KBK VS KURIKULUM 2013

1.   Perbedaan Istilah

Tabel Perbedaan Kurikulum KBK dan Kurikulum 2013
KBK
Kurikulum 2013
1.   Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
2.   Standar Isi dirumuskan berdasarkan tujuan mata pelajaran (standar kompetensi lulusan mata pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
3.   Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan, dan pembentuk pengetahuan
4.   Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
5.   Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah.
1.   Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
2.   Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran


3.   Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan,

4.   Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
5.   Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)

Perbandingan Essensial Kurikulum   
No
Kurikulum 2013
KBK
1
SKL  (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013
Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
2
Aspek kompetensi lulusan ada keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
lebih menekankan pada aspek pengetahuan
3
di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-VI
di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-III
4
Jumlah jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
Jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013
5
Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta.
Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi
6
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai media pembelajaran
TIK sebagai mata pelajaran
7
Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
Penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan
8
Pramuka menjadi ekstrakuler wajib
Pramuka bukan ekstrakurikuler wajib
9
Pemintan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA
Penjurusan mulai kelas XI
10
BK lebih menekankan mengembangkan potensi siswa
BK lebih pada menyelesaikan masalah siswa



2.    Tabel Perbandingan KI dan KD IPA SMP/MTs. Pada Kurikulum 2013
dengan Kurikulum 2003

Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
Kurikulum Tahun 2003
Kelas VII



KI
KD
Istilah setara KI pada Kurikulum pembanding (SK)
Istilah setara KD pada Kurikulum pembanding (KD)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
-
-
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya



2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.   Mengenali Perkembangan Sains
1.4 Bersikap Ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap Ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
11.1 Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan serta satuan untuk masing-masing besaran tersebut
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.
Mengaplikasikan konsep keanekaragaman makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri kehidupan
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.3 Mengelompokan makhluk hidup
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.5 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism berdasarkan interpretasi hasil kegiatan
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
5.3 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan energy pada tumbuhan hijau.
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya.
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
4. Mengidetifikasi komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencernaan dan kerusakan lingkungan.
4.1 Menentukan komponen penyusun ekosistem dan saling hubungan antar komponen.
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup

4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaan dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan pengamatan/percobaan.
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
15. Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
15.3 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi dilapisan litosfer yang terkait dengan masalah-masalah lingkungan.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekaika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
Kerja Ilmiah
1 Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
1.2 Melakukan penyelidikan / penelitian
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
2. Menggunakan alat dan teknik serta keselamatan kerja dalam mengamati gejala kehidupan dengan cermat
2.1 Menggunakan mikroskop dan peralatan lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
-
-
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
9 Melakukan percobaan untuk membedakan unsur, senyawa, dan campuran, memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristiknya, membandingkan perubahan fisis dan perubahan kimia, serta mengkomunikasikan hasilnya.
9.2 Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristik campuran
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
9.1 Membedakan sifat, unsur, senyawa, dan campuran.
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau


4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
12 Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
12.5 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Kelas VIII
12.6 Mendeskripsikan berbagai cara perpindahan kalor
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4. Mengindentifikasi komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen ekosistem, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan pengamatan/ pengamatan
Kelas VIII



1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
-
-
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Kerja Ilmiah
1 1 Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.4 Bersikap Ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap Ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari

1.4 Bersikap Ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
Kelas VII
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan, serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.



3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia dirumah tangga serta mengkomunikasikannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
6.2 Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
6.3 Mendeskripsikan system pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
6.4 Mendeskripsikan system peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan



3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
8.3 Mengidentifikasi bahan kimia alami dan buatan(dalam kemasan) yang terdapat dalam bahan makanan(pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap).
8.4 Mengidentifikasi zat adiktif dan psikotropika.
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
-
-



3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.5 Mendeskripsikan system eksresi pada manusia dan hubungannya denga kesehatan.
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
Kelas VIII
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optic serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
13.2. Menerapkan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.



3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
13.3 Mendeskripsikan sifat-sifat  cahaya dan hubungannya dengan cermin dan lensa.
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 



3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
Kelas VII
15.Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai planet.



3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
15. Mendeskripsikan prilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.

15.1 Memaparkan tata suryaa dan anggotanya.
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai planet.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
6. Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
-
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
5. Mengkaitkan hubungan antara sturktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ pada tumbuhan.
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
-
-
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.1 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan vertebrata serta hubungannya dengan kesehatan
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
11 Melakukan pengukuran terhadap bergbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
11.9 Menunjukan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
6.2 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
8 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, meyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia sekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
8.4 Mendeskripsikan zat adiktif dan psikotropika
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
Kelas VIII
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
6.5 mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
13.2 Menerapkan kosnep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
Kelas VII
15. Mendeskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana sertaproses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan
15.1 Memaparkan tata surya dan anggotanya
Kelas IX



1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
-
-
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
Kerja ilmiah
1. Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.4 Bersikap ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap ilmiah
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.3 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cara reproduksi organism.
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
7.1  Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
7.2 Mengidentifikasi kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
7.4 Mengkaitkan teknologi reproduksi dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Kelas IX
10.Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi cirri-ciri reaksi kimia dan sifat zat(asam,basa, dan garam) serta mengenal partikel materi.
10.4 Menjelaskan konsep partikel materi (atom,ion dan molekul) dan mengkomunikasikannya.






