tersebut
|
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
|
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian
tubuh tumbuhan, serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan
tertentu terhadap kesehatan manusia
|
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan
penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta
mengkomunikasikannya.
|
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan
menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia dirumah tangga serta
mengkomunikasikannya.
|
||
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot
manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
|
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi
beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat.
|
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan
vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
|
||
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia
|
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan
vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
|
|||
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan
|
6.2 Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
6.3 Mendeskripsikan system pernapasan pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
6.4 Mendeskripsikan system peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
|||
|
|
|
||
3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan)
dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat
adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
|
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan
penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta
mengkomunikasikannya
|
8.3 Mengidentifikasi bahan kimia alami dan
buatan(dalam kemasan) yang terdapat dalam bahan makanan(pewarna, pemanis,
pengawet dan penyedap).
8.4 Mengidentifikasi zat adiktif dan psikotropika.
|
||
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada
peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
|
-
|
-
|
||
|
|
|
||
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi
pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi
beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat
|
6.5 Mendeskripsikan system eksresi pada manusia dan
hubungannya denga kesehatan.
|
||
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan
pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas VIII
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang
dan optic serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
|
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang
serta parameter-parameternya.
13.2. Menerapkan konsep bunyi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses
pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
|
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik
serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
|
13.3 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan cermin dan
lensa.
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optic dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk
mengurangi resiko bencana
|
Kelas VII
15.Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata
surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan
udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan
bumi sebagai planet.
|
||
|
|
|
||
3.13 Mendeskripsikan
karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam
ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
|
15. Mendeskripsikan prilaku dan karakteristik tata surya
secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara
yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.1 Memaparkan
tata suryaa dan anggotanya.
|
||
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap
matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana
matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
|
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan
bumi sebagai planet.
|
|||
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada
makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
6. Mengkaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
-
|
|
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan
tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh
struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
|
5. Mengkaitkan hubungan
antara sturktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ pada
tumbuhan.
|
5.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan serta hama penyakit pada organ
tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan
dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
-
|
-
|
||
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
|
6. Mengaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
6.1 Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan vertebrata serta hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
|
11 Melakukan pengukuran
terhadap bergbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat
rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
11.9 Menunjukan manfaat
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan enzimatis pada makanan
|
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
6.2 Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
||
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide
pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif
dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
|
8 Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, meyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
sekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
|
8.4 Mendeskripsikan zat
adiktif dan psikotropika
|
||
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan
cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang
tertutup
|
12. Menerapkan konsep
zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
|
12.2 Mendeskripsikan
sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
|
||
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri
|
Kelas VIII
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
6.5 mendeskripsikan
sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang
getaran, gelombang, dan bunyi
|
13. Mendeskripsikan
dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk
teknologi sehari-hari
|
13.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
13.2 Menerapkan kosnep
bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang
pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
|
13.4 Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau
penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
|
Kelas VII
15. Mendeskripsikan
perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana sertaproses-proses
khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan
|
15.1 Memaparkan tata
surya dan anggotanya
|
||
Kelas IX
|
|
|
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
-
|
-
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam
aktivitas sehari-hari
|
Kerja ilmiah
1. Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem
reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta
kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.3 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cara
reproduksi organism.
|
|
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
7.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
7.2 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi, seleksi alam, dan
perkembangbiakan
|
|||
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk
dan dampaknya bagi lingkungan
|
7.4 Mengkaitkan teknologi reproduksi dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
|||
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya,
ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX
10.Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
cirri-ciri reaksi kimia dan sifat zat(asam,basa, dan garam) serta mengenal
partikel materi.
|
10.4 Menjelaskan konsep partikel materi (atom,ion
dan molekul) dan mengkomunikasikannya.
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik,
potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan
contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
|
Kelas IX
14.Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan
untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami
gejala-gejala listrik statis.
|
||
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik,
transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk
bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan
teknologi listrik di lingkungan sekitar
|
14.2 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus
listrik yang ditimbulkannya.
|
|||
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi
elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan
medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan
migrasi
|
14.5 Mendeskripsikan gejala kemagnetan dan
pemanfaatannya dalam teknologi.
|
|||
|
|
|
||
3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan
sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
|
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta
kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.5 Mendeskripsikan
proses dan hasil pewarisan sifat dan hasil penerapannya
|
||
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam
mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
7.6 Menerapkan
bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
|
|||
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang
merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
8. Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
|
8.1 Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
di rumah tangga serta mengkomunikasikannya
|
||
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang
hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
-
|
-
|
||
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
|
Kerja Ilmiah
1. Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|||
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|||
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
14. Menerapkan konsep
kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari
|
14.1 Menerapkan konsep
kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis
|
||
4.5
Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta
hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
14.4 Merumuskan
hubungan energi dengan daya listrik, serta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
4.6
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau
induksi elektromagnetik
|
14.6 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat induksi
elektromagnetik
|
|||
4.7
Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk
hidup
|
7. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan
lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.5 Mendeskripsikan
proses dan hasil pewarisan sifatdan penerapannya
|
||
4.8
Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang
penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
7.6 Menerapkan bioteknologi
dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
|
|||
4.9
Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak
merusak lingkungan
|
-
|
-
|
||
4.10
Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
-
|
-
|
||
3.Daftar KI/KD IPA SMP/MTs pada
K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan dari tabel tugas B)
Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
|
Kurikulum Tahun 2003
|
|||
Kelas VII
|
|
|
|
|
KI
|
KD
|
Istilah setara KI pada
Kurikulum pembanding (SK)
|
Istilah setara KD pada
Kurikulum pembanding (KD)
|
|
5.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
|
6.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
1. Mengenali
Perkembangan Sains
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
7.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang
ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian
dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam
pengukuran
|
11. Melakukan pengukuran
terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan
sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
11.1 Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan
serta satuan untuk masing-masing besaran tersebut
|
|
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari
benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
|
3.