3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
Kelas IX
14.Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis.
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar
14.2 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya.
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
14.5 Mendeskripsikan gejala kemagnetan dan pemanfaatannya dalam teknologi.



3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.5 Mendeskripsikan proses dan hasil pewarisan sifat dan hasil penerapannya
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
7.6 Menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
8. Mengidentifikasi, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia di rumah tangga serta mengkomunikasikannya
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
-
-
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
Kerja Ilmiah
1. Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
14. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis
4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
14.4 Merumuskan hubungan energi dengan daya listrik, serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
14.6 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat induksi elektromagnetik
4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
7. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.5 Mendeskripsikan proses dan hasil pewarisan sifatdan penerapannya
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
7.6 Menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
-
-
4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
-
-











3.Daftar KI/KD IPA SMP/MTs pada K13 yang belum ada pada kurikulum sebelumnya (simpulan dari tabel tugas B)


Kurikulum 2013
Permendikbud No.68 Tahun 2013
Kurikulum Tahun 2003
Kelas VII



KI
KD
Istilah setara KI pada Kurikulum pembanding (SK)
Istilah setara KD pada Kurikulum pembanding (KD)
5.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Tidak ada
Tidak ada
6.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya



2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.   Mengenali Perkembangan Sains
1.4 Bersikap Ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap Ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
7.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
11.1 Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan serta satuan untuk masing-masing besaran tersebut
3.2 Mengidentifikasi ciri hidup dan tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.
Mengaplikasikan konsep keanekaragaman makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri kehidupan
3.1 Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

3.3 Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.3 Mengelompokan makhluk hidup
3.4 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel
3.5 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism berdasarkan interpretasi hasil kegiatan
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
5.3 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan energy pada tumbuhan hijau.
3.7 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam kehidupan sehari-hari
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya.
3.8 Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya
4. Mengidetifikasi komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencernaan dan kerusakan lingkungan.
4.1 Menentukan komponen penyusun ekosistem dan saling hubungan antar komponen.
3.9 Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup

4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaan dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan pengamatan/percobaan.
3.10 Mendeskripsikan tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
15. Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
15.3 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi dilapisan litosfer yang terkait dengan masalah-masalah lingkungan.
8.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekaika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
Kerja Ilmiah
1 Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.3 Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
1.2 Melakukan penyelidikan / penelitian
4.4 Melakukan pengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur tumbuhan dan hewan
2. Menggunakan alat dan teknik serta keselamatan kerja dalam mengamati gejala kehidupan dengan cermat
2.1 Menggunakan mikroskop dan peralatan lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
4.5 Membuat dan menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
Tidak ada
Tidak ada
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
9 Melakukan percobaan untuk membedakan unsur, senyawa, dan campuran, memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristiknya, membandingkan perubahan fisis dan perubahan kimia, serta mengkomunikasikan hasilnya.
9.2 Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran dengan beberapa cara sesuai dengan karakteristik campuran
4.7 Melakukan penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar menggunakan indikator buatan maupun alami
9.1 Membedakan sifat, unsur, senyawa, dan campuran.
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau


4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4.10 Melakukan percobaan untuk menyelidiki suhu dan perubahannya serta pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud benda
12 Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari.
12.5 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.11 Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
Kelas VIII
12.6 Mendeskripsikan berbagai cara perpindahan kalor
4.12 Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4. Mengindentifikasi komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen ekosistem, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

4.13 Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan usulan penanggulangan masalah
4.3 Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan pengamatan/ pengamatan
Kelas VIII



5.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Tidak ada
Tidak ada
6.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
Kerja Ilmiah
1 1 Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.4 Bersikap Ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap Ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari

1.4 Bersikap Ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap Ilmiah
7.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
Kelas VII
11. Melakukan pengukuran terhadap berbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
11.2 Melakukan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
Kelas VIII
5.Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ bagi tumbuhan.
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan, serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.



3.3 Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia dirumah tangga serta mengkomunikasikannya.
3.4 Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
3.5 Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
6.1 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan vertebrata, serta hubungannya dengan kesehatan.
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
6.2 Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
6.3 Mendeskripsikan system pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
6.4 Mendeskripsikan system peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan



3.7 Mendeskripsikan zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Kelas VII
8.Mengidentifikas, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
8.3 Mengidentifikasi bahan kimia alami dan buatan(dalam kemasan) yang terdapat dalam bahan makanan(pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap).
8.4 Mengidentifikasi zat adiktif dan psikotropika.
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis
Tidak ada
Tidak ada



3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
Kelas VIII
6.Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa system organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.5 Mendeskripsikan system eksresi pada manusia dan hubungannya denga kesehatan.
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
Kelas VIII
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optic serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
13.2. Menerapkan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.