Mengaplikasikan konsep
keanekaragaman makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri kehidupan
|
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
|
||
|
3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta
mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
berdasarkan ciri yang diamati
|
3.3 Mengelompokan makhluk hidup
|
||
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama
penyusun sel
|
3.5 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism berdasarkan interpretasi
hasil kegiatan
|
|||
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan
fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
|
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta
penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
|
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair,
dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
|
||
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi,
energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan
makanan, dan fotosintesis
|
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
|
5.3 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan
energy pada tumbuhan hijau.
|
||
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu
tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
|
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta
penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
|
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair,
dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya.
|
||
3.8 Mendeskripsikan
interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
|
4. Mengidetifikasi komponen ekosistem dan saling
ketergantungan antar komponen, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan
untuk mengatasi pencernaan dan kerusakan lingkungan.
|
4.1 Menentukan
komponen penyusun ekosistem dan saling hubungan antar komponen.
|
||
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
|
|
4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaan dan kerusakan
lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan
pengamatan/percobaan.
|
||
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya
pemanasan global dan dampaknya bagi
ekosistem
|
15. Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata
surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan
udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.3 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi dilapisan litosfer yang terkait dengan masalah-masalah lingkungan.
|
||
8.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
11. Melakukan
pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan
membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekaika, serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
11.2 Melakukan
pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi
terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
|
Kerja Ilmiah
1 Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
||
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi
terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
|
1.2 Melakukan
penyelidikan / penelitian
|
|||
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk
menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
|
2. Menggunakan alat dan
teknik serta keselamatan kerja dalam mengamati gejala kehidupan dengan cermat
|
2.1 Menggunakan
mikroskop dan peralatan lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
|
||
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan
bagian-bagiannya
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat
fisika dan kimia
|
9 Melakukan percobaan
untuk membedakan unsur, senyawa, dan campuran, memisahkan campuran dengan
beberapa cara sesuai dengan karakteristiknya, membandingkan perubahan fisis
dan perubahan kimia, serta mengkomunikasikan hasilnya.
|
9.2 Melakukan percobaan
untuk memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristik
campuran
|
||
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat
larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun
alami
|
9.1 Membedakan sifat,
unsur, senyawa, dan campuran.
|
|||
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana
untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
|
|
|
||
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk
menyelidiki respirasi pada hewan
|
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
6.3 Mendeskripsikan
sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan
perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud
benda
|
12 Menerapkan konsep
zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
|
12.5 Mendeskripsikan
peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik
perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Kelas VIII
12.6 Mendeskripsikan
berbagai cara perpindahan kalor
|
|||
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi
makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
4. Mengindentifikasi
komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen ekosistem, serta melakukan
upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan.
|
|
||
4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan
global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
|
4.3 Mendeskripsikan
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan
pengamatan/ pengamatan
|
|||
Kelas VIII
|
|
|
|
|
5.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
|
6.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari
|
Kerja Ilmiah
1 1 Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap Ilmiah
|
|||
7.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup
dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kelas VII
11. Melakukan pengukuran
terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan
sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan
alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang
terilhami oleh struktur tersebut
|
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara
struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
|
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian
tubuh tumbuhan, serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan
tertentu terhadap kesehatan manusia
|
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan
penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta
mengkomunikasikannya.
|
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan
menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia dirumah tangga serta
mengkomunikasikannya.
|
||
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot
manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
|
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi
beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat.
|
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan
vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
|
||
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka
manusia
|
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan
vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
|
|||
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan
|
6.2 Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
6.3 Mendeskripsikan system pernapasan pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan.
6.4 Mendeskripsikan system peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
|||
|
|
|
||
3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan)
dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat
adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
|
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan
penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta
mengkomunikasikannya
|
8.3 Mengidentifikasi bahan kimia alami dan buatan(dalam
kemasan) yang terdapat dalam bahan makanan(pewarna, pemanis, pengawet dan
penyedap).
8.4 Mengidentifikasi zat adiktif dan psikotropika.
|
||
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada
peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
|
|
|
||
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi
pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa
system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat
|
6.5 Mendeskripsikan system eksresi pada manusia dan
hubungannya denga kesehatan.
|
||
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan
pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas VIII
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang
dan optic serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
|
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang
serta parameter-parameternya.
13.2. Menerapkan konsep bunyi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses
pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
|
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik
serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
|
13.3 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan cermin dan
lensa.
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optic dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
|
|
|
||
3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan
fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk
mengurangi resiko bencana
|
Kelas VII
15.Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata
surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan
udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan
bumi sebagai planet.
|
||
|
|
|
||
3.13 Mendeskripsikan
karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam
ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
|
15. Mendeskripsikan prilaku dan karakteristik tata surya
secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara
yang terkait dengan masalah lingkungan.
|
15.1 Memaparkan
tata suryaa dan anggotanya.
|
||
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap
matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana
matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
|
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan
bumi sebagai planet.
|
|||
8.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada
makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
|
6. Mengkaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
-
|
|
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan
tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh
struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
|
5. Mengkaitkan hubungan
antara sturktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ pada
tumbuhan.
|
5.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan serta hama penyakit pada organ
tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan
dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
|
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
6.1 Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan vertebrata serta hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
|
11 Melakukan pengukuran
terhadap bergbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat
rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
11.9 Menunjukan manfaat
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan enzimatis pada makanan
|
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
6.2 Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
||
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide
pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif
dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
|
8 Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, meyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
sekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
|
8.4 Mendeskripsikan zat
adiktif dan psikotropika
|
||
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan
cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang
tertutup
|
12. Menerapkan konsep
zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
|
12.2 Mendeskripsikan
sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
|
||
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri
|
Kelas VIII
6. Mengaitkan hubungan
antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
|
6.5 mendeskripsikan
sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
||
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang
getaran, gelombang, dan bunyi
|
13. Mendeskripsikan
dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk
teknologi sehari-hari
|
13.1 Mendeskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
13.2 Menerapkan kosnep
bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
||
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang
pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
|
13.4 Mendeskripsikan
alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau
penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
|
Kelas VII
15. Mendeskripsikan
perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana sertaproses-proses
khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan
|
15.1 Memaparkan tata
surya dan anggotanya
|
||
Kelas IX
|
|
|
|
|
4.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang dianutnya
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
|
5.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama
dalam aktivitas sehari-hari
|
Kerja ilmiah
1. Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung
jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam
aktivitas sehari-hari
|
1.4 Bersikap ilmiah
|
|||
6.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem
reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta
kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.3 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cara
reproduksi organism.
|
|
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan,
sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
|
7.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
7.2 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi, seleksi alam, dan
perkembangbiakan
|
|||
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk
dan dampaknya bagi lingkungan
|
7.4 Mengkaitkan teknologi reproduksi dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
|||
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya,
ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX
10.Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
cirri-ciri reaksi kimia dan sifat zat(asam,basa, dan garam) serta mengenal
partikel materi.
|
10.4 Menjelaskan konsep partikel materi (atom,ion
dan molekul) dan mengkomunikasikannya.
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik,
potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan
contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
|
Kelas IX
14.Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan
untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami
gejala-gejala listrik statis.
|
||
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik,
transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk
bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan
teknologi listrik di lingkungan sekitar
|
14.2 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus
listrik yang ditimbulkannya.
|
|||
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi
elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan
medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan
migrasi
|
14.5 Mendeskripsikan gejala kemagnetan dan
pemanfaatannya dalam teknologi.
|
|||
|
|
|
||
3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan
sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
|
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta
kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.5 Mendeskripsikan
proses dan hasil pewarisan sifat dan hasil penerapannya
|
||
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam
mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
7.6 Menerapkan
bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
|
|||
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang
merusak lingkungan dan ramah lingkungan
|
8. Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
|
8.1 Mengidentifikasi,
mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia
di rumah tangga serta mengkomunikasikannya
|
||
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang
hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
|
Kerja Ilmiah
1. Mengenali
perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang
sains
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada
tumbuhan
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|||
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
1.3 Mengkomunikasikan
hasil penyelidikan/ penelitian
|
|||
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
|
14. Menerapkan konsep
kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari
|
14.1 Menerapkan konsep
kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis
|
||
4.5
Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta
hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
|
14.4 Merumuskan
hubungan energi dengan daya listrik, serta pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
4.6
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau
induksi elektromagnetik
|
14.6 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat induksi
elektromagnetik
|
|||
4.7
Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk
hidup
|
7. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan
lingkungan,teknologi dan masyarakat.
|
7.5 Mendeskripsikan
proses dan hasil pewarisan sifatdan penerapannya
|
||
4.8
Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang
penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui
produksi pangan
|
7.6 Menerapkan bioteknologi
dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
|
|||
4.9
Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak
merusak lingkungan
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
4.10
Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
||
4.Daftar KI/KD
(atau istilah lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang
belum ada pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)
KD pada kurikulum 2003 tercantum
semua pada kurikulum 2013.Bahkan lebih lengkap.Sehingga kurikulum 2013
menyempurnakan kurikulum 2003.
No comments:
Post a Comment