3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik
13.Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari.
13.3 Mendeskripsikan sifat-sifat  cahaya dan hubungannya dengan cermin dan lensa.
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 



3.12 Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana
Kelas VII
15.Men-deskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi ditanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai planet.



3.13 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
15. Mendeskripsikan prilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana serta proses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan.

15.1 Memaparkan tata suryaa dan anggotanya.
3.14 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
15.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai planet.
8.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak
6. Mengkaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
-
4.2 Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)
5. Mengkaitkan hubungan antara sturktur dan fungsi jaringan dan struktur dan fungsi organ pada tumbuhan.
5.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi bagian tubuh tumbuhan serta hama penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Melakukan penyelidikan tentang sifat-sifat bahan dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan sehari-hari
Tidak ada
Tidak ada
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari-hari
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.1 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan vertebrata serta hubungannya dengan kesehatan
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
11 Melakukan pengukuran terhadap bergbagai besaran secara benar, mendeskripsikan dan membuat rancangan sederhana tentang dasar-dasar mekanika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
11.9 Menunjukan manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
6.2 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
8 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, meyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia sekitar kita, serta mengkomunikasikannya.
8.4 Mendeskripsikan zat adiktif dan psikotropika
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang tertutup
12. Menerapkan konsep zat dan kalor serta penerapannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari
12.2 Mendeskripsikan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas berdasarkan wujudnya dan penerapannya
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri
Kelas VIII
6. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi beberapa sistem organ pada manusia dan vertebrata dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
6.5 mendeskripsikan sistem eksresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
13. Mendeskripsikan dasar-dasar getaran, gelombang dan optik serta penerapannya dalam produk teknologi sehari-hari
13.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
13.2 Menerapkan kosnep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optic
13.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.12 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
Kelas VII
15. Mendeskripsikan perilaku dan karakteristik tata surya secara sederhana sertaproses-proses khusus yang terjadi di tanah dan udara yang terkait dengan masalah lingkungan
15.1 Memaparkan tata surya dan anggotanya
Kelas IX



4.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Tidak ada
Tidak ada
5.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
Kerja ilmiah
1. Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.4 Bersikap ilmiah
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
1.4 Bersikap ilmiah
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap ilmiah
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
1.4 Bersikap ilmiah
6.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.3 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cara reproduksi organism.
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
7.1  Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
7.2 Mengidentifikasi kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
7.4 Mengkaitkan teknologi reproduksi dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Kelas IX
10.Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi cirri-ciri reaksi kimia dan sifat zat(asam,basa, dan garam) serta mengenal partikel materi.
10.4 Menjelaskan konsep partikel materi (atom,ion dan molekul) dan mengkomunikasikannya.






3.5 Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
Kelas IX
14.Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis.
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar
14.2 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya.
3.7 Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
14.5 Mendeskripsikan gejala kemagnetan dan pemanfaatannya dalam teknologi.



3.8 Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup
Kelas IX
7.Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.5 Mendeskripsikan proses dan hasil pewarisan sifat dan hasil penerapannya
3.9 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
7.6 Menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan
8. Mengidentifikasi, mengumpulkan data, menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia disekitar kita, serta mengkomunikasikannya
8.1 Mengidentifikasi, mengumpulkan data, dan menyimpulkan penggunaan dan efek samping bahan kimia di rumah tangga serta mengkomunikasikannya
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan
Tidak ada
Tidak ada
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya
Kerja Ilmiah
1. Mengenali perkembangan dan hakikat sains serta melakukan kerja ilmiah dalam bidang sains
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
1.3 Mengkomunikasikan hasil penyelidikan/ penelitian
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
14. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan untuk memahami keterkaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
14.1 Menerapkan konsep kelistrikan untuk memahami gejala-gejala listrik statis
4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
14.4 Merumuskan hubungan energi dengan daya listrik, serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
14.6 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat induksi elektromagnetik
4.7 Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
7. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup, dan pewarisan sifat pada organism, serta kaitannya dengan lingkungan,teknologi dan masyarakat.
7.5 Mendeskripsikan proses dan hasil pewarisan sifatdan penerapannya
4.8 Menyajikan hasil penyelidikan, ide-ide, atau peneluran informasi tentang penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
7.6 Menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung kelangsungan hidup manusia
4.9 Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan
Tidak ada
Tidak ada
4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan kehidupan
Tidak ada
Tidak ada





4.Daftar KI/KD (atau istilah lain yang setara) IPA SMP/MTs pada kurikulum sebelumnya yang belum ada pada K13 (simpulan dari tabel tugas B)


KD pada kurikulum 2003 tercantum semua pada kurikulum 2013.Bahkan lebih lengkap.Sehingga kurikulum 2013 menyempurnakan kurikulum 2003.


No comments:

Post a Comment